Pendidikan Seni melalui Inovasi Desain, Kewirausahaan, dan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Kalurahan Bawuran

  • Agung Wicaksono Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Arif Suharson Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Anom Wibisono Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Lilik Ambarwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Meidi Syaflan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Prafidhya Dwi Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian dari program diseminasi inovasi seni untuk kelompok kerajinan bambu di Kalurahan Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta adalah menciptakan desain baru dan pemasaran produk bambu di era digital untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui pendidikan seni dan pelatihan teknis. Produk bambu di Kalurahan Bawuran merupakan warisan keterampilan yang diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang. Bahan baku bambu diperoleh dari wilayah setempat, tetapi seringkali kualitas bambu kurang baik, desain monoton dan pemasaran produk yang masih menjadi masalah bagi para perajin. Perajin belum memiliki sistem produksi yang efisien untuk menghasilkan produk dengan kualitas dan kapasitas pemasaran optimal. Urgensi penelitian ini untuk meningkatkan kualitas desain terbarukan dengan teknologi mesin yang lebih baik, sehingga hasil produk meubel bambu  mampu menembus pasar global. Jumlah pengrajin yang dilibatkan sebanyak 30 orang terpilih dibekali dengan manjamen usaha, kewirausahaan, dan pemasaran digital. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode estetika dengan pendekatan practice based research yang dilakukan dengan tahapan literature research, study empiric, visual research, and practice. Estetika kreasi baru kerajinan bambu memiliki dampak pada pelestarian kreasi artistik lokal berkelanjutan yang mampu memenuhi kebutuhan di era global. Penelitian ini menghasilkan 3 set produk fungsional dan 1 gazebo desain baru berdampak pada peningkatan ekonomi dengan metode manajemen usaha (kewirausahaan dan pemasaran modern) yang diharapkan mampu menjadi sarana edukasi berwawasan lingkungan dan regenerasi pengrajin kreatif sebagai entitas yang harus terus dijaga, dilestarikan, serta dikembangkan sesuai tuntutan zaman.

Kata Kunci: Inovasi desain, kerajinan bambu, kalurahan Bawuran, kreasi artistik, pemasaran global

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-14
Bagaimana cara mengutip:
Wicaksono, A., Suharson, A., Wibisono, A., Ambarwati, L., Syaflan, M., & Yulianto, P. D. (2024). Pendidikan Seni melalui Inovasi Desain, Kewirausahaan, dan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Kalurahan Bawuran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 460-466. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1490
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Ambarwati, L., & Fitriana, N. (2023). Teknologi Informasi Media Sosial, dan Pengetahuan Keuangan Dalam

Pertumbuhan Bisnis Perempuan, Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 10(1), 27–41. https://doi.org/10.32477/jrm.v 10i1.508

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. JURNAL BRAND, Volume 2 No. 1, Juni 2020,123-130.

Bentley, R. A. (2017). Acceleration of Cultural Change. From Ancestors to Algorithms: MIT Press.

Bublitz, M. G.-C. (2019). Collaborative art: A Transformational Force Wiyhin Communities. Journal of the Association for Consumer Research 4 (4), 313-331.

Budiwirman, S. A. (2023). Seni Tradisional Dalam Seni Rupa Modern: Analisis Berdasarkan Nilai Pendidikan. Gorga: Jurnal Seni Rupa Volume 12 Nomor 01 Januari-Juni 2023, 107-115.

Databooks. (2021). Penggunaan E- Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Retrieved July 12, 2022, from https://databoks.katadata.co.i d/datapublish/2021/06/04/pen ggunaan-e-commerce- indonesia-tertinggi-di-dunia

Djelantik, A. M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI.

Frick., H. (2004). lmu konstruksi bangunan bamb. Yogyakarta: Kanisius.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E- Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasusu UMKM di Wilayah Kota Semarang) 8(1).

Junita, S. V. (2023). Analisis Daya Saing Produk Bambu Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Ilmu- Ilmu Kehutanan Vol. 7 No. 1 Februari 2023, 39-48.

Laming, S. (2020). Tren E- Commerce Pada Era Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Humano, Vol. 11.

Malins, J. U. (1996). The Gap: Adressing Practice Based Research Training Requirements For Designers. Aberdeen, United Kingdom: The Robert Gordon University.

Muhammad Ramaditya, S. E. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. Jscd (Journal Of Sustainable Journal Of Sustainable Volume 2 N0.1 May 2020, 48-54.

Nisrina Sofiliandini Sakinah, I. K. (2024). Analisis Kemampuan Komuniakasi Siswa dalam Ekstrakulikuler Drumband di Sekolah Dasar. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 9 No. 3 September 2024. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1015, 1242-1250.

Nuzul Ainin Mardiyah, V. S. (2024). Sosial Media Ruang Belajar: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan Agama Islam di SMK 3 Negeri Jepara. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol.9 No.3 September 2024 https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.913, 1251-1260.

Prayitno, G., Rf, B. M., & Nugraha, A. T. (2019). Modal Sosial, Ketahanan Pangan dan Pertanian Berkelanjutan Desa Ngadireso, Indonesia. Region : Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/region.v14i2.30018

Risda, T., Fahriani, D., Choiriyyah, R., Lestari, D. A., Rahmawati, A., & Mirza, M. R. (2023). Analysis Of Cogs Calculations Using The Full Costing Method In Kyka Msmes:. Tali Jagad Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55732/unu.tjj.2023.01.08

Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7

Thom, M. (2017). Arts entrepreneurship education in the UK and Germany: An empirical survey among lecturers in fine art. Education and Training doi: 10.1108/et 05-2016-0089., pp. 406-426.

Yusuf Purwanto, M. K. (2022). Desain Produk Melalui Tahapan Pengembangan Produk Marketable. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi , 121-130.