Optimizing Differentiated Learning for Independence and Critical Thinking in Fifth Grade Student
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap peningkatan kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA khususnya topik cahaya di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang dilakukan terhadap seluruh populasi siswa kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol pada lima aspek kemandirian belajar: inisiatif, percaya diri, tanggung jawab, pemecahan masalah, dan pengendalian diri. Selain itu, hasil uji t independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai signifikansi pretest dan posttest masing-masing sebesar 0,000 dan 0,009 menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik cahaya di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nurlaela Nurlaela, Purnama Ningsih, Supriyatman Supriyatman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

