Peran Guru Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Intoleransi Siswa

  • Hendi Perdana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencegah perilaku intoleransi di kalangan siswa. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dan interpretasi tematik dalam tinjauan literaturnya. Penelitian ini berfokus pada sejumlah dokumen tertulis yang relevan, khususnya yang membahas peran pendidikan agama Islam dalam pencegahan intoleransi. Sumber sekunder, seperti buku, jurnal, dan materi tertulis lainnya, juga dimanfaatkan untuk memperoleh wawasan, fakta, serta analisis yang lebih mendalam. Data dianalisis menggunakan metode analisis konten, yang memungkinkan peneliti mendeskripsikan serta mengaitkan data dengan dokumen pendukung terkait pendidikan agama Islam. Melalui analisis ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis dalam mencegah intoleransi melalui pengajaran nilai-nilai Islam seperti toleransi, keadilan, dan saling menghormati. Guru berfungsi sebagai panutan dalam membentuk karakter siswa yang inklusif dan mengintegrasikan kegiatan ekstrakurikuler untuk mempromosikan kerukunan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran penting terutama dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa berdasarkan nilai-nilai luhur Islam. Mereka tidak hanya bertugas mengajarkan aspek teoretis agama, tetapi juga berfungsi sebagai teladan moral dan spiritual yang mengajarkan akhlak mulia, keadilan, dan perilaku intoleransi dalam pendidikan. Nilai toleransi diajarkan kepada siswa dengan harapan mereka akan tumbuh menjadi generasi yang bijak dan berbasis pada nilai-nilai moral dan keagamaan.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Intoleransi, Siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Perdana, H., & Inayati, N. L. (2024). Peran Guru Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Intoleransi Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 664-672. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1562
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 224 times
PDF downloaded: 135 times

Referensi

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara Keislaman, Keindonesiaan, Dan Kemoderenan.” Humaniora 5(2): 665–84.

Adhitya, Farhan. 2018. “Analisis Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.”

Asriyanto, M, F Janah, and A Setiawan. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai Toleransi Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 38 Samarinda.” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu … 4: 31–44. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6565.

Atmanto, Nugroho Eko, and Umi Muzayanah. 2020. “Sikap Toleransi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Di Kabupaten Kendal Jawa Tengah.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi) 6(2): 215–28.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2(1): 79–96.

Fajar, Khaerul. 2016. “Implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 (A) Tentang Hak Siswa Di Setiap Satuan Pendidikan Untuk Mendapatkan Pendidikan Agama Sesuai Agama Siswa Dan Diajarkan Oleh Pendidik Yang Seagama Bagi Siswa Muslim Di SMA Yo.”

Firdaus, Muhammad Hasan, and Hidayah Baisa. 2019. “Peranan Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor.” Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 3(4): 553–66.

Fuad, A Jauhar. 2018. “Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Paham Radikal Di Sekolah.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, , 561–71.

Gunawan, Heri. 2022. 1 Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi. Cv. Alfabeta.

Handayani, Ilham Putri, and Muh Wasith Achadi. 2022. “Integrasi Kurikulum Muhammadiyah Boarding School Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12(3): 277–91.

Husni, Husni. 2019. “Moderate Muslims’ Views on Multicultural Education, Freedom of Expression, and Social Media Hate Speech: An Empirical Study in West Java Indonesia.” Jurnal penelitian pendidikan islam 7(2): 199–224.

Indrayani, Eva, Nina Oktarina, and Fathur Rokhman. 2024. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di PAUD Kusuma Indonesia Kaloran Temanggung.” Public Service and Governance Journal 5(2): 192–203.

Jentoro, Jentoro, Ngadri Yusro, Eka Yanuarti, Asri Karolina, and Deriwanto Deriwanto. 2020. “Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasatiyah Siswa.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3(1): 46–58.

Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1): 25–37.

Karyadi12, Hari, Bambang Subroto, Aulia Fuad Rahman, and Ghozali Maski. 2018. “The Value Relevance of Earning Measurement Using Ohlson Model: A Meta-Analysis.”

