Determinasi Kinerja Guru SMP Negeri 3 Lasem

  • Khusnul Khotimah Universitas YPPI Rembang, Rembang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang, Rembang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Tenaga pendidik merupakan tolok ukur yang membangun generasi yang siap untuk terjun dalam pembangunan bangsa. Lembaga pendidikan merupakan tempat proses terjadinya kegiatan belajar mengajar, keberhasilan sekolah dalam menciptakan siswa yang unggul dan prestasi dapat dilihat melalui hasil kinerja guru. Maksud dari penelitian ini guna membuktikan dampak kompetensi, disiplin kerja serta lingkungan fisik pada kinerja guru SMP N 3 Lasem. Kegiatan riset ini mengikutsertakan seluruh guru di SMP N 3 Lasem dengan jumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh, dan analisis data dilakukan dengan analisis multiple regression menggunakan alat bantu SPSS 24. Penelitian ini memberikan hasil yang mana pada variabel kompetensi dan disiplin kerja mempunyai dampak tidak signifikan pada kinerja guru SMP N 3 Lasem, sedangkan variabel lingkungan fisik berdampak signifikan pada kinerja guru SMP N 3 Lasem. Pada uji determinasi memperlihatkan bahwa variabel kompetensi, disiplin kerja serta lingkungan fisik mampu mempengaruhi kinerja guru sebesar 89,5% sementara itu 10,5% dari sisanya dijelaskan oleh faktor lain.

Kata Kunci: Kompetensi, Disiplin Kerja, Lingkungan Fisik, Kinerja Guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-30
Bagaimana cara mengutip:
Khotimah, K., & Ilhami, S. D. (2024). Determinasi Kinerja Guru SMP Negeri 3 Lasem. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 715-719. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1564
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 97 times
PDF downloaded: 36 times

Referensi

Danar Rizky Prabandaru. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MTS Negeri 6 Kediri. Akuntansi, 1(3), 254–261. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i3.91

Hanifah, A. L., Widuri, T., Arida, R. W., & Manajemen, P. S. (2024). PENGARUH MOTIVASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA GURU SMP AL HUDA. 8(7).

Hasan, A., & Sumarni. (2023). Kepemimpinan, Pengaruh Sekolah, Kepala Fisik, Lingkungan Kerja Kerja, Motivasi Terhadap, Guru Guru, Kinerja Smpn, Di Koto, V I I. 5(14), 5918–5931.

Hikmah, N., Tahwin, M., & Ilhami, S. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 9(2), 150. https://doi.org/10.47686/bbm.v9i2.615

Kurniawati, E., & Majid, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik , Disiplin Kerja , dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja guru SMK Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Mirai Management, 7(1), 269–282.

Kurroman, M. T., & Ilhami, S. D. (2024). Dampak Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 97–109. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1499

Mahfud, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.359

Rahmania, N. D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 3(12), 51–59.

Ramadhan, Rina, & Hafipah. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Polewali Mandar. Jurnal Online Manajemen ELPEI (JOMEL), 3(1), 2775–0752. https://doi.org/10.58191/jomel.v3i1.123

Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., Susanti, E. N., Tanjung, R., & Ismanto, W. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja. Manajemen Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.11149

Rohani, I., Fitria, H., & Rohana. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Sematang Borang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 319–336. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12729

Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 18(3), 614–629. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i3.228

Umar, S. M., Firman, A., & Oktaviani, A. R. (2022). Pengaruh kompetensi, kepemimpinan, dan motivasi kerja Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru pada TK se Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal the Manusagre, 2(1), 194–203. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3531

Uswatun Khasanah, Kharisma Nawang Sigit, & Muhammad Syaqiq. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMK Ma’arif NU Nusahada Reban). Journal Economic Insights, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51792/jei.v2i2.69