Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Novel Totto Chan: The Little Girl At The Window Karya Tetsuko Kuroyanagi

  • Mulki Neli Zakana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Peran pemimpin di dalam sebuah organisasi memiliki peranan yang krusial. Dalam implementasinya untuk mewujudkan tujuan pendidikan dibutuhkan sebuah kerjasama oleh seluruh stakeholder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka dengan teknik pengumpulan data mengunakan dokumentasi berupa sumber data primer berupa karya sastra novel Totto Chan: The Little Girl At The Window dan sumber sekunder berupa literatur jurnal dan buku-buku yang relevan dengan pokok yang dibahas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis gaya kepemimpinan populer yang ada di sekolah dan untuk menganalisis lebih dalam gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam karya sastra novel tersebut. Adapun hasil dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti adalah, terdapat beberapa gaya kepemimpinan populer yang terdapat di sekolah yaitu: gaya kepemimpinan otokratis, demokratis, Laissez faire, manajerial, transformasional dan transaksional, sedangkan gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah dalam karya sastra novel tersebut menggunakan gaya kepemimpinan demokratis-transformasional. Urgensi dari penelitian ini adalah untuk menambah khazanah pengetahuan pembaca dalam mengetahui jenis-jenis gaya kepemimpinan dan juga menjadikan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Sosaku Kobayashi selaku kepala sekolah dalam novel tersebut sebagai inspirasi dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan atau sekolah.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Model Kepemimpinan, Kepala Sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Zakana, M. N., & Inayati, N. L. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Novel Totto Chan: The Little Girl At The Window Karya Tetsuko Kuroyanagi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 642-648. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1516
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 139 times
PDF downloaded: 81 times

Referensi

Priansa, D.J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Abd & Umiarso (2017). Kepemimpinan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Setiawan, B.A & Muhith, Abd. (2013). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Chatib, M. (2016). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Kaifa.

Muyasa H.E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Permeiswari, S. (2019). Learning from “Totto-chan: the Little Girl at the Window”: An Educational Perspective from Japanese Author. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2816

Zuryati, Djailani, & Usman, N. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sdn 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan , 3(2), 38–48.

Kartini, Ahmad, S., & Syaiful Eddy. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294.

Rochandhito, Hidayah, & Inayati, Nurul Latifatul. (2023). Inovasi Kreativitas Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Untuk Menjadi Sekolah Unggul. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran. 17.1, pp. 19–26, doi:10.26877/mpp.v17i1.14438

Wibowo, Agus Setyo, & Inayati, Nurul Latifatul. (2023). Leadership of the School Principal in Improving the Quality of Education at SMP Negeri 1 Tambak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 7.2 pp. 3297–3307, doi:10.33487/edumaspul.v7i2.6814

Setyowati, Hesti Dwi. (2021). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Kota Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.