Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Mandi Wajib bagi Penyandang Tunagrahita
Abstrak
Kaum disabilitas tunagrahita sering mengalami kesulitan dalam praktik keterampilan hidup sehari-hari seperti merawat diri sendiri dan pelaksanaan ibadah. Hal ini karena kemampuan kognitif dan adaptif yang rendah. Kesulitan tersebut perlu diatasi melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial berbasis simulasi sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif guna meningkatkan keterampilan mandi wajib bagi penyandang tunagrahita. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan angket. Uji coba produk dilakukan melalui review ahli, uji coba terbatas, dan uji coba skala luas. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif dan kualitatif. Review para ahli menunjukkan bahwa video tutorial mandi wajib ini layak untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan mandi wajib bagi penyandang tunagrahita. Uji coba terbatas di SLBN 2 Yogyakarta menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan media sebesar 81,11 (baik) dengan peningkatan keterampilan mandi wajib 80%. Penerapan uji luas di SLBN 1 Yogyakarta menunjukkan tingkat keterbacaan media sebesar 92,36 (baik) dan di SLBN Pembina 86 (baik). Media ini efektif meningkatkan keterampilan mandi wajib pada peserta didik tunagrahita di SLBN 1 Yogyakarta sebesar 85,33% dan SLBN Pembina sebesar 81,33%. Media video tutorial mandi wajib ini dapat terus dikembangkan untuk disabilitas lainnya. Hal ini semakin mendukung rencana strategis UII yaitu Pembangunan Inklusif Mewujudkan Masyarakat Madani Yang Berdaya Saing Tinggi Menghadapi Era Industri 4.0 dan Society 5.0.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Agus Tri Yuniawan, Mohamad Joko Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.