Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa SMPN 1 Siak Hulu

  • Pristi Dian Nova Universitas Islam Riau, Kota Pekan Baru, Riau,  Indonesia
  • Rhani Febria Universitas Islam Riau, Kota Pekan Baru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Kurangnya kemampuan menulis cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra indonesia di kalangan siswa SMPN 1 Siak Hulu menjadi penyebab utama penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemanfaatan aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMPN 1 Siak Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024. Dilaksanakan di SMPN 1 Siak Hulu, Jl. Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek sebelum diberikan perlakuan menggunakan Wattpad diperoleh nilai rata-rata berjumlah 67,61. Sementara itu, hasil penelitian tentang kemampuan menulis cerita pendek menggunakan aplikasi Wattpad menunjukkan skor rata-rata 81,09. Berdasarkan tujuan penelitian dan analisis data diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan Thitung > Ttabel atau 5,856 > 1,695. Dengan demikian, Ha diterima, sedangkan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi Wattpad berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMPN 1 Siak Hulu.

Kata Kunci: Aplikasi Wattpad, Kemampuan Menulis, Cerita Pendek

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Nova, P. D., & Febria, R. (2025). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa SMPN 1 Siak Hulu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 926-933. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1659
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 245 times
PDF downloaded: 124 times

Referensi

Teria Yulan. 2023. “Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 8 Banda Aceh.” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Desti Kusmayanti, M. Pd. 2021. “Penggunaan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Subang 75 (17): 399–405.

Fadillah Said, Syarifa Nur, Muhammad Saleh, and Abdul Azis. 2023. “Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek.” Indonesian Language Teaching & Literature Journal 1 (1): 21–31. https://doi.org/10.59562/iltlj.v1i1.306.

Halisa, Nur. 2021. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa SMA Negeri 10 Bulukumba.” UIN Alauddin Makassar.

Jafar, Andi Ferawati. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik.” Al Asma : Journal of Islamic Education 3 (2): 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748.

Khoirani, Mifta. 2023. “Pengaruh Penggunaan Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI IPS SMAn 12 Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Layinah, Sahlatul. 2020. “Penggunaan Media Wattpad Dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di SMAN 1 Abiansemal” 3 (2016): 553–63.

Lkhtiarti, Endang. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Perancis Dengan Media Gambar Berser.” Jurnal Pendidikan Progresif 2,nomor 2, (ISSN 2087-9848): 1–23.

Najwa Salsabila, Putri Nayla Syefira, Feirhat Muhammad Fatah, and Tatu Hilaliyah. 2023. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek.” PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan 4 (1): 140–51. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i1.1067.