Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis

  • nina simorangkir Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Ramly Ramly Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Ambo Dalle Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Menulis teks berita merupakan bagian keterampilan bahasa yang dianggap sulit, dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Sehingga, perlu model pembelajaran kreatif dan inovatif yang bisa membangkitkan motivasi serta inspirasi bagi siswa untuk menulis, merefleksikan, dan mengeksplorasi permasalahan menulis teks berita. Penelitian ini tujuannya agar menguji efektivitas model Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam mengembangkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII. Metode dipakai yakni eksperimen melalui desain nonequivalent control group, melibatkan dua kelompok: eksperimen serta kontrol. Data dikumpulkan dari tes menulis teks berita dalam bentuk soal uraian (pre-test dan post-test) selanutnya dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil menyatakan jika kelas kontrol (TTW), nilai rata-rata siswa mencapai 75,33 dengan standar deviasi 7,89; sebanyak 83,33% siswa mencapai nilai tuntas. Pada kelas eksperimen (CIRC), nilai rata-rata hingga 79,00 dengan standar deviasi 6,49, serta 96,64% siswa mencapai nilai tuntas. Dengan demikian, model TTW dan CIRC sama-sama efektif meningkatkan keterampilan menulis teks berita, tetapi CIRC lebih optimal. Penelitian lanjutan disarankan memperluas sampel dan mengeksplorasi pengaruh durasi serta frekuensi penerapan model ini pada keterampilan bahasa lainnya atau jenjang pendidikan yang berbeda.

Kata Kunci: model pembelajaran, TTW, CIRC, menulis teks berita

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

nina simorangkir, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan

Saya Nina Prince Simorangkir adalah seorang mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Makassar dan seorang pengajar di SMPN 33 Satap Bonto Panno-Maros. Saya memiliki minat yang besar dalam bidang linguistik dan pengajaran bahasa Indonesia. Saya ingin mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam bidang ini untuk menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia yang profesional dan kompeten.

Adapun nomor HP/Wa saya, yakni 081265504614 serta email ninacheangkir@gmail.com yang aktif dan dapat dihubungi.

 

Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
simorangkir, nina, Ramly, R., Dalle, A., & Amir, J. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 575-580. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1588
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 203 times
PDF downloaded: 144 times

Referensi

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Muhsin, L. B. (2024). Model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW). Jawa Tengah: Wawasan Illmu.

Nahar, S., & Syaukani, S. (2019). Madrasah Laboratorium Di Indonesia (Kajian Perkembangan Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dan UIN Sumatera Utara Medan). Yogyakarta: Bening Pustaka.

Nasution, N. D., Kusyani, D., & Zahara, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(1), 27–36. https://doi.org/10.34012/jbip.v5i1.3351

Nuraini, N., & Surip, M. (2024). Pengaruh Model Cooperative Integrated And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 9–20. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.735

Priyandini, D. P., Respati, R., & Saputra, E. R. (2024). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model cooperative integreted reading and composition (CIRC) berbantuan media gambar berseri. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(5), 925–930. https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19722

Ramadhani, V., Alia, A. R., & Shadrina, N. N. (2024). Capaian Pembelajaran dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Materi Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Prosiding SEMNASFIP, 1755–1762.

Saragi, S., Hasibuan, R., & Siregar, J. (2024). Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 808–820. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7954

Setiawati, I. (2020). Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 61–79.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suciwati, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9410

Waruwu, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition (CIRC). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 300–306. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.46