The Importance of Ethical of Artifical Intelligence (AI) in Inslusive Education

  • Anita Intan Rohmatuszahroh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Kiki Ayu Hermawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Hanny Rizqiyana Nur'aliya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Siti Khalimah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kecerdasan Buatan (AI) telah memberikan harapan baru dan mengubah unsur pendidikan menjadi lebih baik, khususnya dalam pendidikan inklusif. AI sangat memperhatikan konsep kesetaraan, yang diharapkan dapat membantu anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan hak-haknya sehingga mereka memperoleh pendidikan yang lebih tepat. Namun, di sisi lain, kehadiran AI juga membawa banyak dampak negatif akibat kurangnya pemahaman terhadap prinsip-prinsip etika yang harus dilaksanakan. Tulisan ini disusun dengan tujuan untuk mengeksplorasi berbagai kesepakatan terkait prinsip-prinsip etika dan nilai-nilai AI dalam dunia pendidikan inklusif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hingga saat ini telah banyak organisasi publik, swasta, dan pemerintah di berbagai negara di seluruh dunia yang telah membuat berbagai pedoman untuk mengatur, membimbing, dan melindungi semua elemen yang terlibat dan terpengaruh oleh kemajuan AI. Di antaranya adalah perjanjian piagam dan pedoman terkait prinsip-prinsip etika, hak-hak dasar, nilai-nilai fundamental, dan instrumen lainnya yang telah dipelajari dan disusun secara rinci dan sangat sistematis. Namun pada kenyataannya, kondisi yang terjadi hingga saat ini masih jauh dari kata sempurna. AI masih menghadirkan banyak masalah, kekhawatiran, dan berbagai bentuk penyalahgunaan yang tidak dapat dihindari, terutama dalam pendidikan inklusif.

Kata Kunci: Etika, Kebijakan, Kecerdasan Buatan, Kesetaraan, Pendidikan Inklusif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Rohmatuszahroh, A. I., Hermawati, K. A., Nur’aliya, H. R., & Khalimah, S. (2024). The Importance of Ethical of Artifical Intelligence (AI) in Inslusive Education. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 626-634. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1486
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 436 times
PDF (English) downloaded: 240 times

Referensi

Abdulazeez, S. B. (2018). Pedoman Etika Kecerdasan Buatan Komisi Eropa

Adriana. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning BagiSiswa Inklusi di Pendidikan VokasiSystematic Literature Review. Jurnal Tiarsie, 18(4), 1–9.

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731

AI HLEG. (2019). Ethics guidelines for trustworthy AI. High-Level Expert Group on Artificial Intelligence. European Commission, 1–39.

Alhwaiti, M. (2023). Acceptance of Artificial Intelligence Application in the Post-Covid Era and Its Impact on Faculty Members’ Occupational Well-being and Teaching Self Efficacy: A Path Analysis Using the UTAUT 2 Model. Applied Artificial Intelligence, 37(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2023.2175110

Alqahtani, A. S. (2023). A Review of the Scope, Future, and Effectiveness of Using Artificial Intelligence in Cardiac Rehabilitation: A Call to Action for the Kingdom of Saudi Arabia. Applied Artificial Intelligence, 37(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2023.2175111

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020

Edwards, B. I., & Cheok, A. D. (2018). Why Not Robot Teachers: Artificial Intelligence for Addressing Teacher Shortage. Applied Artificial Intelligence, 32(4), 345–360. https://doi.org/10.1080/08839514.2018.1464286

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Dalam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 2180–2187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21623

Gessl, A. S., Schlögl, S., & Mevenkamp, N. (2019). On the perceptions and acceptance of artificially intelligent robotics and the psychology of the future elderly. Behaviour and Information Technology, 38(11), 1068–1087. https://doi.org/10.1080/0144929X.2019.1566499

Kerzel, U. (2021). Enterprise AI Canvas Integrating Artificial Intelligence into Business. Applied Artificial Intelligence, 35(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/08839514.2020.1826146

Kim, E., Jang, G. Y., & Kim, S. H. (2022). How to Apply Artificial Intelligence for Social Innovations. Applied Artificial Intelligence, 36(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2022.2031819

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (Ai) Sebagai Respon Positif Mahasiswa Piaud Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878

Lotfi, I., & El Bouhadi, A. (2022). Artificial Intelligence Methods: Toward a New Decision Making Tool. Applied Artificial Intelligence, 36(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2021.1992141

Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur dan Sitematika Review di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29, 131–143.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698.

Maphosa, V., & Maphosa, M. (2023). Artificial intelligence in higher education: a bibliometric analysis and topic modeling approach. Applied Artificial Intelligence, 37(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2023.2261730

Margareth, H. (2017). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Inklusi 32.

Prayogo, P. N., Sudiati, L. E., & Rofi, M. (2023). Implementasi AI dalam Membangun Animasi Sahabat Imajiner Anak Autis Sebagai Media Pembelajaran. Soscied, 6(2), 1–10.

Publikasi, A. J., Pebrian, Y., Farhat, M. F., Kunci, K., & Ai, P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Abdi Jurnal Publikasi, 2(2), 84–87. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index84

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Rahayu, S. M. (2015). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048

Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Suryani, A. I., & Alqadri Bagdawansyah. (2024). Pengembangan Pendidikan Inklusif Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Metode Peer Teaching Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 09, : 2548-6950.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Zhang, J. (2023). School Wireless Network Classroom Teaching System Based on Artificial Intelligence. Applied Artificial Intelligence, 37(1). https://doi.org/10.1080/08839514.2023.2219563