Project based learning untuk Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Elemen Kreatifitas dan Bergotong Royong pada Pembelajaran Sejarah

  • Khodijah Rezhi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Erlina Wiyanarti Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yeni Kurniawati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan secara umum terjadi pada anak-anak remaja, menjadi sebuah karakter yang perlu dikembangkan melalui lembaga pendidikan sekolah. Pengembangan yang berfokus kepada karakter profil pelajar pancasila elemen kreatifitas dan bergotong royong, harapannya peserta didik menjadi manusia berkarakter, sehingga bisa menjadi manusia beradab. Kenyataannya kendala pemahaman dalam mengembangkannya baik dari guru dan juga peserta didik, serta peran dari orang tua juga menentukan karakternya. Project based learning menuntut dalam penerapannya membuat suatu proyek yang harus dikerjakan, kemudian menghasilkan karya tulisan, gambar dll. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi terkait Project based learning untuk mengembangkan karakter profil pelajar pancasila elemen kreatifitas dan bergotong royong pada pembelajaran sejarah. Desain penelitian didalam penelitian ini yaitu studi literatur, yaitu sumbernya dari berbagai karya tulis artikel yang ada kaitannya dengan tema pembahasan. Project based learning merupakan metode belajar mengajar sebagai solusi untuk diterapkan, dan bisa untuk mengembangkan karakter para peserta didik agar mempunyai kualitas moral yang positif. Melalui Project based learning bisa mengembangkan karakter profil pelajar pancasila diambil dari beberapa elemen misalnya elemen kreatifitas dan bergotong royong di mata pembelajaran sejarah yang bisa untuk mengajarkan sejarah dengan benar, artinya bahwa guru mampu memilih tema permasalahan dan mampu memilih untuk menerapkan metode serta pendekatan pembelajaran kontekstual agar mencapai tujuan dengan menghubungkan materi di buku teks dengan lingkungan sekitarnya.

Kata Kunci: project based learning, karakter, Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran sejarah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Khodijah Rezhi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat

Khodijah Rezhi, seorang mahasiswa jurusan pendidikan sejarah Universitas Pendidikan Indonesia. Tanggal lahir 10 Oktober 2000, lahir dan besar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat, saya memiliki minat terhadap dunia pendidikan. No WA aktif penulis 081323719519. Harapan saya terhadap penulisan artikel ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses pembelajaran.

Diterbitkan
2024-11-14
Bagaimana cara mengutip:
Rezhi, K., Wiyanarti, E., & Kurniawati, Y. (2024). Project based learning untuk Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Elemen Kreatifitas dan Bergotong Royong pada Pembelajaran Sejarah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 483-489. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1560
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 173 times
PDF downloaded: 99 times

Referensi

Apriono Djoko, (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan Untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan. Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 292.

Asmara Yeni (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 109-110.

Anggraeny Yunita Vyra, Sulalatin Alfiah Siti dan Hadi Rahmantika Fida (2023). Pendidikan Pancasila Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Metode Project Based Learning (PJBL) Dalam Aktivitas Siswa Di SD N 1 Bedingin. Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1.

Badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia (2022). Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Hasnawati & Netti. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum, 8(2), 233.

Khaningrum Imti Nadia dan Nisa Fitrotun Ana (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Elemen Kreativitas dan Kemandirian melalui Model Project based learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 1.

Kahfi Ashabul (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2), 146-147.

Komalasari Kokom & Saripudin Didin, (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Mita Sepriana dll (2023). Analisis Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 01 Sebangki. Budaya dan Sosial, 3(1), 35.

Nurhamidah Siti & Nurachadijat Kun (2023). Project based learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 49.

Nababan Damayanti et al (2023). Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada,... hlm. 716-717

Omeri, Nopan (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 466.

Okpatrioka et al (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(3), 113.

Rahayu Oktavia Nur Dini dll, (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 21.

Raharjo Budi Sabar (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 234-235.

Rizkasari Elinda (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 10(1), 57-58.

Sepriady Jeki (2023). Implementasi Nilai Gotong Royong dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Naskah Syair Perang Palembang 1819. Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 64-65.

Sulistyarini (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika, 2(1) 7.

Suparlan (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 82.

Supriatna Nana, (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(2), 81-82.

Suwarni (2014). Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Edukasi, 1(1), 126-127.

Sofiah, R, Suhartono, S & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1.

Putri Dewi Anggraini (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project based learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 294-295.

Widja Gde, (2018). Pembelajaran Sejarah yang Mencardaskan: Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Zaman yang Berubah. Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 122.