Optimizing Differentiated Learning for Independence and Critical Thinking in Fifth Grade Student

  • Nurlaela Nurlaela Tadulako University, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Purnama Ningsih Tadulako University, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Supriyatman Supriyatman Tadulako University, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap peningkatan kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA khususnya topik cahaya di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang dilakukan terhadap seluruh populasi siswa kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol pada lima aspek kemandirian belajar: inisiatif, percaya diri, tanggung jawab, pemecahan masalah, dan pengendalian diri. Selain itu, hasil uji t independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai signifikansi pretest dan posttest masing-masing sebesar 0,000 dan 0,009 menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik cahaya di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya.

Kata Kunci: Pembelajaran Diferensiasi, Kemandirian, Berpikir Kritis, Siswa Kelas V

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-03
Bagaimana cara mengutip:
Nurlaela, N., Ningsih, P., & Supriyatman, S. (2024). Optimizing Differentiated Learning for Independence and Critical Thinking in Fifth Grade Student. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 521-527. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1527
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 104 times
PDF (English) downloaded: 53 times

Referensi

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal biologi dan pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan orang tua dalam penerapan nilai-nilai luhur pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-8.

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas IX Smpit Khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.

Ennis. (1996). Critical Thingking. New York: Prentice Hall. Inc.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.

Kurniasih, D. N. (2018). Peningkatan kedisiplinan siswa melalui pembuatan peraturan kelas secara kooperatif pada siswa kelas V SD Negeri Beji, Wates, Kulon Progo. Basic Education, 7(29), 2-822.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dan think pair share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap kemandirian dan hasil belajar rancang bangun jaringan. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(2), 80-85.

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis nilai karakter dalam kearifan lokal pada perspektif pendidikan global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936-2941.

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1-7.

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan model problem based leaning berbasis berdiferensiasi berdasarakan gaya belajar peserta didik pada pelajaran biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Nasution, A. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47-63.

Safitri, A. I., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Bojonegara pada materi aljabar. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 21-28.

Sharma, U., & Sahu, S. (2013). Differentiated Instruction: A Strategy to Enhance Critical Thinking Skills in Students. International Journal of Research in Education and Science, 1(1), 23-28.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suja, I. W. (2023). Keterampilan proses sains dan instrumen. PT. RajaGrafindo Persada-RajaGrafindo Persada.

Sumargono, S., Basri, M., Istiqomah, I., & Triaristina, A. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3),141-149.

Syibli, M. A. (2018). Profil kemandirian belajar siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 47-54.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126