Pola Hubungan Guru, Siswa, dan Orang Tua pada Model Wali Kelas Tetap di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong

  • Wulandari Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Model wali kelas tetap atau looping menunjukkan potensi untuk meningkatkan hubungan antara guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model wali kelas tetap dan dampaknya terhadap hubungan guru, siswa, dan orang tua di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan model fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model wali kelas tetap di SD Aisyiyah memiliki dampak positif. Adanya sistem ini wali kelas mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka, dan mendukung untuk belajar dan berkembang. Kedekatan yang baik antara wali kelas, siswa, dan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan akademik dan perkembangan emosional siswa. Model ini juga menghasilkan rasa kepercayaan, kenyamanan, dan kedekatan yang membuat siswa merasa lebih nyaman dalam belajar dan berinteraksi di sekolah. Model wali kelas tetap ini efektif dan bermanfaat dalam pendidikan di SD Aisyiyah dan mendapat dukungan yang positif dari orang tua siswa. Secara keseluruhan, model wali kelas tetap di SD Aisyiyah berhasil dalam membangun hubungan yang baik antara wali kelas, siswa, dan orang tua, yang secara konsisten dan berkelanjutan mendukung perkembangan akademik dan sosial anak-anak di sekolah tersebut.

Kata Kunci: Hubungan siswa, Hubungan orang tua, hubungan wali kelas, Model wali kelas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-28
Bagaimana cara mengutip:
Wulandari, W., & Zainuddin, A. (2024). Pola Hubungan Guru, Siswa, dan Orang Tua pada Model Wali Kelas Tetap di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 514-520. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1506
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 124 times
PDF downloaded: 60 times

Referensi

Astriani, Y., & Rosyidi, M. (2023). Hubungan Orang Tua dengan Wali Kelas dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 553–561. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4601

Dien. (2022, May 8). Ketika Harus Ganti Guru. Majalahstaccato.Com. https://majalahstaccato.com/ketika-harus-ganti-guru/

Findley, M. J., Gibbs, B. C., English, F., Scott, C., Papoi, K., & Morton, D. (2018). THE IMPACT OF LOOPING IN AN ELEMENTARY SCHOOL SETTING CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Carolina Digital Repository.

Grant, A. (2023). Give and Take Originals Option B Think Again.

Hegde, A. V, & Cassidy, D. J. (2004). Working with Families Teacher and Parent Perspectives on Looping.

Jim Grant and Irv Richardson. (2010, June 17). Proponents find much to like about the practice of keeping a teacher with the same students for two or more years. https://www.aasa.org/resources/resource/in-the-loop

Keke Naima. (2012, November 12). Wali Kelas. Https://Www.Kekenaima.Com. https://www.kekenaima.com/2012/11/wali-kelas.html

Menzies, L. (2023). Continuity and churn: understanding and responding to the impact of teacher turnover. In London Review of Education (Vol. 21, Issue 1). UCL IOE Press. https://doi.org/10.14324/LRE.21.1.20

Nichols, J. D., & Nichols, G. W. (2016). The Impact of Looping Classroom Environments on Parental Attitudes. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 47(1), 18–25. https://doi.org/10.1080/10459880309604424

Nisa’, R., Fatmawati, E., Al-Fattah, S., Lamongan, S., Pes, P., Siman, A.-F., & Lamongan, S. (2020). KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. https://doi.org/10.37850/ibtida

Nur, I., Jurusan, D., Sekolah, P. L., Susilo, H., Pendidikan, J., & Sekolah, L. (2020). KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN MAMBAUL ULUM. In J+PLUS UNESA (Vol. 9, Issue 2).

Redding, C., & Henry, G. T. (2019). Leaving School Early: An Examination of Novice Teachers’ Within- and End-of-Year Turnover. American Educational Research Journal, 56(1), 204–236. https://doi.org/10.3102/0002831218790542

Smith, K., & Robertson, R. (2021). What They Thought They Knew:Student-Instructor Relationships and Expectancy in Community College Classrooms. Community College Journal of Research and Practice, 45(12), 871–879. https://doi.org/10.1080/10668926.2020.1829178

Sulistyawati, S. S., & Mph. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif.

Tourigny, R., Plante, I., & Raby, C. (2020). Do students in a looping classroom get higher grades and report a better teacher-student relationship than those in a traditional setting? Educational Studies, 46(6), 744–759. https://doi.org/10.1080/03055698.2019.1663152

Umar Sidiq, Moh. M. C. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.

Wang, L., Wu, M., Shi, Y., Chen, Y., Loyalka, P., Chu, J., Kenny, K., & Rozelle, S. (2017). The Effect of Teacher Looping on Student Achievement: Evidence from Rural China.

Whiti Estari Negeri, A. S. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. In Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series (Vol. 3, Issue 3). https://jurnal.uns.ac.id/shes

Widya Agustin Ningrum, M. C. (2021). Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua dan Wali Kelas dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kegiatan Paguyuban (Vol. 1, Issue 1).

Zahroh, L. (2017). Pembelajaran Luar Kelas, Aplikasi Pembelajaran AKIK. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1244