Relevansi Pemikiran Ibnu Khaldun dalam Pembelajaran Sejarah: Systematic Literature Review

  • Fadila Fadila Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Agus Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Erlina Winarti Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Relevansi Pemikiran Ibnu Khaldun dalam Pembelajaran Sejarah” adapun latar belakang mengambil judul tersebut ialah Ibnu Khaldun merupakan tokoh ilmuan besar dari peradaban islam yang memiliki pemikiran yang besar terutama dalam sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dalam pembelajaran sejarah.  Metode penelitian yang gunakan penulis sebuah systematic literature review yang bertujuan untuk meninjau secara keseluruhan dan kritis mengenai relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dalam pendidikan. Penelitian ini dilakukan terhadap artikel-artikel ilmiah tahun 2014-2023 data diperoleh dari artikel Google Schoolar, Elsiver, dan Science Direct yang relevan dengan pertanyaan penelitian. Setelah melalui  proses  penyaringan  berdasarkan  kriteria  dan  kualitas,  diperoleh  15  artikel  yang  memenuhi syarat  untuk  menjawab  pertanyaan  penelitian. Hasil penelitian melaui tinjuan literatur dengan analisis kritis didapatkan bahwa pemikiran Ibnu Khaldun memberikan relevansi besar dalam pendidikan dan pembelajaran sejarah satu melalui karya besarnya “Muqaddimah” melalui pemikiran Ibnu Khaldun memberikan pencerahan mengenai sejarah dalam pembelajaran dengan menjabarkan pendidikan seperti tujuan pendidikan, sifat pendidik, sifat peserta didik, kurikulum dan metode pengajaran yang dapat dijadikan acuan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sejarah disekolah.

Kata Kunci: relevansi pemikiran, Ibnu Khaldun, pembelajaran sejarah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-22
Bagaimana cara mengutip:
Fadila, F., Mulyana, A., & Winarti, E. (2024). Relevansi Pemikiran Ibnu Khaldun dalam Pembelajaran Sejarah: Systematic Literature Review. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 498-504. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1593
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 206 times
PDF downloaded: 233 times

Referensi

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 217-231.

Al-Allamah, A,. (2001). Mukaddimah Ibnu Khaldun, Terj. Masturi Ilham dkk. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Caksu, A. (2017). Ibn Khaldun and philosophy: Causality in history. Journal of Historical Sociology, 30(1), 27-42.

Dahlan, Z. (2019). Nukilan Pemikiran Islam Abad Pertengahan Gagasan Pendidikan Ibn Khaldun (732/1332-808/1406). Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(2), 317-333.

Dewi, S. K. (2018). Urgensi Sejarah Sosial Sebagai Konsep Teoretis Bagi Living Hadith di Indonesia. Religió Jurnal Studi Agama-agama, 8(2), 209-226.

Hasan. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Hidayat, Y. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Islam al-Ilmi, 2(1), 11-22.

Hernawan, W. (2017). Ibn Khaldun thought: A review of al-Muqaddimah book. Jurnal Ushuluddin, 23(2), 173-184.

Jauhari, M. I. (2020). Konsep pendidikan Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap pendidikan di era modern. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 187-210.

Kariim, A. (2016). Ibnu Khaldun Dan Gagasannya Tentang Sosiologi. Jurnal Citra Ilmu, 7, 137-145.

Kasdi, A. (2014). Pemikiran Ibnu Khaldun dalam perspektif sosiologi dan filsafat sejarah. Fikrah, 2(2), 24-36

Karim, A. K. A., & Suhaini, N. (2020). Kepentingan teori dan ilmu sosiologi dalam konteks pendidikan menurut perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Tuah, 1(1).

Komarudin, K. (2022). Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun. Pandawa, 4(1), 23-41.

Karimuddin, F. (2019). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Perspektif Pendidikan. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 69-75.

Khanday, K. A. (2018). Ibn–Khaldun’s perception of education: Pre-conditions and excellence. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research (IJAMSR), 1(10), 95-106.

Kurniandini, S., Chailani, M. I., & Fahrub, A. W. (2022). Pemikiran Ibnu Khaldun (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan Dan‎ Relevansinya Dengan Dunia Modern. Jurnal Pendidikan, 31(3), 349-360.

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 49-58.

Rahmah, E. N. (2019). Konsep Metode Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kini. Alim| Journal of Islamic Education, 1(1), 91-118.

Sahay, U., & Kaur, G. (2021). A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom Sector. Psychology and Education, 58(1), 2515-2531.

Samsuri, A., & Maswuwd, M. (2023). Ibnu Khaldun's Thoughts In Present Educational Context. In Forum Paedagogik, 14(1), 64-73. IAIN Padangsidimpuan.

Sunhaji. (2015). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun. Insania, 20. Http://Library1.Nida.Ac.Th/Termpaper6/Sd/2554/19755.Pdf

Susic, K. (2021). The Role of History and Problem of Method in Ibn Khaldun’s Muqaddima. The Logical Foresight–Journal For Logic and Science, 1(1), 97-108.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Sulaiman, Fathiyyah Hasan. (1987). Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu dan Pendidikan, diterjemahkan oleh Herry Noer Ali. Bandung; CV. Diponegoro.

Thalib, A. (2020). Geneologi dan epistemologi pemikiran ibnu khaldun. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 14(1), 116-130.

Widyastuti, W., Lubis, M. F., & Sabri, R. (2023). The Concept Of Education According To Ibn Khaldun. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 132-138.

Zulfatmi, S. A., & Press, A. R. (2014). Asabiyyah (Solidaritas Golongan) dalam Perspektif Ibn Khaldun. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: Darussalam-Banda Aceh.