Islamic Religious Education Curriculum Organization
Abstrak
Organisasi kurikulum memiliki peran penting dalam mengatur proses pembelajaran, sehingga pemahaman yang mendalam tentangnya memudahkan pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih jauh organisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), termasuk bentuk-bentuknya, kelebihan dan kekurangan, prinsip-prinsip utama, faktor-faktor yang perlu diperhatikan, serta prosedur pengorganisasiannya. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk organisasi kurikulum PAI yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan lembaga pendidikan Islam, yaitu: kurikulum mata pelajaran terpisah (separated subject curriculum), kurikulum berkorelasi (correlated curriculum), kurikulum satu kesatuan (broad fields curriculum), dan kurikulum terpadu (integrated curriculum). Prinsip utama yang harus diperhatikan meliputi integrasi, keseimbangan, kebebasan, persamaan, keberlanjutan, dan kemaslahatan. Faktor penting dalam pengorganisasian kurikulum PAI mencakup ruang lingkup, urutan, kontinuitas, keseimbangan, dan integrasi. Adapun prosedur yang perlu diperhatikan meliputi enam pendekatan: reorganisasi berdasarkan sumber belajar, tambal sulam, analisis kegiatan, survei pendapat, fungsi dan peran sosial, serta minat dan kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk meningkatkan efektivitas kurikulum PAI di lembaga pendidikan Islam.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Muh. Luqmanul Hakim, Muh. Asharif Suleman, Zulfi Idayanti, M. Muhlis, Trianita Nurhadiningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

