Kebijakan Pendidikan dalam Konteks Meningkatkan Pembelajaran melalui Guru Penggerak

  • Silvia Nurwanci Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Gantina Gantina Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Riyadi Rafiki Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Leli Halimah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kebijakan Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui berbagai inovasi dan intervensi, salah satunya adalah Program Guru Penggerak. Guru Penggerak merupakan program pemerintah yang dirancang untuk memberdayakan guru sebagai pemimpin pembelajaran yang inovatif dan inspiratif dalam lingkup sekolah dan komunitas pendidikan yang lebih luas. Program ini mendorong guru untuk berperan aktif sebagai agen perubahan, mengedepankan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan karakter, kompetensi, dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengkaji isu yang dibahas dengan mengelaborasi berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan literatur lain yang relevan. Melalui analisis dan sintesis informasi dari sumber-sumber tersebut, penelitian ini bertujuan memperdalam pemahaman terhadap topik yang dikaji. Melalui pendekatan berbasis proyek, kolaborasi, serta refleksi praktik mengajar, Guru Penggerak diharapkan dapat mengembangkan kemampuan pedagogik, kepemimpinan, dan keterampilan komunikasi yang mendukung pembelajaran aktif. Implementasi kebijakan ini menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan pola pikir, penyesuaian kurikulum, serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Namun, dengan dukungan kebijakan yang konsisten dan kolaborasi dari pemangku kepentingan, Guru Penggerak diyakini mampu meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat ekosistem pembelajaran, dan menghasilkan generasi yang adaptif, kreatif, serta berdaya saing tinggi.

Kata Kunci: kebijakan, pendidikan, meningkatkan, pembelajaran, guru penggerak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-25
Bagaimana cara mengutip:
Nurwanci, S., Gantina, G., Rafiki, R., & Halimah, L. (2025). Kebijakan Pendidikan dalam Konteks Meningkatkan Pembelajaran melalui Guru Penggerak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1087-1093. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1645
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 303 times
PDF downloaded: 168 times

Referensi

Amalida, L., & Halimah, L. (2023). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54-60.

Aisam, A., Khannanah, S. F., & Juniati, L. (2022). Implementasi Kebijakan Program Merdeka Belajar (Studi Pada Guru Penggerak di SDN Pisang Candi 4 Kota Malang). Journal on Education, 5(1), 1284-1294.

Ariyanti, A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke-21: Studi Kritis Pedagogik Futuristik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 389-395.

Atika Wijaya, Moh. Solehatul Mustofa, Fadly Husain, S.R.F.N.K., (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. J. Puruhita, 2(1), 46–47.

Chusni, A., Afifah, D., Syirojuddin, M. A., & Sulaswari, M. (2023). PERAN Peran Balai Besar Guru Penggerak Merangsang Upaya dan Kualitas Guru Penggerak Untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia: BBGP, GURU, KUALITAS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 19-29.

Fatoni, A. (2020). Wawasan Pendidikan (Pendidikan dan Pendidik). Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 65–79.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 198–219. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p198.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70-82.

Lubis, P. K. D., Yuni, R., Dalimunthe, M. B., Mardhiyah, A., Tambunan, K. E., Sirait, D. E. P., ... & Ambarita, C. F. (2024). Pkm Optimalisasi Program Guru Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 5(1), 19-24.

Nurwanci, S., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2025). Demokrasi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Studi Kritis dalam Tinjauan Pedagogik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 546-554.

Manalu, J. (2022). Program pendidikan guru penggerak: pijakan kurikulum merdeka sebagai implementasi merdeka belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(1), 129-138.

Marlina, T., & Soleha, S. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Guru Penggerak dalam Merealisasikan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 647-653.

Mansyur, A. R., & Bunyamin, A. (2022). Wawasan kepemimpinan guru (teacher leadership) dan konsep guru penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101-109.

Mulyati, D., Maryati, N. M., Saripah, S., Yoseptry, R., & Wasliman, E. D. (2024). Manajemen Guru Penggerak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan SD. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(4), 1825-1838.

Permendikbudriset. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Guru Penggerak dan Balai Guru Penggerak.

Popova, A., Evans, D. K., Breeding, M. E., & Arancibia, V. (2022). Teacher Professional Development around the World: The Gap between Evidence and Practice. The World Bank Research Observer, 37(1), 107–136. https://doi.org/10.1093/wbro/lkab006.

Postholm, M. B. (2018). Teacher’s professional development in school: A refiew study. Cogent Education, 0813 (April), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/2331186X.2018.1522781.

Pribadi, R. (2022). Kampus Merdeka: Perspektif filsafat Ki Hajar Dewantara. ISMETEK, 13(1). https://ismetek.itbu.ac.id/index.php/jurnal/article/view/65

Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330.

Rahmawati, M. C., Marini, A., & Zakiah, L. (2024). Pandangan Guru Penggerak terhadap Filosofi Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan yang Memerdekakan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 93-104.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039-4050.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1-16.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Samari, S. (2022). Pengaruh kompetensi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 163-169.

Sauri, R. S., Saadah, E., Jam’an, P., Hermawan, W., Rukhaida, I., Jabar, R., & Sopandi, U. (2024). Implementasi Kebijakan Pengangkatan Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah Dari Guru Penggerak Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 133-137.

Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Adaptasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4600-4605.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research.

Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 376-387.

Waryanti, W., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Imajinasi dalam Pendidikan: Studi Kritis dalam Perspektif Pedagogik Futuristik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 271-276.

Wuryaningsih, W. (2023). Program Pendidikan Guru Penggerak, Efektifkah?: Sebuah Ulasan pada Kerangka Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 4(2), 17-26.

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi kompetensi guru penggerak dalam menerapkan merdeka belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200.