PENDIDIKAN AUD: Berpikir Kritis Berbasis Flip Chart Gambar Seri
Abstrak
Berpikir kritis sangat diperlukan di dunia seperti sekarang ini, sehingga harus diajarkan pada anak-anak sejak dini. Berpikir kritis membantu peserta didik mengembangkan keterampilan memecahkan masalah yang efektif. Sehingga peserta didik dapat menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi, dan memilih solusi terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap perilaku peserta didik saat menggunakan media flip chart gambar seri dan wawancara guru dan peserta didik untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka terhadap implementasi media tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif yang bersumber dari wawancara, pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flip chart gambar seri yang digunakan dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun dalam memecahkan suatu masalah yang ada pada cerita gambar seri dan mampu memberikan solusi atau pendapat terkait masalah yang ada. Anak mampu memahami dan mengenali informasi lewat gambar, anak mampu mengenali hubungan sebab akibat melalui gambar, anak mampu mengevaluasi isi cerita, anak mampu memberikan kesimpulan terkait dengan isi cerita gambar seri.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Suyadi Suyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.