Analisis Pemasaran Media Sosial terhadap Sikap Merek melalui Kesadaran Merek dan Citra Merek pada Institusi Pendidikan

  • Evi Zulfiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang media social khususnya instagram, yang kini cenderung digunakan sebagai salah satu sumber utama mencari informasi. Instagram saat ini seolah platform yang wajib dimiliki oleh perusahaan sebagai media branding. Branding adalah strategi untuk memperkenalkan, membangun dan membesarkan brand hingga dikenal dan mendapat loyalitasi dari masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial terhadap sikap merek, kesadaran merek dan citra merek. Mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap sikap merek dan citra merek. Mengetahui pengaruh citra merek terhadap sikap merek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini yang diteliti adalah 100 sampel. Metode purposive sampling, metode pengumpulan data kuesioner. Teknik Analisi data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SmartPLS. Hasil penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemasaran media sosial terhadap sikap merek, kesadaran merek dan citra merek. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran merek terhadap sikap merek dan citra merek. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap sikap merek.

Kata Kunci: social media marketing, brand attitude, brand awareness and brand image, instagram

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-09
Bagaimana cara mengutip:
Zulfiah, E., Fadhilah, M., & Lukitaningsih, A. (2024). Analisis Pemasaran Media Sosial terhadap Sikap Merek melalui Kesadaran Merek dan Citra Merek pada Institusi Pendidikan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 560-569. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1615
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 339 times
PDF downloaded: 187 times

Referensi

Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2024). Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 822–826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483

Ainiyah, N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Informasi. Jppi, 2(April), 221–236.

Anjel, C. C. P., Lengkong, B. L., Kainde, S. J. R., & Mandagi, D. W. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Branding Institusi Pendidikan Melalui Media Sosial Instagram. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 44–58. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2893

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923

Durianto, & Liana, S. (2019). Strategi Menaklukkan Pasar; Melalui Riset Ekuitas Dan Prilaku Merk. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Hartono, H. (2021). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Co.White. Performa, 4(6), 871–881. https://doi.org/10.37715/jp.v4i6.1711

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson Education.

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973

Muhammad Fahriza, S., & Pujiyanto, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), 100–108. https://doi.org/10.52022/jikm.v13i2.149

Sari, H. I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Tour & Travel Hastuti Tour And Travel. Cakrawala Ekonomi Dan Keuangan, 28(2), 852–862. https://doi.org/10.56070/cakrawala.v28i2.36

Suriyok, K. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 53–59. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.908

Suwarsih, N., Gunawan, T., & Istiharini. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Citra Merek Influence of Social Media on Brand Image. Journal of Economic,Business and Accounting, 4(2), 712–730.

Wibowo, D. U., Yulianto, E., & Sunarti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 130–137. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/2605

Yoo, B., Donthu, N., & Lee, S. (2022). An examination of selected marketing mix elements and brand equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 195–211. https://doi.org/10.1177/0092070300282002

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.