Sega Selametan sebagai Upaya Menggiatkan Literasi Menulis Warga Sekolah

  • Eko Mulyadi SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Latar belakang penulisan karya ini adalah adanya temuan buku antologi Tahun 2021 berjudul: Smapta berkarya untuk Indonesia, hasil tulisan antologi guru, karyawan, tenaga outsourching yakni sekuriti dan cleaning service. Urgensi buku ini adalah upaya menggiatkan dan kesadaran warga sekolah dalam budaya literasi menulis pengalaman terbaiknya di dunia pendidikan, namun masih perlu diperbaiki dan disempurnakan dalam beberapa aspek. Tujuan penulisan karya ini adalah mengajak warga sekolah dengan menulis praktik baik, mengetahui angka partisipasi warga sekolah dalam menulis pengalamannya, mewujudkan buku antologi ber ISBN, dan membranding sekolah dengan branding The Literacy School of Yogyakarta. Aksi yang dilakukan adalah mengeluarkan surat edaran dengan mengajak warga sekolah: siswa, orang tua, guru, karyawan dan tenaga outsourching serta pihak kantin untuk menuliskan pengalaman terbaiknya, mengadakan workshop literasi dengan akademisi, praktisi dan pengelola perpustakaan sekolah SMA/SMK sekitar Kulon Progo, mengkurasi hasil tulisan esai best practice, melaunching buku antologi, mengadakan pameran buku, puncaknya branding sekolah The Literacy School of Yogyakarta. Hasil yang diperoleh dalam inovasi ini adalah setelah melakukan orientasi mobilitas yakni warga sekolah menulis pengalaman terbaiknya, angka partisipasi siswa, orang tua, guru, karyawan, sekuriti, cleaning service dan pelayan kantin sebesar 57,69% dari target, buku antologi BerISBN No. 978-623-8526-95-6  terwujud dengan judul Jejak Langkah : Kisah-Kisah Inspiratif Dalam Harapan dan Aksi, dan Sekolah terbranding The Literacy school of Yogyakarta.

Kata Kunci: semangat warga sekolah, branding sekolah, The literacy school of Yogyakarta, buku antologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-25
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E. (2024). Sega Selametan sebagai Upaya Menggiatkan Literasi Menulis Warga Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 327-332. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1540
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 297 times
PDF downloaded: 259 times

Referensi

____. (2024). https://www.krjogja.com/sekolah/1245047092/sman-1-pengasih-kukuhkan-diri-sebagai-the-literacy-school-of-yogyakarta

____. (2024). Jejak-Jejak Perubahan Negeri #1 s.d. #23, Festival Literasi Kulon Progo.

Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Kemendikbudristek. (2024). Rapor Pendidikan 2024. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

Mulyadi, Eko (2022). Pengembangan Budaya Literasi di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Penerbit ABC.

Rahmawati, D. (2021). Faktor Penghambat Literasi di Sekolah Dasar: Kajian Terhadap Minat dan Keterampilan Menulis. Yogyakarta: Media Edukasi

Rifa’i, M. (2020). Literasi Menulis: Teori dan Praktik di Sekolah. Jakarta: Penerbit XYZ.

Sari, D. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Peningkatan Literasi Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), 45-58.

Soemarto, S. (2009). Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Pendidikan Indonesia

Suprihatin dkk. (2024). Jejak Langkah : Kisah-Kisah Inspiratif Dalam Harapan Dan Aksi. Yogyakarta: Kaizen.

Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan dan Demokrasi. Yogyakarta: Penerbit Gajah Mada University Press.

UNESCO (1985). Prinsip-Prinsip Partisipasi dalam Pendidikan. Paris: UNESCO

Vipti dkk. (2021). SMAPTA berkarya untuk Indonesia: Antologi Best Practice guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Pengasih. Yogyakarta: SMAN 1 Pengasih.