Pendidikan Seni melalui Inovasi Desain, Kewirausahaan, dan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Kalurahan Bawuran
Abstrak
Tujuan penelitian dari program diseminasi inovasi seni untuk kelompok kerajinan bambu di Kalurahan Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta adalah menciptakan desain baru dan pemasaran produk bambu di era digital untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui pendidikan seni dan pelatihan teknis. Produk bambu di Kalurahan Bawuran merupakan warisan keterampilan yang diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang. Bahan baku bambu diperoleh dari wilayah setempat, tetapi seringkali kualitas bambu kurang baik, desain monoton dan pemasaran produk yang masih menjadi masalah bagi para perajin. Perajin belum memiliki sistem produksi yang efisien untuk menghasilkan produk dengan kualitas dan kapasitas pemasaran optimal. Urgensi penelitian ini untuk meningkatkan kualitas desain terbarukan dengan teknologi mesin yang lebih baik, sehingga hasil produk meubel bambu mampu menembus pasar global. Jumlah pengrajin yang dilibatkan sebanyak 30 orang terpilih dibekali dengan manjamen usaha, kewirausahaan, dan pemasaran digital. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode estetika dengan pendekatan practice based research yang dilakukan dengan tahapan literature research, study empiric, visual research, and practice. Estetika kreasi baru kerajinan bambu memiliki dampak pada pelestarian kreasi artistik lokal berkelanjutan yang mampu memenuhi kebutuhan di era global. Penelitian ini menghasilkan 3 set produk fungsional dan 1 gazebo desain baru berdampak pada peningkatan ekonomi dengan metode manajemen usaha (kewirausahaan dan pemasaran modern) yang diharapkan mampu menjadi sarana edukasi berwawasan lingkungan dan regenerasi pengrajin kreatif sebagai entitas yang harus terus dijaga, dilestarikan, serta dikembangkan sesuai tuntutan zaman.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Agung Wicaksono, Arif Suharson, Anom Wibisono, Lilik Ambarwati, Meidi Syaflan, Prafidhya Dwi Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.