Era Baru Pendidikan Indonesia dalam Mengoptimalkan Peran Pedagogik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Intan Aprilianti Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek utama dalam pembangunan peradaban suatu bangsa. Pendidikan berperan dalam mengembangkan aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Kurikulum merdeka dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui fleksibilitas pembelajaran dan menekankan pada pengembangan kompetensi, peran guru serta nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dalam menghadapi tantangan zaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur, melalui pengumpulan dan analisis berbagai sumber literatur seperti, jurnal, artikel ilmiah, buku, laporan resmi serta literatur-literatur lainnya yang relevan. Fokus kajian menekankan pada pedekatan pedagogik, peran guru, serta intergrasi nilai-nilai dalam kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka dapat mengatasi keterbatasan dari kurikulum sebelumnya, dengan memberikan fleksibilitas terhadap guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendekatan humanistik serta konstruktivis mendukung pembelajar yang bermakna dan relevan dengan keadaan kehidapn nyata, sementara pembelajaran yang berbasis proyek dan kontekstual mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi serta kemandirian peserta didik. Implementasi kurikulum ini membutuhkan pelatihan guru yang berkelanjutan dan keterlibatan masyarakat. Kurikulum merdeka memiliki potensi besar dalam menciptakan generasi yang tidak hanya terampil dan berilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman yakni globalisasi dan digitalisasi.

Kata Kunci: Pendidikan, Pedagogik, Kurikulum Merdeka

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-03-07
Bagaimana cara mengutip:
Pratiwi, I. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Era Baru Pendidikan Indonesia dalam Mengoptimalkan Peran Pedagogik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1186-1194. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1641
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 510 times
PDF downloaded: 276 times

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980. http://dx.doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Arifi, Q. (2017). Humanistic approach in teaching foreign language (from the teacher perspective). European Scientific Journal, 13, 194–194. http://dx.doi.org/10.19044/esj.2017.v13n35p194

Arifin, N. I., Jihan, J. N., Nurtamam, E., Ramli, A. C., Wonmaly, W., & Tahirs, J. P. (2023). Strategi pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka berbasis individual differences pada perguruan tinggi. Journal on Education.https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3420

Burhanuddin, H., Qodriyah, I. N., & Fauziah, Z. (2024). Challenges in implementing the independent curriculum in the subject of Islamic cultural history at MAN 1 Bojonegoro. AL-WIJDĀN: Journal of Islamic Education Studies. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i1.3910

Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. (2018). The obstacles and strategy of project-based learning implementation in elementary school. Journal of Education and Learning, 12, 7-15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045

Collins, T., & Dewees, S. (2001). Challenge and Promise: Technology in the Classroom. Rural South: Preparing for the challenges of the 21st Century.

Corbett, J., & Guilherme, M. (2021). Critical pedagogy and quality education (UNESCO SDG-4): The legacy of Paulo Freire for language and intercultural communication. Language and Intercultural Communication, 21(4),447–454. https://doi.org/10.1080/14708477.2021.1962900

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice?. European journal of teacher education, 40(3), 291-309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399

Doang, Y., Simbolon, M. M., Bui, T. C., & Siagian, H. (2023). Kompetensi pedagogik guru agama terhadap perilaku moral peserta didik di Perguruan Kristen Methodist Indonesia (PKMI) Teluk Pulai-Panipahan. Jurnal Teologi Wesley, 1(1).

Fauzan, F., Ansori, R. A., Dannur, M., Pratama, A., & Hairit, A. (2023). The implementation of the Merdeka curriculum (independent curriculum) in strengthening students’ character in Indonesia. Aqlamuna: Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.237

Firdaus, F. A., & Mariyat, A. (2017). Humanistic Approach In Education According To Paulo Freire. At-Ta’dib, 12(2), 25–48. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1264

Fitriyani, F., Sunaryati, T., & Surya, V. M. K. (2023). Implementation Of Project-Based Learning Oriented To The Merdeka Learning Curriculum In The Form Of A Pancasila Student Profile With Global Diversity. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 19(1), 115–124. https://doi.org/10.36456/bp.vol19.no1.a6832

Hafiz, S. R., Nasution, A. F., Rahayu, W., Muliadi, & Sitompul, C. M. (2024). Teacher problems in implementing the independent curriculum in Islamic religious education subjects. COMPETITIVE: Journal of Education. https://doi.org/10.58355/comp etitive.v3i1.38

Harris, M. J. (2014). The challenges of implementing project-based learning in middle schools.

