PENDIDIKAN AUD: Berpikir Kritis Berbasis Flip Chart Gambar Seri

  • Sri Wahyuni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Berpikir kritis sangat diperlukan di dunia seperti sekarang ini, sehingga harus diajarkan pada anak-anak sejak dini. Berpikir kritis membantu peserta didik mengembangkan keterampilan memecahkan masalah yang efektif. Sehingga peserta didik dapat menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi, dan memilih solusi terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data   yang   digunakan   adalah observasi terhadap perilaku peserta didik saat menggunakan media flip chart gambar seri  dan wawancara guru dan peserta didik untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka terhadap implementasi media tersebut.  Teknik   analisis data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk   deskriptif   yang   bersumber   dari wawancara, pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flip chart gambar seri yang digunakan dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun dalam memecahkan suatu masalah yang ada pada cerita gambar seri dan mampu memberikan solusi atau pendapat terkait masalah yang ada. Anak mampu memahami dan mengenali informasi lewat gambar, anak mampu mengenali hubungan sebab akibat melalui gambar, anak mampu mengevaluasi isi cerita, anak mampu memberikan kesimpulan terkait dengan isi cerita gambar seri.

Kata Kunci: flip chart gambar seri, berpikir kritis, AUD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuni, S., & Suyadi, S. (2024). PENDIDIKAN AUD: Berpikir Kritis Berbasis Flip Chart Gambar Seri . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 288-294. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1484
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 49 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

American Philosophical Association. (1990). Critical thinking: a statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction. “The delphi report,.” Committee on pre-college philosophy.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72–80.

Dwyer, C.P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2014). ). An integrated critical thinking framework for the 21st century. Thinking Skills and Creativity 12, 43–52. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2013. 12.2014

E. K. Mahardika, D. Darwiyati, S. Waluyo, and M. F. H. (2022). Evaluasi Metode Pembelajaran Melalui Permainan di Taman Kanak Kanak Kota Blitar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2745–2752. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1083.

Hatari, Niki, A. W. (2016). “Keefektifan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” ” Unnes Science Education Journal 5, 5(2), 1253–60. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.

Irawati, A., Winoto, H. (2024). Coaching Model GROW ME untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Kegiatan Mengajar di TK Kristen Petra. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3). https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.960

Irwansyah. (2023). Enhancing Interest in Reading Through Letter Puzzle Media in Early Childhood. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.386 43

Lemi Indriyani. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kosgnitif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2.

Linda Sumayani. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Tanya Jawab Di Ra Islamiyah Tanjung Morawa. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Mardliyah, A. A. (2018). Budaya Literasi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Di Era Industri Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan, 2, 12–21.

Muh.Nasir, Wahab Jufri, and M. (2015). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Journal Penelitian Pendidikan Ipa, 1(2). https://doi.org/http://jurnal.unram.ac.id/index.php/jpp-ipa.

Muhammad Sururudin. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Display Model Flipchart Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Education, 11(1), 35.

Natalina M., D. (2018). Menumbuhkan Perilaku Berpikir Kritis Sejak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508

Ni Made Upadani. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun thinkers. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha (2021) P_ISSN : 2614-4727, E-ISSN : 2614-4735, 9(3), 450–458.

Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoristis dan Praktis.

Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Chilhood Education, 2(2), 118–130.

Putri, dkk. (2018). “Issn E_Issn : 1412 – 6613 : 2527 – 4570". 3(4), 1–16. https://doi.org/http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

S. Busyra and N. Azizah. (2022). “Urgensi Kisah Nabi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. AL-AUFA J. Pendidik. DAN Kaji. Keislam, 3(1), 29–41. https://doi.org/doi: 10.32665/alaufa.v3i1.1199

Salim, A. (2014). “The Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students ’ Thinking.”. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6).

Septiana, F. E. W. (2015). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas VII SMP pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1–12.

Susanto. (2013). Teori belajar pembelajaran di sekolah dasar.

Syafrudin, S. &. (2022). Implementasi Pengembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24077

Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/113/101

Yuni Yuliarti. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Anak B Menggunakan Media Gambar Seri. Early Child Research and Practice, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33258/ecrp.v4i01.4388