Efektifitas Belajar dan Menghafal melalui Media Lagu dengan Aplikasi SUNO AI pada Pelajaran Desain Grafis
Abstrak
Kemampuan kognitif dalam hal menghafal setiap peserta didik yang berbeda-beda di tambah rendahnya minat membaca peserta didik perlu langkah yang inovatif, kreatif dan efektif untuk mendukung kegiatan dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif pengaruh penggunaan media lagu dengan bantuan aplikasi SUNO AI terhadap kemampuan menghafal peserta didik dalam mempelajari materi desain grafis dikelas 12 DKV SMK Atisa Dipamkara. Desain penelitian yang dipilih adalah deskriptif kuantitatif dengan desain kuasi eksperiment. Teknik pengumpulan data yang dipilih pada tahap awal adalah dengan menyebar kuesioner kepada peserta didik untuk mendapatkan gambaran awal tentang peserta didik secara umum. Selanjutnya, untuk melihat perbedaan kemampuan kognitif antara kelas percobaan dan kelas kendali, dilakukan pre-test sebelum intervensi dan post-test setelah intervensi. Sebelum analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat meliputi uji Normalitas dengan uji Liliefors untuk memastikan data terdistribusi normal, serta uji Homogenitas dengan uji Bartlett untuk memastikan bahwa data berasal dari populasi dengan varians yang homogen. Hasil uji Paired-Samples T-Test pada Kelas Percobaan menunjukkan bahwa P-value lebih kecil daripada nilai alpha (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini mengkonfirmasi bahwa penggunaan media lagu dengan bantuan SUNO AI efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar dan menghafal peserta didik di tingkat SMK.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Heriyanto Heriyanto, Amelia Makmur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

