Implementasi Multimedia Audiovisual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTSN 2 Surakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi multimedia audiovisual dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs N 2 Surakarta, dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, yang melibatkan observasi langsung dikelas dan wawancara dengan guru akidah akhlak. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual, seperti animasi dan video, secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman, dan resistensi materi. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, teknis, dan koneksi internet yang tidak stabil, faktor pendukung seperti infrastruktur teknologi yang memadai, keterampilan guru, dan minat belajar siswa yang tinggi berkontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia dapat secara efektif meningkatkan kinerja akademik siswa dalam akidah akhlak, menjadikan pembelajaran lebih konkret dan mudah diakses. Prospek kedepan mencakup peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru dan menciptakan suasana belajar yang kondusif, serta sarana untuk penelitian lebih lanjut guna mengeksplorasi, metode dan media pembelajaran lainnya. dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat memotivasi para pendidik untuk mengadopsi metode pengajar yang inovatif dan memberikan solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dikelas.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Salsabilla Septiana Putri, Triono Ali Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

