Korelasi Kompetensi Kepribadian terhadap Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia di SMA Kota Pekanbaru
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian terhadap penilaian autentik di SMA Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu berjumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengambilan data terhadap guru-guru bahasa Indonesia yang ada di SMA Kota Pekanbaru dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memberikan angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang penilaian autentik dan kompetensi kepribadian. Data yang telah terkumpul kemudian di input dalam bentuk skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara kompetensi kepribadian terhadap penilaian autentik menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kompetensi kepribadian dengan penilaian autentik guru bahasa Indonesia. Guru yang memiliki kepribadian yang baik dan bijaksana dapat dengan professional melakukan penilaian-penilaian terhadap siswanya di sekolah tanpa membeda-bedakan agama, budaya, dan suku bangsa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap penilaian autentik guru bahasa Indonesia.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Amay Lanjar Wulandari, Desi Sukenti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

