Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD Negeri 1 Gresik Kelas IV

  • Shifa Yuliana Sabitafh Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Afakhrul Masub Bachtiar Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh metode pengajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gresik. Permasalahan yang diangkat adalah kurangnya pemahaman konsep matematika pada siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan kualitatif, dengan sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan dianalisis menggunakan analisis statistik untuk mengetahui signifikansi pengaruh metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif, seperti kolaborasi gambar, pembelajaran terbimbing di rumah, dan pembelajaran teks, dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran aktif menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan hasil tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Prospek ke depan, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru matematika hendaknya menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa dan memfasilitasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: metode pembelajaran, hasil belajar matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Sabitafh, S. Y., & Bachtiar , A. M. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD Negeri 1 Gresik Kelas IV. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 767-773. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1576
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 104 times
PDF downloaded: 67 times

Referensi

Adisaka, K., Margunayasa, I.G., & Gunartha, I.W. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.

Astuti, G. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Materi Mengurutkan Pecahan Siswa Kelas VI SD Negeri Majingklak 01 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tuntas.

Astuti, G., Barone, G., Di Gristina, E., Domina, G., Giacò, A., Orsenigo, S., & Peruzzi, L. (2021). Chromosome numbers for the Italian flora: 11. Italian Botanist, 11, 145-153. https://doi.org/10.3897/italianbotanist.11.70173[4][7][10][13][16][19][22].

Astuti, G., Bartolucci, F., Conti, F., Cera, B., Giacò, A., Orsenigo, S., Sandroni, L., & Peruzzi, L. (2021). Chromosome numbers for the Italian flora: 12. Italian Botanist, 12, 123-131. https://doi.org/10.3897/italianbotanist.12.79031[19] .

Fajriyanti, L.D., Fauziyah, N., & Alfiansyah, I. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Model Inkuiri Dan Konvensional Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education).

Fraser, J., & Yasnitsky, A. (2016). Deconstructing Vygotsky's victimization narrative: A re-examination of the 'stalinist suppression' of Vygotskian theory. History & Humaniora Science, 28, 128-153.

Friesem, Y. (2019). Teaching truth, lies, and accuracy in the digital age: Media literacy as project-based learning. Journalism and Mass Communication Educator, 74(2), 185-198.

Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi dan Akomodasi Teori Konstruktivisme Piaget. Proceedings of the Conference on Research in Education.

Indriani, N., Fitrianti, Y., & Nailah, C. (2022). Modifikasi Strategi dan Metode Pembelajaran Matematika Guna Menarik Minat Belajar Siswa SD/MI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6355

Maslow, A. H. (2020). Motivation and Personality. New York: Harper & Row.

Ormrod, J. E. (2011). Educational Psychology: Developing Learners. Boston, MA: Pearson.

Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. London: Routledge & Kegan Paul.

Posasi, S. (2017). Pengembangan CD Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Geogebra dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Teori Jean Piaget pada Materi Kubus dan Balok. Proceedings of the Conference on Educational Media.

Rogers, C. R. (2020). Freedom to Learn for the 80's. Columbus, OH: Charles E. Merrill Publishing Company.

Sutomo, E. (2015). Konstruktivistik dan pembelajaran: berdasarkan teori Humanistik. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-10 .

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, M. S. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. NOKTAH.

Vasileva, O., & Balyasnikova, N. (2019). (Re)Introducing Vygotsky's thought: From historical overview to contemporary psychology. Frontier Psychology, 10, 1-15.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Vygotsky, L. S. (2019). Thought and Language. Cambridge, MA: MIT Press.

Wahyudin, D. (2016). Manajemen kurikulum dalam pendidikan profesi guru: studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Kependidikan, 46(2), 259-270.

Wertsch, J. V. (2023). Vygotsky and the Social Formation of Mind. Cambridge, MA: Harvard University Press.