Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model RADEC di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Mustika Rani Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat,  Indonesia
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tersebut bermula dari kekhawatiran terhadap buruknya hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 11 Marunggi Kota Pariaman. Permasalahan utama yang teridentifikasi adalah perencanaan pembelajaran pendidikan Pancasila yang belum memadai oleh para pendidik, rendahnya keterlibatan siswa, terbatasnya kemampuan membaca, dan terbatasnya sumber belajar. Penelitian difokuskan pada pendidik dan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan metode campuran digunakan, menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terjadi peningkatan yang signifikan pada penilaian modul terbuka, dengan rata-rata perolehan nilai pada siklus I sebesar 85,4% dan pada siklus II sebesar 95,8%. Kedua, keterlaksanaan pembelajaran oleh pendidik meningkat dari rata-rata skor 83,85% pada siklus I menjadi 92,8% pada siklus II, sedangkan student engagement juga meningkat dari rata-rata skor 82,1% pada siklus I menjadi 92,8% pada siklus II. Ketiga, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang luar biasa, dengan nilai rata-rata 79,4% pada siklus I dan 92,6% pada siklus II. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa model RADEC dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Pancasila siswa Kelas IV SD Negeri 11 Marunggi Kota Pariaman.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, RADEC

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Rani, M., & Reinita, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model RADEC di Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 610-618. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1512
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 205 times
PDF downloaded: 116 times

Referensi

Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972

Banafsa, A., & Madiun, U. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 02 Josenan. 3(1), 731–742.

Chairunnisa, C. C., Prihantini, & Sukardi, R. R. (2022). Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 151–156. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1819

Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Radec dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8319–8326.

Hidayani, M. (2018). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845

Ibrahim, H., Taher, D. M., & Haerullah, A. (2023). Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Islam Samargalila Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 308–315. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6984

Nasution, S. W. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nur, B, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379

Putra, A. I., Syafriani, A., Saputra, A., Permatasari, D., & Ningrum, E. D. (2024). Penerapan Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia pada Pendidikan Abad 21 Melalui Perwujudan Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila yang Berpihak pada Peserta Didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(2), 3716–3723.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal Of Moral and Civic Education, 4, 352. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10457

Reinita & Wahyuni, S. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jippsd, 4(1), 23–31.

Reinita, R., & Hidayat, M. T. (2019). Training of Learning Model of Listening Team Type for Elementary School Teachers of Tanjung Mutiara, Agam Regency. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 227. https://doi.org/10.29407/ja.v2i2.12327

Reinita, S, F., Fatihah, S. N., & Menia, A. (2017). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Di Kelas VI A Sdn 10 Sapiran Kota Bukittinggi.

Saodah, S. dkk. (2023). Upaya meningkatkan pemahaman peserta didik kelas iv materi gaya dengan rancangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(Volume 09 Nomor 01, Maret 2023), 560–571.

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Pendidik-Pendidik Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sutisna, M., Sucherman, U. U., Suandi, D., Sukatmi, S., & Kumalasari, S. (2022). Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 327–338. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1518

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(4), 2294–2304. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/119