Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Mandi Wajib bagi Penyandang Tunagrahita

  • Agus Tri Yuniawan Program Magister Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Mohamad Joko Susilo Program Magister Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kaum disabilitas tunagrahita sering mengalami kesulitan dalam praktik keterampilan hidup sehari-hari seperti merawat diri sendiri dan pelaksanaan ibadah. Hal ini karena kemampuan kognitif dan adaptif yang rendah. Kesulitan tersebut perlu diatasi melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial berbasis simulasi sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif guna meningkatkan keterampilan mandi wajib bagi penyandang tunagrahita. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan angket. Uji coba produk dilakukan melalui review ahli, uji coba terbatas, dan uji coba skala luas. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif dan kualitatif. Review para ahli menunjukkan bahwa video tutorial mandi wajib ini layak untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan mandi wajib bagi penyandang tunagrahita. Uji coba terbatas di SLBN 2 Yogyakarta menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan media sebesar 81,11 (baik) dengan peningkatan keterampilan mandi wajib 80%. Penerapan uji luas di SLBN 1 Yogyakarta menunjukkan tingkat keterbacaan media sebesar 92,36 (baik) dan di SLBN Pembina 86 (baik). Media ini efektif meningkatkan keterampilan mandi wajib pada peserta didik tunagrahita di SLBN 1 Yogyakarta sebesar 85,33% dan SLBN Pembina sebesar 81,33%. Media video tutorial mandi wajib ini dapat terus dikembangkan untuk disabilitas lainnya. Hal ini semakin mendukung rencana strategis UII yaitu Pembangunan Inklusif Mewujudkan Masyarakat Madani Yang Berdaya Saing Tinggi Menghadapi Era Industri 4.0 dan Society 5.0.

Kata Kunci: video tutorial, mandi wajib, disabilitas, inklusi, teknologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Agus Tri Yuniawan, Program Magister Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Agus Tri Yuniawan adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia E-mail: 21913047@students.uii.ac.id WA. 085742372902

Mohamad Joko Susilo, Program Magister Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dr. Mohamad Joko Susilo, S.Pd., M.Pd adalah dosen di Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia E-mail: joko.susilo@uii.ac.id WA. 0812-2586-080

Diterbitkan
2024-11-14
Bagaimana cara mengutip:
Yuniawan, A. T., & Susilo, M. J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Mandi Wajib bagi Penyandang Tunagrahita. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 475-482. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1559
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Al-Hadrami, S. B. S. (2023). Terjemah Safinatun Naja. Al-Miftah.

Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak dengan Hambatan Intelektual (A. P. A. Widodo, Ed.). Prodi PLB FKIP ULM.

Dawadi, S., Shrestha, S., & Giri, R. A. (2021). Mixed-Methods Research: A Discussion on its Types, Challenges, and Criticisms. Journal of Practical Studies in Education, 2(2), 25–36. https://doi.org/10.46809/jpse.v2i2.20

Fahyuni, E. F., & Aini, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Tutorial Sujud pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2116

Gallud, J. A., Carreño, M., Tesoriero, R., Sandoval, A., Lozano, M. D., Durán, I., Penichet, V. M. R., & Cosio, R. (2023). Technology-enhanced and game based learning for children with special needs: a systematic mapping study. Universal Access in the Information Society, 22(1), 227–240. https://doi.org/10.1007/s10209-021-00824-0

Garnida, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita. PPPPTK TK dan PLB.

Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU, P. P. P. dan M. (P3M), dan P. S. and L. D. U. B. (PSLD-U. (2018). Fiqih Penyandang Disabilitas. Lembaga Bahtsul Masail PBNU.

Mogensen, L. L., Drake, G., McDonald, J., & Sharp, N. (2024). Young people with intellectual disability speak out about life after school: “I want to do more in life than just…be a disability person.” Journal of Intellectual and Developmental Disability, 49(2), 121–133. https://doi.org/10.3109/13668250.2023.2245276

Nurhidayah, N., Alfurqan, A., & Hidayat, A. (2023). Penggunaan Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Berwudu Siswa di Kelas II SDN 25 Air Tawar Selatan Kota Padang. FASHLUNA, 4(1), 10–24. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.422

Poth, C. (2024). The Sage Handbook of Mixed Methods Research Design. https://doi.org/10.4135/9781529682663

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Shank, G. D. (2019). Qualitative Research: A Personal Skills Approach. Pearson Merrill Prentice Hall. https://archive.org/details/qualitativeresea0000shan/page/n3/mode/2up?view=theater

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta.

Susilo, M. J. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Islam (Kunci Keberhasilan dan Strategi Menyusun Tugas Akhir). UII.