Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Novel Totto Chan: The Little Girl At The Window Karya Tetsuko Kuroyanagi
Abstrak
Peran pemimpin di dalam sebuah organisasi memiliki peranan yang krusial. Dalam implementasinya untuk mewujudkan tujuan pendidikan dibutuhkan sebuah kerjasama oleh seluruh stakeholder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka dengan teknik pengumpulan data mengunakan dokumentasi berupa sumber data primer berupa karya sastra novel Totto Chan: The Little Girl At The Window dan sumber sekunder berupa literatur jurnal dan buku-buku yang relevan dengan pokok yang dibahas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis gaya kepemimpinan populer yang ada di sekolah dan untuk menganalisis lebih dalam gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam karya sastra novel tersebut. Adapun hasil dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti adalah, terdapat beberapa gaya kepemimpinan populer yang terdapat di sekolah yaitu: gaya kepemimpinan otokratis, demokratis, Laissez faire, manajerial, transformasional dan transaksional, sedangkan gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah dalam karya sastra novel tersebut menggunakan gaya kepemimpinan demokratis-transformasional. Urgensi dari penelitian ini adalah untuk menambah khazanah pengetahuan pembaca dalam mengetahui jenis-jenis gaya kepemimpinan dan juga menjadikan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Sosaku Kobayashi selaku kepala sekolah dalam novel tersebut sebagai inspirasi dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan atau sekolah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Mulki Neli Zakana, Nurul Latifatul Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

