Efektifitas Belajar dan Menghafal melalui Media Lagu dengan Aplikasi SUNO AI pada Pelajaran Desain Grafis

  • Heriyanto Heriyanto Universitas Pradita, Indonesia, Kota Tangerang, Banten,  Indonesia https://orcid.org/0009-0009-3392-959X
  • Amelia Makmur Universitas Pradita, Indonesia, Kota Tangerang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan kognitif dalam hal menghafal setiap peserta didik yang berbeda-beda di tambah rendahnya minat membaca peserta didik perlu langkah yang inovatif, kreatif dan efektif untuk mendukung kegiatan dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif pengaruh penggunaan media lagu dengan bantuan aplikasi SUNO AI terhadap kemampuan menghafal peserta didik dalam mempelajari materi desain grafis dikelas 12 DKV SMK Atisa Dipamkara. Desain penelitian yang dipilih adalah  deskriptif kuantitatif dengan desain kuasi eksperiment. Teknik pengumpulan data yang dipilih pada tahap awal adalah dengan menyebar kuesioner kepada peserta didik untuk mendapatkan gambaran awal tentang peserta didik secara umum. Selanjutnya, untuk melihat perbedaan kemampuan kognitif antara kelas percobaan dan kelas kendali, dilakukan pre-test sebelum intervensi dan post-test setelah intervensi. Sebelum analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat meliputi uji Normalitas dengan uji Liliefors untuk memastikan data terdistribusi normal, serta uji Homogenitas dengan uji Bartlett untuk memastikan bahwa data berasal dari populasi dengan varians yang homogen. Hasil uji Paired-Samples T-Test pada Kelas Percobaan menunjukkan bahwa P-value lebih kecil daripada nilai alpha (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini mengkonfirmasi bahwa penggunaan media lagu dengan bantuan SUNO AI efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar dan menghafal peserta didik di tingkat SMK.

Kata Kunci: belajar, menghafal, media lagu, suno ai

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-03-21
Bagaimana cara mengutip:
Heriyanto, H., & Makmur, A. (2025). Efektifitas Belajar dan Menghafal melalui Media Lagu dengan Aplikasi SUNO AI pada Pelajaran Desain Grafis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1238-1243. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1643
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 109 times
PDF downloaded: 27 times

Referensi

Aprilia Eka Putri, Andika Gutama, C. I. R. N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Lagu Untukmeningkatkan Daya Ingat Siswa Materi Siklushidrologi Pembelajaran IPA Kelas 5 SDN Permanu 03. 7(1), 8–14.

Avandra, R., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Pengaruh Musik Terhadap Motivasi Belajar Dan Emosional Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2620–2629. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.997

Gani, R., & Adam, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Rendahnya Minat Baca Siswa Man 1 Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6, 1–11. https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/3126%0Ahttps://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/download/3126/3167

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Ilmi, F., Respati, R., & Nugraha, A. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 675–683. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39237

JETE Contributor. (2024). Apa itu suno AI. https://jete.id/apa-itu-suno-ai/

Kasdhani, Sumantoro. (2023). Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Erlangga, Jakarta.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Marwi, A. S. M., Lubis, I. R., Sinurat, Y., Ulfa, S. W., & Nainggolan, T. H. B. (2023). Pengaruh Media Musik dan Lagu dalam Pembelajaran Biologi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 74–86.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 50 Tahun 2020). tentang Praktik Kerja Lapangan Bagi Peserta Didik. Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah pembelajaran bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan kerja.

Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 2, 615–630.

Rahmanda, F., & Maharani, S. (2022). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i1.1543

Saidah, & Hikmah, N. (2024). Implementasi Pilar Pendidikan Di Sekolah Dan Madrasah. At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 10(1), 83–94.

Tania, A. N., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2023). Pengaruh Media Lagu terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 625–632. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.946