Pengembangan Penilaian Merdeka Belajar Satuan Pendidikan SMA/MA

  • Elly Damayanti Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Sulastri Sulastri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Neysa Vania Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Nurmawati Nurmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia

Abstrak

Pengembangan penilaian merdeka belajar pada satuan pendidikan SMA/MA menjadi upaya untuk mengembangkan sistem penilaian yang lebih respontif terhadap kebutuhan peserta didik serta dapat memberikan gambaran secara utuh tentang kemampuan yang mereka miliki. Sehingga melalui penilaian yang ada dapat memberikan motivasi yang besar kepada mereka untuk belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melihat urgensi pentingnya mengkaji serta memahami konsep penilaian merdeka belajar pada satuan pendidikan SMA/MA di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan bagaimana sebenarnya pengembangan penilaian merdeka belajar pada satuan pendidikan tingkat SMA/MA dengan menggunakan metodologi penelitian library research. Maka diperoleh hasil penelitian bahwasanaya dalam pelaksanaannya penilaian merdeka belajar pada satuan pendidikan SMA/MA tidak terdapat perbedaan yang sangat siknifikan dengan tingkat satuan pendidikan lainnya dan begitu juga dengan kurikulum sebelumnya, namun dalam kebijakan pengembangan penilaian merdeka belajar memberikan ruang  yang lebih luas kepada siswa untuk menentukan bagaimana pembelajaran berlangsung, kemudian pemberian motivasi dan inovasi, serta memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih jalur belajar mereka sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

Kata Kunci: Pengembangan, Penilaian, Merdeka Belajar, SMA/ MA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-06
Bagaimana cara mengutip:
Pulungan, E. D., Sulastri, S., Nasution, N. V., Nurmawati, N., & Ananda, R. (2024). Pengembangan Penilaian Merdeka Belajar Satuan Pendidikan SMA/MA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 225-230. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1491
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 44 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Anggraena, Yogi, Dion Ginanto, Nisa Felicia, and dkk. 2020. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Anon. 2022. Direktorat KSKK Madrasah, Panduan Pembelajaran Dan Asesmen RA, MI, MTs, MA Dan MAK. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI.

GH, Muliana, and dkk. 2023. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(6).

Islam, D. P. (2022). Contoh TP, ATP dan Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kusaeri. 2012. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pembelajaran, Pusat Kurikulum dan. 2022. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendiidkan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

RI, K. M. A. (2022). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Standar, Kepala Badan, Kurikulum, and dan Asesmen Pendidikan. 2022. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merd. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Wahyudin, Dinn, and Dkk. 2024. KAJIAN AKADEMIK MARET 2024 Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Windayanti, and dkk. 2023. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Journal on Education 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197