Penugasan Pembuatan Tik Tok untuk Mencapai Kompetensi Menafsirkan Instruksi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

  • Sri Moerni SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penulisan best practice ini memiliki tujuan: 1) Siswa dapat menerapkan instruksi dalam bahasa Perancis bagi siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2019-2020 dengan lafal, intonasi dan sikap yang benar. 2) Dapat diketahui langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan strategi pembuatan Tik Tok video pendek yang berisi tentang pemberian instruksi untuk tetap tinggal di rumah selama pandemi Covid-19.  Instruksi yang disampaikan dalam video Tik Tok berkaitan dengan sosialisasi salah satu protokol Covid-19, yakni tetap tinggal di rumah, demi meminimalkan penularan virus Corona. Dengan pembuatan video Tik Tok yang sangat digemari anak-anak milenial dan meluasnya penggunaan media sosial, momentum ini harus dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pembelajaran online. Pembelajaran inidilakukan secara mandiri dan kolegial, Dalam penilaiannya, penekanaan pada ketepatan lafal, intonasi dan sikapi. Berdasarkan  analisis penilaian, diperoleh rata-rata nilai siswa 87,80. Sebanyak 82,14% siswa dapat melafalkan kalimat imperatif dengan benar, 94,05% siswa dapat menggunakan intonasi  dengan  benar, dan 92,86 % memiliki kepercayaan diri yang baik. Langkah-langkah pembuatan video Tik Tok ini dapat diketahui dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil. Dalam menyelesaikan tugas, siswa melakukan secara individu dan menggabungkannya dalam kelompok besar, sehingga menjadi satu karya yang merepresentasikan produk kelompok,  kolaborasi antar siswa di kelas dapat terlihat secara jelas. Dengan pembuatan video Tik Tok terjadi peningkatan kompetensi dalam menafsirkan instruksi melalui pembelajaran online.

Kata Kunci: Tik Tok, menafsirkan instruksi, pembelajaran jarak jauh

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Moerni, S. (2021). Penugasan Pembuatan Tik Tok untuk Mencapai Kompetensi Menafsirkan Instruksi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 11-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.152
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 824 times
PDF downloaded: 650 times

Referensi

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Berger, C. (2018). Passe Passe Guide Pedagogique et ressource Pour La Classe. Paris: Didier francais langue Etrangere.

Butzbach, M. (2015). Decibel. Paris: Didier Francais Langue Etrangere.

Daniati, N. T. (2020). Reference Video As 3D Animation Learning Solutions in Covid-19 Pandemics. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128

Marharjono. (2020). Benefits of Learning History Using Google Classroom at The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56-63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendikbud, 3. (2018). Kompetensi Dasar. Jakarta.

Rusmawati, Roosi,dkk. (2020). Pola dan Latihan Konjugasi Tasrif Verba Bahasa Perancis untuk Pemelajar. Malang: UB Press.

Samani, M. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.

Tagliante, C. (1994). La Classe de Langue. Paris: CLE International.

Warni, N. L. (2020). Daya Tarik Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Online. jurnal undhirabali ac.id.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Sintesa.