Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD Negeri 1 Gresik Kelas IV
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh metode pengajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gresik. Permasalahan yang diangkat adalah kurangnya pemahaman konsep matematika pada siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan kualitatif, dengan sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan dianalisis menggunakan analisis statistik untuk mengetahui signifikansi pengaruh metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif, seperti kolaborasi gambar, pembelajaran terbimbing di rumah, dan pembelajaran teks, dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran aktif menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan hasil tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Prospek ke depan, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru matematika hendaknya menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa dan memfasilitasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Shifa Yuliana Sabitafh, Afakhrul Masub Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

