Korelasi Kompetensi Kepribadian terhadap Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia di SMA Kota Pekanbaru

  • Amay Lanjar Wulandari Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian terhadap penilaian autentik di SMA Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu berjumlah 50 responden.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengambilan data terhadap guru-guru bahasa Indonesia yang ada di SMA Kota Pekanbaru dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memberikan angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang penilaian autentik dan kompetensi kepribadian. Data yang telah terkumpul kemudian di input dalam bentuk skala likert.  Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara kompetensi kepribadian terhadap penilaian autentik menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kompetensi kepribadian dengan penilaian autentik guru bahasa Indonesia. Guru yang memiliki kepribadian yang baik dan bijaksana dapat dengan professional melakukan penilaian-penilaian terhadap siswanya di sekolah tanpa membeda-bedakan agama, budaya, dan suku bangsa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap penilaian autentik guru bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Penilaian Autentik, Guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-03
Bagaimana cara mengutip:
Wulandari, A. L., & Sukenti, D. (2024). Korelasi Kompetensi Kepribadian terhadap Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia di SMA Kota Pekanbaru . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 528-533. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1542
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 95 times
PDF downloaded: 48 times

Referensi

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Barokah, M. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 94–100. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41165

Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831

Divanda, A. D., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2019). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gemolong). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37659

Hidayat, A. (2023). Kemampuan Siswa Menulis teks Eksposisi Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Sri Indrapura. Universitas Islam Riau.

Hidayat, W., & Andriani, A. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 88–95. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24922

Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.47076/jkpis.v3i1.36

Ijarmana, F., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1050–1059. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1366

Majid, A. (2015). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya.

Misniaty, W., & Baisa Hidayah. (2020). Studi Korelasi Religiusitas terhadap Adab Siswa di MAN 1 Kabupaten Bogor. 306–316. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15994

Neliwati, N., Hidayah, T., Nasution, M. M., & Hasibuan, N. A. (2023). Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Alwashliyah Tanjung Mulia Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2383–2387. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1833

Nurfidah, Rostati, & Yani, M. (2022). Penerapan Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Proyek Di Sma, Smk, Dan Ma Di Kecamatan Wera. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2790–2798. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3969

Saidir Amir, A. (2019). 4 Kompetensi Guru Profesional. Deepublish.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA.

Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Mudah, dan Praktis. Pustaka Baru Press.

Supardi. (2021). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Rajawali Pers.

Wulandari, K., & Prihatiningtyas, S. (2022). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Fisika Di Smk Negeri 1 Purwoasri. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 41–46. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2356