Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis
Abstrak
Menulis teks berita merupakan bagian keterampilan bahasa yang dianggap sulit, dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Sehingga, perlu model pembelajaran kreatif dan inovatif yang bisa membangkitkan motivasi serta inspirasi bagi siswa untuk menulis, merefleksikan, dan mengeksplorasi permasalahan menulis teks berita. Penelitian ini tujuannya agar menguji efektivitas model Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam mengembangkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII. Metode dipakai yakni eksperimen melalui desain nonequivalent control group, melibatkan dua kelompok: eksperimen serta kontrol. Data dikumpulkan dari tes menulis teks berita dalam bentuk soal uraian (pre-test dan post-test) selanutnya dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil menyatakan jika kelas kontrol (TTW), nilai rata-rata siswa mencapai 75,33 dengan standar deviasi 7,89; sebanyak 83,33% siswa mencapai nilai tuntas. Pada kelas eksperimen (CIRC), nilai rata-rata hingga 79,00 dengan standar deviasi 6,49, serta 96,64% siswa mencapai nilai tuntas. Dengan demikian, model TTW dan CIRC sama-sama efektif meningkatkan keterampilan menulis teks berita, tetapi CIRC lebih optimal. Penelitian lanjutan disarankan memperluas sampel dan mengeksplorasi pengaruh durasi serta frekuensi penerapan model ini pada keterampilan bahasa lainnya atau jenjang pendidikan yang berbeda.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nina Prince Simorangkir, Ramly Ramly, Ambo Dalle, Johar Amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

