Pengembangan E-LKPD Berbasis Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar

  • Wahyuni Saputri Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat,  Indonesia
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat,  Indonesia

Abstrak

Kemajuan teknologi yang pesat telah berkontribusi pada penurunan efektivitas pendidikan serta mengikis nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Canva dengan fokus pada materi nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas IV di Gugus 1 Kecamatan Padang Utara. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan penerapan model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. E-LKPD yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli dengan menggunakan angket sebagai instrumen validasi. Validasi ini melibatkan ahli dalam bidang media, materi, dan bahasa. Hasil dari validasi menunjukkan bahwa tingkat validitas yang diperoleh adalah 97,5% untuk aspek media, kategori sangat valid; 95% untuk aspek materi, kategori sangat valid; dan 80% untuk aspek bahasa, yang masih dalam kategori valid. Hasil akhir dari proses validasi ini menegaskan bahwa E-LKPD berbasis Canva sangat layak dan siap digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji coba di sekolah, respons guru menunjukkan persentase sebesar 92,5%, sementara respons peserta didik mencapai 89,8%, keduanya dalam kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang dilakukan di sekolah penelitian menunjukkan bahwa respons guru mencapai 97% dan respons siswa mencapai 93%, keduanya juga tergolong sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Canva ini sangat valid dan efektif untuk diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran di kelas IV SD.

Kata Kunci: E-LKPD, Canva, Model ADDIE, Problem Based Learning (PBL)

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Saputri, W., & Reinita, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 333-341. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1494
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 404 times
PDF downloaded: 321 times

Referensi

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan pengembangan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73.

Atmojo, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 1 PADOKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48–57.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.

Fauziah, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(02), 1–8.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, serta self-esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57.

Khansa, S. D., & Dewi, D. A. (2022). Generasi Milenial Sebagai Penerus Bangsa Dalam Perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1024–1031.

Novianti, D. I., Astawan, I. G., & Sukma Trisna, G. A. P. (2023). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Gaya Muatan Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5398–5411. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1099

Nurafriani, R. R., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 404–414.

Nureva. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Menggunakan Aplikasi Canva di Kelas IV Sekolah Dasar. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 1–12.

Nursyamsiana, F., Hidayat, O. S., & Edwita. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. EJT (Educational Technology Journal) |, 3(1), 1–7.

Pratiwi, N., & Yulkifli, Y. (2019). Peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik berbantuan LKPD berbasis model discovery learning pada materi fluida. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 130–139.

Putriyana, A. W., Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi:(The Feasibility of Students’ Worksheet Based on Search, Solve, Create and Share Instructional Model in Fungi Practicum Material). Biodik, 6(2), 106–117.

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer. me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Saputra, A. G., Juliansyah, S. C., & Athayla, S. (2023). Pendidikan Pancasila Dalam Era Multikulturalisme: Membangun Toleransi Dan Menghargai Keberagaman. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 573–580.

Sariani, N. K., Suarjana, I. M., & Dwiarwati, K. A. (2023). Problem Based Instruction Learning Model Based on Outdoor Learning Against Social Science Knowledge. Mimbar Ilmu, 28(2).

Sastria, E., Setiawan, M. E., Ningsih, H. N., & Purnawati, W. (2020). Uji Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 113–122.

Shaza, N. A., & Amini, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Website Wizer. Me Berbasis Arias Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 459–467.

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development). Alfabeta.

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sulistyorini, S., & Harmanto, Z. A. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik terpadu mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan literasi siswa SD Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Suprihadi, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 3 Tugu Sari. AHSANTA Jurnal Pendidikan, 6(1), 9–14.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., Pratiwi, D. O., & Asmaryadi, A. I. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LK) Pendidikan Pancasila Kelas IV Dalam Kurikulum Merdeka di SDN 01 Padang Laweh. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6133–6147.

Syafitri, R. A. (2020). The importance of the student worksheets of electronic (E-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19. The 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020), 284–287.

Usman, A., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Bahan Ajar Elektronik Flipbook pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1293–1301. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5300

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dasar dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116–123.

Wulandari, Z. R., Azzahra, N., Wulandari, P., & Santoso, G. (2023). Memperkuat Jiwa Kewarganegaraan di Era Digital dengan Pendidikan Kewarganegaraan yang Komprehensif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 415–424.