Pendidikan Ekonomi Kerakyatan dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur

  • Nerys Lourensius Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Kiromim Baroroh Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Rian Larasati STIE IEU Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Entrepreneurship memegang peranan yang dominan dalam menggerakkan roda perekonomian baik dalam skala lokal, regional, maupun global. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap Pendidikan ekonomi kerakyatan dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan ekonomi pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para entrepreneur yang dinamis dan berkomitmen untuk sukses, terbukti mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Pebisnis yang penuh semangat kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan ini akan mengemban tugas memimpin revolusi ekonomi untuk meningkatkan standar hidup yang lebih layak. Di tengah-tengah masyarakat nilai-nilai entrepreneurship, seperti kreativitas, inovasi, pengelolaan risiko yang cermat, ketekunan, tanggung jawab, serta optimisme, harus senantiasa ditanamkan pada generasi muda. Terutama melalui Pendidikan Ekonomi.Sehingga, jiwa dan semangat generasi muda dapat lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat. Peran Pendidikan Ekonomi sangat penting dalam membentuk semangat generasi muda menjadi pelaku aktif dan partisipatif dalam mendorong revolusi ekonomi menuju perubahan positif.

Kata Kunci: pendidikan, ekonomi kerakyatan, entrepreneur

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-09
Bagaimana cara mengutip:
Lourensius, N., Baroroh, K., & Larasati, R. (2024). Pendidikan Ekonomi Kerakyatan dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 570-574. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1595
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 176 times
PDF downloaded: 88 times

Referensi

Afandi, Z. (2019, Juni). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al Mawaddah Kudus. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7(1).

Basuki. (2007). Analisis hubungan antara motivasi, pengetahuan kewirausahaan, dan kemandirian usaha terhadap kinerja pengusaha pada kawasan industri kecil di daerah pulogadung. Jurnal Usahawan, 2(10),1-8.

Dantes, & Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya profesi wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1).

Hani, E. A., & Rokhmani, L. (2018). Analisis pengetahuan kewirausahaan dan jiwa wirausaha pada siswa sma negeri 2 malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1),20-28.

Koesuma, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi mendidika anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Pentti, M. (2007). Enterprise in education: Educating tomorrows entrepreneurs. small business management. Allan Gibb: Durham University.

Saputro, E., Achmad,, N., & Handayani, S. (2016). Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Sukses Wirausaha. Benefit, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 34-41.

Suryana, (2008). Entrepreneur:Pedoman praktis, kiat dan Proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep Dan Strategi). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M dan Wilson, D. 2008. Essential of Entre- preneurship and Small Business Management. New Jersey; Pearson