Pengaruh Metode Flipped Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI

  • Iman Rohiman Universitas Islam Darussalam, Ciamis, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ade Miftah Universitas Islam Darussalam, Ciamis, Jawa Barat,  Indonesia
  • Husni Thoyyar Universitas Islam Darussalam, Ciamis, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan pendidik di abad ke-21 yang menuntut untuk melakukan transformasi proses belajar mengajar dengan menggunakan alat teknologi serta sebagai bagian dari kompetensi dan karakteristik peserta didik abad ke-21. Transformasi proses belajar mengajar salah satunya dapat dilakukan dengan perubahan metode pembelajaran yang dimana memanfaatkan alat teknologi sebagai bagian dari proses pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan belajar nya. Oleh karena itu, peneliti memilih metode pembelajaran flipped learning dalam rangka melihat pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data perbedaan antara motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran flipped learning khususnya pada mata pelajaran PAI di Kelas VI SDN 5 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis serta mengetahui pengaruh metode flipped learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VI SDN 5 Rancah Kecamatan Rancah Ciamis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan instrumen kuisioner atau angket motivasi belajar dan instrumen pre test dan post test yang keduanya ditujukan kepada peserta didik kelas VI SDN 5 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan observasi atau pengamatan secara langsung terhadap lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini yakni sebelum menggunakan metode flipped learning dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI, skor motivasi belajar peserta didik yakni menunjukkan rata–rata nilai pretest sebesar 64,8125. Kemudian, sesudah menggunakan metode flipped learning dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI, skor motivasi belajar peserta didik yakni menunjukkan rata–rata nilai post test sebesar 73,3125. Berdasarkan hasil dari dua kondisi tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan dibuktikan dari data uji hipotesis bahwa variabel metode flipped learning (X) memberikan kontribusi atau dapat menjelaskan variabel motivasi belajar (Y) sebesar 32,8% sedangkan sisanya 67,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Kata Kunci: Flipped Learning, Motivasi Belajar dan Pendidikan Agama Islam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Rohiman, I., Miftah, A., & Thoyyar, H. (2024). Pengaruh Metode Flipped Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 414-425. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1481
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 26 times
PDF downloaded: 25 times

Referensi

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Abdurrahman, M., & Rahayu, K. (2012). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Acun, A. (2024). The effect of flipped learning on nursing students’ Asepsis knowledge and learning skills: A randomized controlled study. Nurse Education in Practice, 77(January), 103946. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2024.103946

Amilusholihah, A., Sobandi, A., Mulyani, H., & Sutarni, N. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Model Problem-Based Learning Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ekonomi SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1635–1643.

Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped classroom dan aplikasi schoology: Analisis keterampilan menulis teks biografi.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Deepublish.

Bıyık Bayram, Ş., Gülnar, E., Özveren, H., & Çalışkan, N. (2023). The effect of flipped learning on blood pressure knowledge and self-directed learning skills of first-year nursing students: A randomized controlled trial. Nurse Education in Practice, 67(January). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103557

Chang, S. J., Kim, G. M., & Kim, J. A. (2024). The effects of flipped learning and gamification on nursing students’ patient safety education: A mixed method study. Heliyon, 10(8), e29538. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29538

dan Charles, B. (2009). 21st Century Skills: Learning For Life In Our Time. Jossey Bass Inc Publishers. San Francisco. California. Creswell (2012).

Dewantara, K. H. (1967). Ki Hajar dewan-tara. Jogjakarta: Majelis Leluhur Taman Siswa.

Dewi, P. (2021). Pengaruh flipped learning terhadap pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Parepare. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 91–110.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a blended learning-based method for problem-solving in capability learning. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 51–61.

Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231–1242.

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Model Dan Metode. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4).

Fridiyanto, F., Purwaningrum, S., Abdullah, A. R., Rosi, F., Haryanto, T., Farih, A., Zulisa, E., Abidin, N., Sari, M., & Setyawan, C. E. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Literasi Nusantara Abadi.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Huang, A. Y. Q., Lu, O. H. T., & Yang, S. J. H. (2023). Effects of artificial Intelligence–Enabled personalized recommendations on learners’ learning engagement, motivation, and outcomes in a flipped classroom. Computers and Education, 194(June 2022), 104684. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104684

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Kariadinata, R. (2011). Statistika Penelitian Pendidikan dilengkapi Pengolahan Data dengan program SPSS. Bandung: Insan Mandiri.

Lajnah Al-Qur’an Kemenag RI. (2019). Terjemah Al-Qur’an Kemenag. Lajnah Kemenag RI.

Liao, C. H., & Wu, J. Y. (2023). Learning analytics on video-viewing engagement in a flipped statistics course: Relating external video-viewing patterns to internal motivational dynamics and performance. Computers and Education, 197(January), 104754. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104754

Lin, Y. N., Hsia, L. H., & Hwang, G. J. (2021). Promoting pre-class guidance and in-class reflection: A SQIRC-based mobile flipped learning approach to promoting students’ billiards skills, strategies, motivation and self-efficacy. Computers and Education, 160(August 2020), 104035. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104035

Mardiyah, N. A., Safira, V., & Saefudin, A. (2024). Sosial Media Ruang Belajar: Pemanfaatan Platform Digital, Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Jepara. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1251–1260.

Masripah, S., & Ramayanti, L. (2019). Pengujian Black Box Pada Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. Information System For Educators And Professionals: Journal of Information System, 4(1), 1-2.

Murni, V., Dewi, R., Jehadus, E., & Sugiarti, L. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Resiliensi Matematis Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1147–1158.

Murtiasih, E. (2022). Implementasi Metode Flipped Classroom Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1018–1032.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.

Pablo-Lerchundi, I., Núñez-del-Río, C., Jiménez-Rivero, A., Sastre-Merino, S., Míguez-Souto, A., & Martín-Núñez, J. L. (2023). Factors affecting students’ perception of flipped learning over time in a teacher training program. Heliyon, 9(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e21318

Park, H. R., & Park, E. (2021). Nursing students’ perception of class immersion facilitators in psychiatric nursing: Team-based learning combined with flipped learning. Nurse Education Today, 98(November 2019), 104653. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104653

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.

Pertiwi, G. N., & Juansah, D. E. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Implementation of the School Literacy Movement (GLS) Programme on Critical Thinking in Primary School Indonesian Learning Outcomes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1948–1956.

Pimdee, P., Sukkamart, A., Nantha, C., Kantathanawat, T., & Leekitchwatana, P. (2024). Enhancing Thai student-teacher problem-solving skills and academic achievement through a blended problem-based learning approach in online flipped classrooms. Heliyon, 10(7), e29172. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29172

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Sadirman. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.

Safitri, T. S., Romli, R., & Irawan, D. (2022). The Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Pai Terhadap Motivasi Belajar. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 78–99.

Sales, L. V, Wang, W., White, S. D. M., & Navarro, J. F. (2013). Satellites and haloes of dwarf galaxies. Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, 428(1), 573–578.

Santoso, S. (2009). Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Sari, I., & Hamami, T. (2022). Pengembangan metode flipped classroom dalam pendidikan agama islam: Solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5744–5753.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Sukowati, P. (2009). Public Services management di era Reformasi Birokrasi.

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 11–54.

Walsh, J. N. (2024). Using cluster analysis to identify procrastination and student learning strategies in a flipped classroom. International Journal of Management Education, 22(1), 100936. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.100936

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Yarbro, J., McKnight, P., Arfstrom, K. M., Director, P. D. E., & Network, F. L. (2014). Flipped learning.