Analisis Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD

  • Ulfiatur Rosyidah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Model pembelajaran problem based learning merupakan suatu proses pembelajaran yang memungkinkan siswa menjadi pemikir yang terbuka, reflektif, aktif, reflektif, dan kritis melalui kegiatan yang berhubungan dengan situasi dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan metode problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dan model PBL merupakan model berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa.  Penelitian ini menggunakan systematic literature review dengan pendekatan kuantitatif.  Pada metode ini terdapat 5 tahapan yang dilakukan dalam tinjauan literatur sistematis ini.  Tahapan dari penelitian ini adalah identifikasi masalah, pencarian literatur, seleksi literatur dengan menggunakan 1 RQ, serta yang terakhir pelaporan hasil.  Penelitian ini dilakukan terhadap artikel ilmiah dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2024. Peneliti menggunakan Google Schoolar untuk pencarian sampel dan ditemukan sebanyak 10 artikel yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar. Peneliti menggunakan metode komparatif kuantitatif untuk menganalisis hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari minimal 25,60% menjadi maksimal 77,30% sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan sebesar 58,412%.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Berfikir Kritis, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Rosyidah, U., & Marzuki, I. (2025). Analisis Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 759-766. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1566
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 318 times
PDF downloaded: 79 times

Referensi

Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 179–182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1246

Alman, A., & Purwanty, W. N. I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas IV SD Ypk Lahairoy Yensawai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2064

Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis The Role of Literacy in the Development of Critical Thinking Abilitie. 1(1), 23–33.

Evandel, K., Indrawan, E., Primawati, P., & Wulansari, R. E. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning. Yasin, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.58578/yasin.v4i1.246 7

Helmon, A. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Arnoldus Helmon. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(10), 38–52.

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965

Mawardi, M., & Puspita Sari, P. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2563

Muliastrini, K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://ejournal- pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_p endas/article/view/3114

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201

Rahmawati, A. D., & Winanto, A. (2020). Perbedaan Efektivitas Model Problem Based Learningdan Model Group Investigationterhadap Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/ 971

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. PEDAGOGIKA, 2(4), 46–56. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.994

Sari, I. N., Ardianti, S. D., & Khamdun, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 302–310. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.539

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Sukowati, V. P., & Harjono, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10641–10646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3212

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 40. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196

Susanti, S., & Usiono. (2024). Systematic Literature Review : Hakikat Metode Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1).

Susanto, F. S., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Basicedu, 7(6), 3646–3653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6