Implementasi Multimedia Audiovisual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTSN 2 Surakarta

  • Salsabilla Septiana Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi multimedia audiovisual dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs N 2 Surakarta, dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. metode  yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, yang melibatkan observasi langsung dikelas dan wawancara dengan guru akidah akhlak. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual, seperti animasi dan video, secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman, dan resistensi materi. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, teknis, dan koneksi internet yang tidak stabil, faktor pendukung seperti infrastruktur teknologi yang memadai, keterampilan guru, dan minat belajar siswa yang tinggi berkontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia dapat secara efektif meningkatkan kinerja akademik siswa dalam akidah akhlak, menjadikan pembelajaran lebih konkret dan mudah diakses. Prospek kedepan mencakup peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru dan menciptakan suasana belajar yang kondusif, serta sarana untuk penelitian lebih lanjut guna mengeksplorasi, metode dan media pembelajaran lainnya. dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat  memotivasi para pendidik untuk mengadopsi metode pengajar yang inovatif dan memberikan solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: Akidah akhlak, Implementasi multimedia audiovisual, Prestasi belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-13
Bagaimana cara mengutip:
Putri, S. S., & Mustofa, T. A. (2025). Implementasi Multimedia Audiovisual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTSN 2 Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1035-1040. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1607
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 182 times
PDF downloaded: 118 times

Referensi

Asni, St. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VI MIS Karumbu Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.258

Eka Lestari, D., Hamidah, A., Rahmaniyah, A., Negeri, S., Al-Fattah Siman Lamongan, S., & Pes Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan, P. (2020). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik. https://doi.org/10.37850/ibtida

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (n.d.). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning (Classroom Action Research in Class VII C SMP Negeri 7 Bandung).

Harahap, E., Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Padangsidimpuan, A. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Fikih Di Min 2 Padangsidimpuan. In Efektivitas Penggunaan Media……, Efridawati Harahap] Dirasatul Ibtidaiyah (Vol. 4, Issue 2).

Kusumawati, S. P. (2021). EDUSOSHUM Journal of Islamic Education and Social Humanities Pendidikan Aqidah-Akhlak di Era Digital. 1(3), 130–138.

Latmini Lasari, Y., Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di, M. S., Merianti, E., Mahmud Yunus Batusangkar, U., & UIN Mahmud Yunus Batusangkar, D. (2023). Enjel Merianti Peran Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI. In Jurnal.Ilmiah.Pendidikan.Guru.Madrasah.Ibtidaiyah (Vol. 3, Issue 1).

Lubis, L., Khadijah, K., & Hasibuan, H. Br. (2022). The Development of Audio Visual Learning Media in Improving Children’s Religious and Moral Values. Jurnal Basicedu, 6(6), 9543–9554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4091

Marlina, Y., Sayuti, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Expanding Avenues in Building Students’ Character through Religious and Spiritual Development in Digital Era (Vol. 7). https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5934188/al-quran-surat-

Misran Nuryanto, H., Rachmania Martya, E., Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Bani Saleh Jl Hasibuan, P. M., & Timur Telp, B. (n.d.). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak.

Nadlir, N., Nurkhasanah, M., & Rochmahtika, A. S. (2024). Peran Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 116–124. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5947

Pendidikan, J., Islam, A., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. I. (2020). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan.

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak (Vol. 4).

Qualitative Data Analysis: An Overview of Data Reduction, Data Display and Interpretation. (2020). Research on Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.7176/rhss/10-21-02

Rizki, A., & Retno Suci, E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Yaspen Muslim Pematang Tengah. In Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (Vol. 2, Issue 2).

Zahra Novitasari, N., & Zuhdi, A. (2684). Peran Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Al-Mau’izhoh E-ISSN (Vol. 5, Issue 2). Desember.