Analisis Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD
Abstrak
Model pembelajaran problem based learning merupakan suatu proses pembelajaran yang memungkinkan siswa menjadi pemikir yang terbuka, reflektif, aktif, reflektif, dan kritis melalui kegiatan yang berhubungan dengan situasi dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan metode problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dan model PBL merupakan model berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini menggunakan systematic literature review dengan pendekatan kuantitatif. Pada metode ini terdapat 5 tahapan yang dilakukan dalam tinjauan literatur sistematis ini. Tahapan dari penelitian ini adalah identifikasi masalah, pencarian literatur, seleksi literatur dengan menggunakan 1 RQ, serta yang terakhir pelaporan hasil. Penelitian ini dilakukan terhadap artikel ilmiah dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2024. Peneliti menggunakan Google Schoolar untuk pencarian sampel dan ditemukan sebanyak 10 artikel yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar. Peneliti menggunakan metode komparatif kuantitatif untuk menganalisis hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari minimal 25,60% menjadi maksimal 77,30% sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan sebesar 58,412%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ulfiatur Rosyidah, Ismail Marzuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

