Pendidikan Humanis dalam Film Upin Ipin Episode Lebaran Idul Fitri

  • Indah Novita Sary Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Asnawi Asnawi Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan humanis adalah pemahaman manusia terhadap lingkungan dan diri sendiri, suatu sistem manusia yang unik, otonom, dan kreatif, menentukan perilaku setiap orang. Salah satu cara penerapan gagasan pendidikan humanis adalah melalui penggunaan film animasi, salah satunya adalah film animasi Upin Ipin episode Lebaran Idul Fitri. Film animasi Upin Ipin menunjukkan betapa multikultural yang damai, film tersebut memperlihatkan bagaimana masyarakat multikultural dapat hidup berdampingan dengan bahagia meski berasal dari asal budaya yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan humanis yang terdapat dalam film Upin dan Ipin episode Riang Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah film Upin Ipin episode Lebaran Idul Fitri yang terdapat di Youtobe. Teknik pengumpulan data adalah dengan simak, rekam, dan catat. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film animasi Upin Ipin episode Riang Raya, Raya Penuh Makna dan Ragam Raya terdapat nilai-nilai pendidikan humanisme yaitu demokrasi, pluralis, kemanusiaan, religius, kebebasan, toleransi, dan keadilan. Film Upin Ipin bisa dijadikan sebagai media pengajaran tentang pendidikan humanis.

Kata Kunci: pendidikan humanisme, film, pendidikan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Sary, I. N., & Asnawi, A. (2024). Pendidikan Humanis dalam Film Upin Ipin Episode Lebaran Idul Fitri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 649-655. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1533
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 241 times
PDF downloaded: 63 times

Referensi

Abdullah, A., & DS, N. D. N. (2021). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 76-94. DOI:10.33096/jiir.v17i2.84

Ahmad R. (2013). Paradigma Pendidikan Humanismenuju Model pendidikan Membebaskan. Jember: Stain Press.

Arifi, Q. (2017). Humanistic Approach in Teaching Foreign Language (from the Teacher Perspective). European Scientific Journal. Prishtina 13(35), 194-20. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n35p194

Aung, Y. M. (2020). Humanism and education. International Journal of Advanced Research in Science, Engineering and Technology, 7(5), 13555-13561. https://www.researchgate.net/publication/342521660_Humanism_and_Education.

Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media.

Datungsolang, R. (2018). Konsep pendidikan pembebasan dalam perspektif Islam (studi pemikiran Paulo Freire). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 49-77. DOI: 10.30603/jiaj.v3i1.686

Furqon-Nim, A. L. I. (2010). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Lagu-Lagu Pop Religi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Hamidy, Rasyid dan Edi Yusrianto. 2003. Metode Penelitian : Disipilin Ilmu-ilmu Sosial dan Sosial (cetakan 3). Pekanbaru: Bilik Kreatif Press.

Hernanda, E., & Kristanty, S. (2020). Nilai–Nilai Humanisme Dalam Film Green Book. Jurnal Pantarei, 4(03).

Huitt, W. (2009). Humanism and open education. Educational psychology interactive. http://www.edpsycinteractive.org/topics/affect/humed.html

Idris, M. (2014). Konsep Pendidikan humanis dalam pengembangan pendidikan Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 38(2), 417-434. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v38i2.101

Idris, S., & Tabrani, Z. A. (2017). Realitas konsep pendidikan humanisme dalam konteks pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (1), 96-113. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Kurniawan, M. R. (2017). “Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik”. Jurnal Inovasi Pembelajaran FKIF Universitas Ahmad Dahlan, 3(1), 491-506. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319

Lee, H. Y. (2020). Linguistic politeness in the Chinese language and culture. Theory and Practice in Language Studies, 10(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.17507/tpls.1001.01

Muali, H. C. (2017, December). Humanism Education: Affective Consideration in Character Education Conception. In ICEISC: International Conference on Education and Islamic Culture. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/iceisc/article/viewFile/90/75

Sari, S. I. (2017). Implementasi nilai-nilai humanis dalam pembelajaran ips kelas vii dan viii di smp budi mulia dua yogyakarta. Social studies, 2(3), 213-225. https://journal.student.uny.ac.id/social-studies/article/view/12721

Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (2019). Pendidikan Humanistik dalam Perspektif Al-Qur'an. Alim, 1(1), 21-46. DOI:10.53038/alashriyyah.v7i01.140

Yulianti R. 2022. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Upin dan Ipin Sebagai Media Pembelajaran. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno. Bengkulu.