Haryanto, & Dwiningrum, S. I. (2020). Humanistic approaches in education system of the industrial revolution 4.0.

Hendriani, A. (2018). Pedagogik literasi kritis: Sejarah, filsafat dan perkembangannya di dunia pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44–59. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10811

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.

Kurniawan, R., & Andriani, H. F. (2021). Pentingnya kualitas pendidikan sebagai pembentukan karakteristik seorang pemimpin di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 407–411.

Kusuma Sumantri, A. (2023). The effectiveness and role of educators in the implementation of the independent learning curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS). https://doi.org/10.30631/jcps.v2i1.1379

Maulita, M. (2023). Hasil observasi di SDN Jambearjo 01 mengenai sistem kurikulum merdeka. Proceedings Series of Educational Studies.

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Nuriah, C. I., Silvia, O. D., Pratiwi, P. D., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. (2023). Meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam pendidikan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.172

Nurzen, M. (2023). Teacher readiness in implementing the Merdeka curriculum in Kerinci Regency.0020` Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidika. https://doi.org/10.51276/edu.v3i3.424

Pratama, M. R., & Nabila D, N. Y. . (2021). Penerapan Pemahaman Pedagogik melalui Pendidikan Berbasis Teknologi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i2.5

Richards, A. C., & Combs, A. W. (1992). Education and the humanistic challenge. The Humanistic Psychologist, 20, 372–388. https://doi.org/10.1080/08873267.1992.9986803

RISET, D. T. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Universitas, 1 (1), 2.

Rohmana, W. I., & Rinda, R. K. (2019). Humanism approach in children education: A look into humane perspective of teaching English to children. Preschool. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8171

Rostom, M. (2019). Fostering students’ autonomy: Project-based learning as an instructional strategy. IJAEDU - International E-Journal of Advances in Education. http://dx.doi.org/10.18768/ijaedu.593503

Rulyandi, R. (2020). Implementation of contextual teaching and learning models in increasing students' learning interest in fiqh subjects at MI NW Apitaik. Al-Mujahidah.

https://doi.org/10.51806/al mujahidah.v1i1.22

Salim, N. A. (2023). Revolusi pendidikan: Menavigasi era baru dengan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Academy of Education Journal. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i1.2231

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Satriyanto, K. (2023). Analysis of the implementation of the independent curriculum at vocational high schools (SMK) centers of excellence. Journal of Social Research. https://doi.org/10.55324/josr.v2i10.1468

Shome, S., & Natarajan, C. (2013). Projects in school learning: Teacher experiences. Proceedings of epiSTEME-5, 321-327.

Sturman, L. (2002). Project-based learning for independent study students with technology integration.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58.

Suryati, L., Ambiyar, & Jalinus, N. (2023). Evaluation of the implementation of the independent curriculum with a technology-based learning model. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Sutriyanti, N. K., Luwih, M., Lanang, G., & Suandewa, A. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti pada jenjang SMP di Kabupaten Bangli. Jurnal Penelitian Agama Hindu.

Tasyirifiah, T., Ys, A., & Wibisono, Z. M. (2023). Peranan teori belajar humanistik dalam keberhasilan belajar di abad 21. Anwarul. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1345

Valdez, A. V. (2018). Educators' role on the challenges of education and technology in global and local era. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.25

Yunitasari, D., Suastra, W., Lasmawan, W., Jl, H., Tgkh, M., Abdul, Z., & No, M. (2023). Implementation challenges of Merdeka curriculum in primary schools. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i4.8079

Wachira, P., & Keengwe, J. (2011). Technology integration barriers: Urban school mathematics teachers' perspectives. Journal of Science Education and Technology, 20, 17–25.

Wenham, M. W. (1991). Education as interaction. Journal of Philosophy of Education, 25. 235-246.

https://doi.org/10.1111/j.1467-9752.1991.tb00644.x

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R. K., Kase, E. B., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Zakirova, S. I. (2020). Active teaching methods aimed at developing students' independent and creative thinking. Theoretical & Applied Science, 82, 668–670. https://doi.org/10.15863/TAS.2020.02.82.117