Pedagogik Futuristik: Paradigma Baru Pendidikan dalam Membangun Generasi Emas Indonesia 2045

  • Agam Aris Munandar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan merupakan faktor kunci dalam membentuk masa depan suatu bangsa, khususnya dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 yang unggul dan berdaya saing global. Paradigma pendidikan konvensional dinilai kurang mampu mengakomodasi kebutuhan zaman yang semakin kompleks, sehingga diperlukan pendekatan baru yang lebih adaptif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penerapan Pedagogik Futuristik sebagai paradigma pendidikan yang mampu membekali peserta didik dengan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan menganalisis berbagai literatur terkait konsep Pedagogik Futuristik serta implementasinya dalam sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pedagogik Futuristik menekankan integrasi teknologi, pembelajaran berbasis proyek, serta pendekatan yang lebih kolaboratif dan inklusif guna meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masa depan. Penerapan paradigma ini menuntut dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, pendidik, dan masyarakat, agar dapat terimplementasi secara efektif. Dengan demikian, Pedagogik Futuristik bukan hanya sekadar konsep teoritis, tetapi menjadi kebutuhan mendesak dalam membangun generasi yang inovatif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan global, sehingga dapat mewujudkan visi Generasi Emas Indonesia 2045.

Kata Kunci: Pedagogik Futuristik, Paradigma Baru Pendidikan, Generasi Emas 2045

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Munandar, A. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Pedagogik Futuristik: Paradigma Baru Pendidikan dalam Membangun Generasi Emas Indonesia 2045. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1408-1416. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1519
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 892 times
PDF downloaded: 482 times

Referensi

Barajas, M., & Owen, M. (2000). Implementing virtual learning environments: Looking for holistic approach. Journal of Educational Technology & Society, 3(3).

Boichuk, Y., & Boiarska-Khomenko, A. (2022). Innovations In General Pedagogical Training Of Future Teachers. Pedagogical Education: Theory and Practice. Psychology. Pedagogy.

Cakula, S., & Majore, G. (2019). Future Generation Education Technological Model. In 2019 Ninth International Conference on Intelligent Computing and Information Systems (ICICIS) (pp. 371–376). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICICIS46948.2019.9014759

Egistiani, S. (2022). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152.

Fauzi, A., & Rosadi, K. I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Paradigma Berpikir Kesisteman Dalam Pendidikan Islam: Globalisasi, Manajemen Lembaga Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 2(2), 183–197.

Gandolfo, A. (1998). Brave New World? The Challenge Of Technology To Time-Honored Pedagogies And Traditional Structures. New Directions for Teaching and Learning, 1998(76), 23–38. https://doi.org/10.1002/tl.7603

Gannon-Leary, P., Bent, M., & Webb, J. (2007). Researchers And Their Information Needs: A Literature Review. New Review of Academic Librarianship, 13(1–2), 51–69. https://doi.org/10.1080/13614530701746817

Gerlic, I. (2010). Challenges Of Advanced Technologies And School Of The Future.

Gómez-Luna, E., Fernando-Navas, D., Aponte-Mayor, G., & Betancourt-Buitrago, L. A. (2014). Literature Review Methodology For Scientific And Information Management, Through Its Structuring And Systematization. Dyna, 81(187), 158–163.

Granados, J. (2011). The Challenges Of Higher Education In The 21st Century. GUNi Articles.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review Is A Part Of Research. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 1(3), 64–71.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170–178.

Herlambang, Y. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T., & Abidin, Y. (2023). Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse: Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1630–1640.

Hunt, N. P. (1997). Using Technology To Prepare Teachers For The Twenty‐First Century. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 25(3), 345–350. https://doi.org/10.1080/1359866970250310

Tucker, S. Y. (2014). Transforming Pedagogies: Integrating 21st Century Skills And Web 2.0 Technology. The Turkish Online Journal of Distance Education, 15(1), 166–173.

