Eksplorasi Bahasa Jawa Pra-Sekolah di Desa Jumapolo, Karanganyar

  • Amalia Wulan Sari Magister Linguistik, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Oktiva Herry Chandra Magister Linguistik, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Eksplorasi bahasa Jawa pada anak meliputi sikap berbahasa dan proses terbentuknya sistem tata bahasa pada anak. Tumbuh kembang anak dengan bahasa Jawa dipengaruhi oleh bahasa ibu dan lingkungannya. Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak adalah lingkungan sosial yang dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik di TK Jumapolo 01. Intensitas interaksi penggunaan bahasa Jawa di dalam ranah domestik, dan pengaruh bahasa Indonesia.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap berbahasa oleh anak-anak dari TK Jumapolo 01 dan tataran sintaksis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi aktif. Teknik simak, libat, cakap. Kemudian data akan direduksi dan dianalisis berdasarkan teori sintaksis. Setelah itu, penarikan kesimpulan dari hasil penelitian mengenai sikap bahasa dan fenomena sintaksis yang terjadi berdasarkan pola kalimat yang dihasilkan oleh peserta didik TK Jumapolo 01. Penelitian ini berhasil mendapatkan fakta bahwa peserta didik pra sekolah TK-01 Jumapolo lebih memilih mengunakan bahasa Jawa dalam percakapan dengan teman dan tenaga pendidik. Pola tata kalimat yang dihasilkan oleh peserta didik TK Jumapolo 01 sudah mampu untuk memproduksi kalimat yang lugas dan efisien. Meskipun terdapat kesalahan susunan pola kalimat, namun kalimat tersebut berterima antara penutur dan petutur.

Kata Kunci: Sikap bahasa, Sintaksis, Pra-Sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Sari, A. W., & Chandra, O. H. (2025). Eksplorasi Bahasa Jawa Pra-Sekolah di Desa Jumapolo, Karanganyar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 774-782. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1585
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 57 times
PDF downloaded: 23 times

Referensi

Abonyi, S., Achimugu, L., & Adibe, M. I. (2014). Innovations in science and technology education: A case for ethnoscience based science classrooms. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(1).

Albury, N. J. (2020). Language attitudes and ideologies on linguistic diversity. In A. C. Schalley & S. A. Eisenchlas (Eds.), Handbooks of Applied Linguistics (pp. 357-376). Berlin/Boston: De Gruyter Mouton. https://doi.org/10.1515/9781501510175-018

Astuti, Tri. (2019). Sikap dan Pemertahanan Bahasa Indonesia di Kalangan Akademisi (Tinjauan Deskriptif terhadap Fenomena Pemakaian Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019. 154-163.

Cahyono, B. E. H., & Sawitri, D. A. (2024). Pemerolehan Aspek Leksikon dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus Anak Naya di Ponorogo. Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4062

Elbetri, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun dalam Bahasa Sehari-hari. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2). https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682

Fitria, D., & Sartika, R. (2021). Pemerolehan Bahasa Jenis Kalimat dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia 3;0-4;0 tahun di PAUD Bimba Aiueo. Unika Atma Jaya, 13-15 Juli 2021.

Kuntarto, E. (2017). Telaah Linguistik Untuk Guru Bahasa. Jambi: Universitas Jambi.

Mahi, A. K. (2014). Agropolitan: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.

Marwan, A. (2016). Changing Policy of English Teaching Approach at Indonesian Secondary Schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan,35(2). https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8095

Muhinyi, A., & Rowland, C. F. (2021). Contributions of Abstract Extratextual Talk and Interactive Style to Preschoolers' vocabulary development. Journal of Child Language, 198-213. https://doi.org/10.1017/S0305000921000696

Mustikawati, D. A. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154

Nurlaila.(2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3).

Permana, L. I., & Laila, M. (2023). Analysis of Code-Mixing Found in The Corbuzier Podcast on YouTube. KLS, 8(1). https://doi.org/10.23917/kls.v811.21275

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriyadi. (2014). Sintaksis bahasa Indonesia. Universitas Negeri Gorontalo, UNG Press.

Sunsia Puteri, I. S., Kusmiyati, & Faizin, A. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak pada Tataran Sintaksis di TK Dharma Pertiwi Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Sastranesia, 11(2), 47-67. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3035

Zahra, A. I., & Baadillah, I. (2024). Pemerolehan Bahasa pada Tataran Sintaksis Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2),437–452. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.862