Exploring Grammatical Structure: A Corpus Analysis on the Use of “To Be” in Vocational Students’ WhatsApp Group Conversations using AntConc

  • Muhammad Arba’in MA Al-Fathimiyah, Lamongan, Jawa Timur,  Indonesia
  • Itsna Millatul Himmayati SMP Pesantren Afaada, Boyolali, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Dwi Hastuti SMK N 3 Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Desi Nosita SD Tahfizhul Qur’an As Surkati, Salatiga, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Hanung Triyoko UIN Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas isu-isu yang berkaitan dengan penggunaan "to be" dalam percakapan tertulis yang tidak terstruktur di antara siswa SMK melalui platform grup WhatsApp. Fokusnya adalah analisis menggunakan AntConc untuk memahami pola percakapan yang melibatkan "to be". Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variasi kalimat dan kesalahan umum di antara siswa. Sumber datanya adalah korpus percakapan tertulis yang tidak terstruktur di antara siswa di platform grup WhatsApp. Analisis melibatkan penggunaan metode deskriptif dari penelitian linguistik korpus untuk memahami variasi kalimat dan mendeteksi kesalahan umum yang terkait dengan penggunaan "to be". Para siswa menggunakan "to be" dalam beberapa variasi struktur tata bahasa seperti kalimat nominal, kalimat pasif, bentuk progresif dan be going to. Namun, pengamatan juga mengungkapkan beberapa kesalahan seperti kelalaian, kesalahan urutan, dan formasi yang hilang. Temuan ini menunjukkan perlunya instruksi yang lebih mendalam mengenai penempatan kata kerja "to be" dalam kalimat. Ini akan mencakup wawasan tentang pola percakapan dan prevalensi kesalahan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya pelajaran yang lebih intensif bagi siswa. Rekomendasinya adalah bahwa guru harus memberikan pengajaran yang lebih intensif di bidang-bidang ini.

Kata Kunci: Struktur tata bahasa, Analisis korpus, siswa SMK, percakapan WhatsApp, AntConc

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Arba’in, M., Himmayati, I. M., Hastuti, D., Nosita, D., & Triyoko, H. (2025). Exploring Grammatical Structure: A Corpus Analysis on the Use of “To Be” in Vocational Students’ WhatsApp Group Conversations using AntConc. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 806-816. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1505
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 122 times
PDF (English) downloaded: 36 times

Referensi

Azhar, B. S. (1992). Fundamental of English Grammar. Longman.

Cahyati, N., Silvana Sinar, T., & Yusuf, M. (2021). Using AntConc Software in Analyzing Modality: Case Study in EFL Tertiary Students’ Hortatory Exposition Text in Indonesia. In LingPoet: Journal of Linguistics and Literary Research (Vol. 2, Issue 1). http://talenta.usu.ac.id/lingpoet

Duffley, P., & Morin, G. (2022). It’s been a while since I’ve been to church: The use of the Present Perfect after the conjunction since. Australian Journal of Linguistics, 42(2), 184–205. https://doi.org/10.1080/07268602.2022.2124844

Gu, W. (2020). The Use of Participles and Gerunds. ERIC - Education Resources Information Center. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED608205.pdf

Harahap, F. S. (2020). Students’ Errors on the Use of Simple Present in Writing Daily Activities. Journal Language League , X(2), 594–603.

Hasko, V. (2012). Qualitative Corpus Analysis. In The Encyclopedia of Applied Linguistics. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal0974

Hundt, M., & Smith, N. (2009). The present perfect in British and American English: Has there been any change, recently? ICAME Journal, 33.

Hussein, N. O. (2018). The Effect of Using Authentic Materials on Developing Undergraduate EFL Students’ Communicative Competence. https://www.researchgate.net/publication/336013535

Ibrohimova, M. B., & Valiyev, Q. O. (2019). The Role of the Verb “to be” in English. Мировая Наука, 4(25), 52–56. science-j.com

Ismi, I., Nurdin, N., & Kuliahana, A. (2021). Teaching Present Progressive Tense Through Whole Brain Method to the Eight Grade Students of SMP Negeri 2 Palu. Datokarama English Education Journal, 1, 44–55. https://doi.org/10.24239/dee.v1i2.17

Lee, C. E. C. (2023). WhatsApp Use in a Higher Education Learning Environment: Perspective of Students of a Malaysian Private University on Academic Performance and Team Effectiveness. Education Sciences, 13, 244. https://doi.org/10.3390/educsci13030244

Lubis, ainun, Humairo, A., Dwi Agustina, R., Sundari, S., Havilza Panjaitan, Y., & Manajemen Pendidikan, J. (2022). Analysis Of Student’s Errors In Writing Simple Present Tense At Eighth Grade EDU MANAGE. In Edu Manage-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam EDU MANAGE (Vol. 1, Issue 1). https://www.jurnal.staini.ac.id/index.php/edumanage

Malabar, F., & Mustapa, L. (2022). Analyzing students’ passive voice difficulties. Indonesian EFL Journal, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.25134/ieflj.v8i2.6439

Murphy, R. (2000). English Grammar in Use. Grammar reference.

Suryadi, S., Muhyidin, A., & Syafrizal, S. (2024). Using Discourse Markers to Enhance Students’ Speaking Skills. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1181–1186. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1002

Syafar, A. (2014). Teaching the Present Continuous Tense Through Short Dialogue. In Journal of English Language Teaching Society (ELTS (Vol. 2, Issue 1).

Voelkel, S., & Kretzschmar, F. (2021). Introducing Linguistic Research. In Introducing Linguistic Research. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316884485