Enhancing Student Creativity in Applied Physics through RO Filter and Heating Filament Learning Media Development
Abstrak
Mata kuliah fisika terapan menuntut mahasiswa untuk menghasilkan produk terapan. Secara teori, mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk menggunakan dan mengaplikasikan ilmu fisika dalam suatu produk fisika yang praktis. Akan tetapi, mahasiswa memiliki kreativitas yang rendah, sehingga hasil dan gagasan mahasiswa terbatas. Untuk itu diperlukan suatu media pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat pada situasi saat ini, dan media tersebut harus mampu mengubah dan meningkatkan kreativitas mahasiswa sehingga pada akhirnya juga meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Salah satu media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah filter RO yang dikombinasikan dengan filamen pemanas. Pengembangan filter RO ini didasari oleh permasalahan kualitas air minum di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Waktu penelitian pengembangan selama delapan bulan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika yang sedang memprogram mata kuliah fisika terapan. Perubahan yang diukur adalah nilai validasi pengembangan media pembelajaran dari responden ahli untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa yang diukur melalui angket kreativitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media ini telah berhasil meningkatkan kreativitas mahasiswa. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran inovatif ini tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap fisika terapan, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap kualitas air minum di masyarakat.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Muhammad Zaky, Ketut Alit Adi Untara, Miftah Miftah, Ashari Ashari, Brian Muhammad Larate

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

