Strategi Kepala Sekolah dalam Mempengaruhi Employe Engagement terhadap Kinerja Pendidik di SMP Muhamadiyah 10 Surakarta

  • Shema Andi Prasetya Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Istanto Istanto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Sekolah mempunyai peran sentral dalam proses berjalanya pencerdasan anak bangsa. Dalam pendidikan figure pendidik sangat menentukan kemajuan sekolah. Maka, peran dari organisasi pendidikan sangat besar dalam proses perkembanganya. Organisasi sekolah harus mempunyai strategi untuk menjaga kualitas pendidik supaya tetap ideal, karena iklim kualitas pendidik sangat berdampak kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan employe engagement terhadap kinerja pendidik di SMP Muhamadiyah 10 Surakarta untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Metode yang digunakan dengan metode deskriptif mengunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode wawancara, dokumentasi serta observasi. Pengujian keabsahan data memakai triangulasi. Analisis data yang digunakan memalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa employe engagement di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta sudah terealiasasikan dengan baik melalui strategi kepala sekolah serta penerapan nilai etik kepada tenaga pendidik guna mendorong perkembangan kinerja pendidik. Strategi/program yang sudah di jalankan yaitu: 1). Penguatan kelas leadersip, 2). Perawatan komitmen malalui pengembangan hubungan, 3). Keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, 4). Peningkatan komunikasi, 5). Penghargaan dan pengakuan, 6). Budaya kerja yang positif. Pada penelitian selanjutnya dapat memperluas kajian pada pengembangan model/strategi kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar peserta didik dan melakukan evaluasi efektivitas strategi kepala sekolah yang sudah diterapkan.

Kata Kunci: Employee Engagement, Education Management Strategi, Leadership, Employee Performance

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Prasetya, S. A., & Istanto, I. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Mempengaruhi Employe Engagement terhadap Kinerja Pendidik di SMP Muhamadiyah 10 Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 656-663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1547
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 128 times
PDF downloaded: 49 times

Referensi

Adil, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (Issue January). Get Press Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Moh-Rohman3/publication/377329440_Metode_Penelitian_Kuantitatif_Dan_Kualitatif_Teori_Dan_Praktik_Get_Press_Indonesia.

Alfrida Retnodiani, A., & Hartono, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Work Engagement. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 717–732. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.3412

Baharuddin, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru, Lingkungan Kerja, Motivasi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Pengelolaan Sd Negeri Di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Kewira Usahaan, 10(4), 339–354. https://doi.org/https://doi.org/10.37476/jbk.v10i4.3167

Betawi, I. Z., Hamzah, & Sukman, S. (2024). Pengaruh Kinerja Kepemimpinan Dan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan Manajemen Kinerja Sebagai Variabel Mediasi Di. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 7330–7338. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5444

Dianarini, L., Sunaryo, W., & Wulandari, D. (2022). Peningkatan Employee Engagement Melalui Penguatan Kepemimpinan Melayani Dan Kepribadian. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 055–060. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5066

Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru. Jurnal On Teacher Education, 4, 1065–1077. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9297

Elly, Y., & Soraya, J. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 278–287. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32814

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Hermawan, A., Muhammadi, A. M., & Gozali, A. F. (2023). Optimasi Peningkatan Engagement Guru Melalui Penguatan Efikasi Diri, Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. Jurnal Syntax Admiration, 4(10), 2104–2117. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i10.943

Imama, T. B. A. Al, Farida Wulandari, & Herfina. (2022). Implementasi Total Quality Management Sebagai Usaha Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Pondok. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(01), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5065

Julaeha, S., Entang, M., & . H. (2020). Peningkatan Kepuasan Kerja Guru Dengan Cara Penguatan Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 99–104. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i2.2764

Kusumah, D. A., Hidayat, N., & Setyaningsih, S. (2021). Peningkatan Teacher Engagement Melalui Penguatan Kepemimpinan Otentik Dan Keseimbangan Kehidupan Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 38–44. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3366

Luh, N., Astuti, P., Putu, N., & Harta, S. (2016). Pengaruh Work Engagement Pada Kinerja Transformasional Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(5), 4057–4082. https://media.neliti.com/media/publications/7437-ID-pengaruh-motivasi-dan-kompetensi-tenaga-kesehatan-terhadap-kinerja-pusat-kesehat.pdf

Manalu, J. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dan Employee Engagement terhadap Kinerja Guru SMA XYZ Palembang. Journal on Education, 05(03), 5754–5765. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i3

Noor, H. F. (2021). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Semangat Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 8(1), 1–11.

Oktaviani, D. A., Dudija, N., & Sagala, E. J. (2020). Pengaruh Employee Engagement Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di Smk Nurul Islam Brebes. EProceedings of Management, 7(3), 5465–5473. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13771

Rais, S. (2023). Penguatan Kepemimpinan Transformasional Dan Keterlibatan Kerja Untuk Peningkatan Kreativitas Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.6949

Ramadhan, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v14i1.20146

Sasmita, S. K., & Prastini, E. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.61476/167tvg21

Setyaningsih, S., & Suchyadi, Y. (2021). Implementation of Principal Academic Supervision To Improve Teacher Performance in North Bogor. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 5(2), 179–183. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3909

Simamora, P., Sudiarditha, I. K., & Yohana, C. (2019). The Effect of Servant Leadership on Employee Performance with Employee Engagement and Organizational Citizenship Behavior (OCB) As A Mediation Variable in Mandiri Inhealthth. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 2(3), 13–25. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v2i3.36

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. In S. C. Setiana (Ed.), Sekolah Tinggi Theologia Jaffary. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GkP2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA37&dq=Wijaya,+Hengki,+Umrati.+2020.+Analisis+Data+Kualitatif.+Makasar:+Sekolah+Tinggi+Theologia+Jaffray&ots=yNxo5t31-I&sig=AdGFvr_yW5sQ-eRyJMYKGUnTXhI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false