Interpretasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Indonesia Miracle In Cell No.7

  • Yeni Aryani Ratuliu Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Media memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat. Banyak anak muda Indonesia yang masih kurang memiliki akhlak baik yang diakibatkan dari sistem pendidikan yang tidak terorganisir dengan baik, terutama di masa milenial. Film memiliki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat karena pesan dan informasi yang disampaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti film adaptasi Indonesia Miracle in Cell No. 7 guna mengetahui pelajaran pendidikan moral dan interpretasi nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang ada di film tersebut agar bisa diterapkan oleh siswa dan orang tua siswa. Sampel penelitian ini berasal dari berbagai sumber, termasuk buku, film, artikel, majalah, narasi sejarah, dan penelitian terdahulu; jenis pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan kualitatif. Penulis mengembangkan kesimpulan tentang penggambaran film tentang prinsip-prinsip pendidikan akhlak setelah mempelajari dan mendiskusikan film Miracle in Cell No. 7. Hasilnya, ajaran akhlak yang disampaikan dalam film ini antara lain berdoa, rendah hati dan bersyukur, saling menolong, setia kawan, jujur, adil, menunjukkan kasih sayang, dan menjalankan agama. Film Miracle in Cell No. 7 yang terdiri dari sepuluh scene ini memberikan pelajaran akhlak melalui pesan-pesannya. Film Miracle in Cell No. 7 mengandung indikasi yang menunjukkan pelajaran akhlak yang ingin disampaikan kepada penonton. Siswa dan orang tua mereka harus berusaha untuk mengikuti ajaran akhlak yang disajikan.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Film, Miracle in Cell No.7

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Ratuliu, Y. A., & Mustofa, T. A. (2024). Interpretasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Indonesia Miracle In Cell No.7. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 600-609. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1511
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 177 times
PDF downloaded: 108 times

Referensi

Agisfi, M. M., & Rabbil, R. (2023). Eksistensi Politik Dan Agama Dalam Film Miracle in Cell No. 7. Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.6734/argopuro.v1i2.527

Amadiah, D., Purba, D. E., Maharani, R., Yuhdi, A., & Puteri, A. (2024). Realitas Sosial Dalam Film Miracle In Cell No 7 Kajian Realisme Sosial Georg Lukacs. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 221–230. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.753

Ardiyansyah, M, A. M. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Miracle In Cell No.7 Dan Relevansiya Dengan Pendidikan Akhlak (Issue 7). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Banjarnahor, T. A., & Cindoswari, A. R. (2023). Analisis Semiotika Pesan Moral Dari Film Miracle in Cell No 7 “Versi Indonesia.” SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(5). https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i5.7893

Iriani, E. iriani. (2024). Interpretasi Moral Keagamaan Dalam Film Indonesia Miracle in Cell No 7 (Analisa Semanalisis-Intertektualitas Julia Kristeva). SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(2), 28–37. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.3600

Kanzunnudin, M., Isma, F., Ristiyani, Luthfa, N., & Mila, R. (2023). Representation of Social Values in the Film Miracle in Cell No . 7 by Hanung Bramantyo. ICCCM JOURNAL OF SOCIAL, 2(6), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.53797/icccmjssh.v2i6.9.2023

Katresna, A. D., Hendaryan, R., & Hidayatullah, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Miracle In Cell No.7 karya Hanung Bramantyo (Alternatif Media Pembelajaran Berdimensi Pendidikan Karakter). Jurnal Ilmiah: Diksa Trasia, 8(7). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15108

Lampi, Y. A. (2023). Konsep Keadilan dan Pesan Moral dalam Film Miracle In Cell No.7. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 24(2), 82–89. https://doi.org/10.33319/sos.v24i2.139

Nurhidayati, R. (2024). Relevansi nilai pendidikan islam dalam film miracle in cell no.7 karya hanung bramantyo terhadap dimensi profil pelajar pancasila (Issue 7).

Oktaviani, D. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Miracle In Cell No.7 (2022) Karya Hanung Bramantyo (Vol. 7, Issue 7).

Putri, A., & Bunyamin. (2024). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Pusat Menes. Attractive : Innovative Education Journal, vol 6 no 2(1), 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1306

Sulayani, N., Sitohang, L., Simbolon, L. O., & Tarigan, M. S. B. (2021). Moral Value and Character Education Found in Movie Miracle in Cell No 7. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 162–169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1753

Zahro, H. N., & Kunaenih. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Film Miracle In Cell No.7. Journal SYNTAX IDEA, 5(9), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i9.2532