Langit, Anggit Rara Ratu. 2024. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik.” Journal on Education 6(4): 20670–81.

Muadzin, Ali Mustofa Arif. 2021. “Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 7(2): 171–86.

Mulia, Dini Siswani, and Suwarno Suwarno. 2016. “PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas.” Khazanah Pendidikan 9(2).

Perdana, Dayu Rika, and Muhammad Mona Adha. 2020. “Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 8(2): 89–101.

Prasetiawati, Eka. 2017. “Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 1(02): 272–303.

Radhiyah, Isyah. 2023. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX , Kabupaten Lima Puluh Kota.” Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS) 1(1): 14–22.

Romzi, Moh, Ansori Ansori, Shobihatul Fitroh Noviyanti, and Mohamad kamil Salas. 2024. “Struktur Dan Sistem Organisasi Pendidikan Islam Yang Dinamis.” Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies 3(1).

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sholeh, Muh Ibnu, and Nur Efendi. 2023. “Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital.” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5(2): 104–26.

Solehat, Titin Lestari, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 5(4): 2270–77.

Sulaeka, Bela, and Ratnawati Susanto. 2023a. “Peran Dan Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Meminimalisir Terjadinya Bullying Antar Sesama Siswa Di Sekolah Dasar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 8(1): 137–43.

Sulaeka, Bela, and Ratnawati Susanto. 2023b. “Peran Dan Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Upaya Meminimalisir Terjadinya Bullying Antar Sesama Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal penelitian guru Indonesia 8(1): 137–43. https://doi.org/10.29210/02020344.

Sumarno, Sumarno. 2020. “Analisis Isi Dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa Dan Sastra.” Edukasi Lingua Sastra 18(2): 36–55.

Sutikno, Achmad Nur. 2020. “Bonus Demografi Di Indonesia.” VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 12(2): 421–39.

Utari, Lia, Kurniawan Kurniawan, and Irwan Fathurrochman. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3(1): 75–89. doi:10.31539/joeai.v3i1.1304.

Zulaikhah, Siti. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1): 83–93.

Abidin, Z. (2014). Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemoderenan. Humaniora, 5(2), 665–684.

Adhitya, F. (2018). Analisis Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Faculty of Social and Political Sciences.

Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu …, 4, 31–44. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6565

Atmanto, N. E., & Muzayanah, U. (2020). Sikap Toleransi Beragama Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 6(2), 215–228.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.

Fajar, K. (2016). Implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 (A) Tentang Hak Siswa di Setiap Satuan Pendidikan untuk Mendapatkan Pendidikan Agama Sesuai Agama Siswa dan Diajarkan oleh Pendidik Yang Seagama Bagi Siswa Muslim Di SMA Yo. IAIN.

Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Peranan Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(4), 553–566.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.

Handayani, I. P., & Achadi, M. W. (2022). Integrasi Kurikulum Muhammadiyah Boarding School dan Implikasinya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(3), 277–291.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Indrayani, E., Oktarina, N., & Rokhman, F. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di PAUD Kusuma Indonesia Kaloran Temanggung. Public Service and Governance Journal, 5(2), 192–203.

Jentoro, J., Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto, D. (2020). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 46–58.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Langit, A. R. R. (2024). Peran Guru PAI dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Journal on Education, 6(4), 20670–20681.

Muadzin, A. M. A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186.

Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2).

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272–303.

Radhiyah, I. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 14–22.

Romzi, M., Ansori, A., Noviyanti, S. F., & kamil Salas, M. (2024). Struktur Dan Sistem Organisasi Pendidikan Islam Yang Dinamis. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(1).

Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis program penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270–2277.

Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan strategi guru dalam penanaman nilai toleransi sebagai upaya meminimalisir terjadinya bullying antar sesama siswa di sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 137–143.

Sutikno, A. N. (2020). Bonus demografi di indonesia. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(2), 421–439.

Tamaeka, V. (2022). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 14(1), 14–22.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304

Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93.