Analisis Keterampilan Kerja Alumni SMK Tata Busana pada Industri Fashion di Malang

  • Yuyun Dwi Sayekti Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Yoto Yoto Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Widiyanti Widiyanti Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kerja yang dimiliki oleh alumni SMK Jurusan Tata Busana di Malang dalam menghadapi tuntutan dan kebutuhan industri fashion. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada jenis keterampilan yang dibutuhkan di industri, kesenjangan antara keterampilan yang diajarkan di sekolah dan yang dibutuhkan di dunia kerja, serta peluang kerja bagi alumni dalam industri fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang keterampilan kerja alumni SMK Tata Busana dan relevansinya dengan kebutuhan industri fashion di Malang. Penelitian dilakukan di tiga lokasi yakni Samsuga, Yece, dan Falasifa di Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri fashion di Malang memiliki permintaan tinggi terhadap keterampilan teknis seperti menjahit dan desain, serta keterampilan interpersonal dan kewirausahaan. Kesenjangan keterampilan yang ditemukan memberikan gambaran tentang perlunya peningkatan kurikulum SMK untuk menyiapkan lulusan yang lebih siap kerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan kejuruan, khususnya dalam menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan industri fashion.

Kata Kunci: alumni SMK Tata Busana, keterampilan kerja, kompetensi kerja, industri fashion

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-26
Bagaimana cara mengutip:
Sayekti, Y. D., Yoto, Y., & Widiyanti, W. (2024). Analisis Keterampilan Kerja Alumni SMK Tata Busana pada Industri Fashion di Malang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 700-705. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1661
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 107 times
PDF downloaded: 66 times

Referensi

Ahmed, R. R., Zaidi, E. Z., Alam, S. H., Streimikiene, D., & Parmar, V. (2023). EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING OF LUXURY BRANDS ON BRAND EQUITY, CUSTOMER EQUITY AND CUSTOMER PURCHASE INTENTION. Amfiteatru Economic, 25(62). https://doi.org/10.24818/EA/2023/62/265

Aziz, Z. A., Jamaluddin, R., & Kadir, S. A. (2021). The Relationship between Learning Motivation and Competency-Based Learning with Fashion Designing Skills for Fashion Design Programme Students at Vocational College. International Journal of Human Resource Studies, 11(4S). https://doi.org/10.5296/ijhrs.v11i4s.19252

Azman, S. M. S., Arsat, M. bin, & Suhairom, N. binti. (2022). Sustainable Innovation In Teaching And Learning Of Pattern Making Skill. Proceedings of the International Conference on Sustainable Practices, Development and Urbanisation (IConsPADU 2021), 16 November 2021, Universiti Selangor (UNISEL), Malaysia, 3. https://doi.org/10.15405/epms.2022.10.21

Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of Time-Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology, 83(3). https://doi.org/10.1037/0022-0663.83.3.405

Ernawati. (2018). Tata Busana Julid 1 Kelas 10. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan MenengahDepartemen Pendidikan Nasional. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/4vgx2

Faber, I. R., Koopmann, T., Büsch, D., & Schorer, J. (2021). Developing a tool to assess technical skills in talented youth table tennis players—a multi-method approach combining professional and scientific literature and coaches’ perspectives. Sports Medicine - Open, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40798-021-00327-5

Fitriani, M., & Hidayah, N. (2016). KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK ADLER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA SMP. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p007

Indarti, I. (2020). Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2). https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p128- 137

Irianti, A. H. S., Aini, N., Nafiah, A., & Sunandar, A. (2021). PENDEKATAN KOMPETENSI MAHASISWA TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI MELALUI SINERGI KOLABORASI. International Proceeding on Entrepreneurship, 1(1). https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9706

Lestari, A. E., Susilowati, E., & Mulyani, B. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran GIPS (Guided Inquiry Problem Solving) dan PLGI (Peer Led Guided Inquiry) terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Analisis pada Materi Hidrolisis Kelas XI IPA SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.28958

Maghfiroh, L. (2023). ANALISIS KOMPETENSI LULUSAN KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NU 01 KENDAL. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v12i2.17166

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Mustikarani, T. D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia. Warta ISKI, 2(01). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.23

Neill, L., Hemmington, N., McDonald, C., & Zampollo, F. (2024). Designer delectables; exploring the design practice of haute couture and haute cuisine. International Journal of Gastronomy and Food Science, 35. https://doi.org/10.1016/j.ijgfs.2024.100870

Padmakrisya, M. R., & Meiliasari, M. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Berpikir Kritis dalam Matematika. Jurnal Basicedu, 7(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6327

Zahro, S., Mustikasari, H., Gunawan, V., Nurhadi, D., & Maf’ula, A. (2022). Pendampingan keterampilan menjahit halus pada masyarakat Dusun Wiloso, Desa Gondowangi, Kabupaten Malang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2). https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5178