Reinterpretasi Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis

  • Gantina Gantina Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai fondasi utama dalam mengembangkan kualitas individu. Pandangan Ki Hajar Dewantara memunculkan konsep pendidikan yang komprehensif dan terintegrasi meliputi berbagai aspek, seperti aspek kecerdasan, emosional, fisiki, estetika, sosial serta spiritual. Tujuan penelitian ini yakni mengkaji serta menguraikan gagasan pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam kaitan pendidikan masa kini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Literatur dengan menelaah berbagai sumber litetur yang relevan. Hasil penelitian menyatakan bahwa konsep pendidikan perspektif Dewantara seharusnya berpusat pada peserta didik, menekankan kebebasan dalam belajar, serta didasarkan pada nilai moral maupun kebudayaan lokal. Selain itu, Dewantara menekankan pentingnya pendidikan karakter dan pemberdayaan individu agar dapat meraih potensi terbaiknya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pandangan Dewantara memberikan dasar filosofis yang kokoh bagi sistem pendidikan yang bersifat inklusif, berorientasi pada nilai, serta didasarkan pada kesejahteraan individu maupun masyarakat. Perspektif ini tetap relevan dalam menghadapi tantangan pendidikan pada era modern dengan menyeimbangkan aspek akademik dan pembentukan karakter serta moral. Kajian ini memberikan wawasan berharga dalam merancang kebijakan pendidikan yang lebih komprehensif dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan.

Kata Kunci: Ki Hajar Dewantara, Filosofi Pendidikan, Perspektif Pedagogis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-11
Bagaimana cara mengutip:
Gantina, G., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Reinterpretasi Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1271-1277. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1518
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 16 times
PDF downloaded: 5 times

Referensi

Abbas, A., Marhamah, M., & Rifa’i, A. (2021). The building of character nation based on islamic religion education in school. Journal of Sosial Science, 2(2), 107-116

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Andika, N. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, UNUSIA).

Asnawan, A. (2020). Exploring Education Character Thought of Ki Hajar Dewantara and Thomas Lickona. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(4), 164-174.

Brown, J.K. (2008). Student-Centered Instruction: Involving Students in Their Own Education. Music Educators Journal, 94, 30 - 35.

Claramita, M. (2016). Revealing" Tut Wuri Handayani"-A student-centred learning approach-by Ki Hajar Dewantara from the early 20th century: a literature review. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(1), 1-14.

Crnkovic, I., Aleksic-Maslac, K., & Jerkovic, H. (2006). Holistic approach in education - filling the gap between different disciplines. 28th International Conference on Information Technology Interfaces, 2006., 35-40.

Darmawan, I. P. A. and Sujoko, E. (2019). Understanding ki hadjar dewantara’s educational philosophy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(3), 65-68.

Fajaryati, D., Aunurrahman, A., Halida, H., & Darwin, D. (2023). Ki Hajar Dewantara's Philosophy Of Holistic Education Concept: Education For Independent Learning. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2092-2101.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi konsep pendidikan menurut ki hajar dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1637.

Firmansyah, E., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Konsep pendidikan ki hajar dewantara dan relevansinya dengan pendidikan madrasah ibtidaiyah. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 144-161.

Hani, U. -. and Putro, K. Z. (2022). Peran pendidik anak usia dini dalam konsep pendidikan ki hajar dewantara. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 78.

Haryati, T., & Suciptaningsih, O.A. (2020). Character Values in the Teachings of Ki Hajar Dewantara. Proceedings of the 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019).

Herlambang, Y. T., & Abidin, Y. (2023). Pendidikan indonesia dalam menyongsong dunia metaverse: Telaah filosofis semesta digital dalam perspektif pedagogik futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1630-1640.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Hernawan, A. H., & Setiawan, D. (2020, March). The impact of science learning multiliteration model based on futuristic pedagogic approach to metacognition ability of basic school students. In International conference on elementary education (Vol. 2, No. 1, pp. 1620-1627).

Hudaya, S., & Supriyanto, A. (2020). Pendidikan humanistik holistik sebagai arah konsep pendidikan merdeka belajar di indonesia. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND" Jurnal Ekonomi dan Pendidikan", 1(1), 27-33.

Lathika, K. (2017). Student centred learning. SSRN.

Linnenluecke, M.K., Marrone, M., & Singh, A.K. (2019). Conducting systematic literature reviews and bibliometric analyses. Australian Journal of Management, 45, 175 - 194.

Maharani, F. & Soesanto, R. H. (2022). Among system from ki hajar dewantara’s teaching: building a responsive attitude of students in following online learning. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(1), 227.

Mahmoudi, S., Jafari, E.M., Nasrabadi, H.A., & Liaghatdar, M.J. (2012). Holistic Education: An Approach for 21 Century. International Education Studies, 5, 178-186.

Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172-181.

Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172-181.

Masitoh, S., Ardianingsih, F., & Roesminingsih, E. (2020). The Actualization of Ki Hajar Dewantara’s Character Values at the Center for Local Wisdom: Developing Educational Sciences at Unesa’s Faculty of Education.

Miller, R. (2000). Beyond reductionism: The emerging holistic paradigm in education. The Humanistic Psychologist, 28, 382-393.

Mulyoto, M. (2018). The Noble Values of Ki Hajar Dewantara's Teachings in Character Education.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi pendidikan: rasionalitas revitalisasi praksis pendidikan ki hadjar dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.

Muthoifin, M. Ki Hadjar Dewantara Educational Thought Perspective of Islamic Education. In International Conference on Teacher Training and Education. Sebelas Maret University.

Nanney, B. (2020). Student-Centered Learning. The SAGE Encyclopedia of Higher Education.

Nisa, A. F., & Prasetyo, Z. K. (2020, February). The Teachings of Ki Hadjar Dewantara in Improving the Character of Elementary School Students in the Revolution of Industry 4.0 Era. In International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019) (pp. 49-56). Atlantis Press.

Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46-55.

Novita, M., Nurohmah, A., Ma'arif, S., Nguyen, T. A. H., Kusumo, H., Marlina, D., … & Anwar, M. T. (2022). Analysis of disaster mitigation in ipas subject of high school phases under merdeka belajar concepts.

Pangestu, D. A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi merdeka belajar berdasarkan perspektif pendiri bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78-92.

Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putri, V. A. R. (2023, June). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1, pp. 156-159).

Rowley, J.E., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review. Management Research News, 27, 31-39.

Smith, V., Barr, R.D., & Burke, D.J. (1976). Alternatives in Education: Freedom to Choose.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat pendidikan ki hajar dewantara (tokoh timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal filsafat, 25(1), 56-74.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan ki hajar dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.

Towaf, S. M. (2017). The national heritage of ki hadjar dewantara in taman siswa about culture-based education and learning. KnE Social Sciences, 1(3), 455.

Wibowo, B. A., Utama, W. W. I., & Arwansyah, Y. B. (2022). The relevance of ki hadjar dewantara's ideas to character education in the 2013 indonesian curriculum. KnE Social Sciences.

Wright, G. (2011). Student-Centered Learning in Higher Education. The International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23, 92-97.

Zulfiati, H. M., Praheto, B. E., & Sudirman, A. (2021). The role of social capital in fostering character education in primary schools: ki hadjar dewantara’s perspectives. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 215-236.