Karsenti, T. (2019). Artificial Intelligence In Education: The Urgent Need To Prepare Teachers For Tomorrow’s Schools. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3413870

Khairnar, C. M. (2015). Advance Pedagogy: Innovative Methods Of Teaching And Learning. International Journal of Information and Education Technology, 5(11), 869–872. https://doi.org/10.7763/IJIET.2015.V5.623

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Madhakomala, R., Ramadhan, M. F., Fourdiana, R., & Pariz, Q. D. (2022). Pendekatan Transdisiplinaritas Iptek, Agama, Dan Paradigma Baru Dalam Pedagogik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5091–5097.

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges In 21st Century And Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research.

Naifeld, E., & Simon, E. (2017). Teaching Students’ Understanding Of Innovative Pedagogy. European Scientific Journal, 13(7), 15–28.

Nurjannah, N. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844–6854.

Okogbaa, V. (2017). Preparing The Teacher To Meet The Challenges Of A Changing World. Journal of Education and Practice, 8(10), 81–86.

Oriji, A., & Nnadieze, G. C. (2023). Teachers’ Current Technological Challenges And Expectations For Futuristic Learning In A Knowledge-Based Economy. Global Academic Journal of Humanities and Social Sciences, 5(1).

Paulette, D., Donaldson, A., George, M. A., Knezek, D., Searson, M., Starkweather, K. N., Strutchens, M. E., Tillotson, J. W., & Robinson, S. P. (2012). Editorial: Preparing Teachers For Tomorrow’s Technologies. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 12(1), 1–5.

Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial Intelligence In Education: Challenges And Opportunities For Sustainable Development. UNESCO.

Power, C. N. (2000). Global Trends In Education. International Education Journal, 1(3), 152–163.

Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 Dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Ramaley, J. A. (2013). The Changing Role That Education Plays. The Journal of General Education, 62(2–3), 144–159.

Rati, N. W., & Astawan, I. G. (2022). Bagaimana Proyek Dapat Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SD?. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3), 534–541.

Saragih, F. E., Novianna, K., Nababan, D. K. T., Utami, N. S., & Yunita, S. (2023). Penelitian Tentang Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa Dan Karakter Pada TK Raden Ajeng Kartini. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidisciplinary, 1(2), 432–436.

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1).

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11–14.

Schumann, C., Reuther, K., Tittmann, C., Clauss, A., & Kauper, J. (2020). Impact Of AI Application On Digital Education Focused On STE(A)M. EDEN Conference Proceedings.

Senge, P. M. (2014). Creating The Schools Of The Future: Education For A Sustainable Society. In R. Costanza & I. Kubiszewski (Eds.), Creating a sustainable and desirable future: Insights from 45 global thought leaders (pp. 321–329). World Scientific.

Steen, G. (1991). The Empirical Study Of Literary Reading: Methods Of Data Collection. Poetics, 20(5–6), 559–575.

Tay, L. Y., & Lim, C. P. (2013). Creating Holistic Technology-Enhanced Learning Experiences: Tales From A Future School In Singapore.

Thorpe, M. (2012). Educational Technology: Does Pedagogy Still Matter? Educational Technology, 52(2), 10–14.

Traver, J. A., Moliner, O., Llopis, E., & Candela, I. (2012). Preparing The Future Of Schooling: Attitudes Of Teacher Education Students Towards Educational Innovation. In Preparation, practice, and politics of teachers (pp. 17–30). Brill.

Utina, S. S., Arsyad, L., Pratiwi, W. D., Manahung, R., & Wantu, H. M. (2023). Challenges And Opportunities For Children's Education In The Era Of Globalization. International Journal of Social Science and Human Research.

Vásquez, O. A. (2006). A Pedagogy Of The Future. Pedagogies: An International Journal, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.1207/s15544818ped0101_5

Widiawati, W., Sarifah, I., & Nurjannah, N. (2023). Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 223–230.

Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022). Rancang Bangun Media Bahan Ajar Digital Berbasis Multimodalality Dalam Pendekatan Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1136–1149.

Zufiyardi, Z., Chandra, B. T., Susanti, E., Mangesa, R., & Sanulita, H. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Dan Keagamaan Dalam Rangka Menyiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(3), 253–259.