Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar berbasis Aplikasi Android tentang Cerita Anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

  • Decenni Amelia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Jakarta,  Indonesia
  • Isah Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Kama Abdul Hakam Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Cepi Riyana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kebutuhan bahan ajar pendamping berbasis aplikasi android tentang cerita anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila yang dirancang untuk meningkatkan minat baca pada siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara pada guru kelas IV dan juga melalui pembagian kuisioner pada siswa kelas IV di SDN Jakasampurna IV Kota Bekasi. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru, guru sangat membutuhkan bahan ajar pendamping untuk meningkatkan minat baca siswa, karena selama ini guru masih mengandalkan buku teks, belum pernah ada bahan ajar berbasis aplikasi android tentang cerita anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan siswa juga diketahui butuh bahan ajar pendamping berbentuk aplikasi android karena siswa lebih senang membuka handphone dibanding membaca buku teks. Siswa menganggap buku teks sangat monoton dan tidak menarik untuk dibaca. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa tersebut, maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi android tentang cerita anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan minat baca pada siswa kelas IV SD.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Aplikasi Android

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-18
Bagaimana cara mengutip:
Amelia, D., Cahyani, I., Hakam, K. A., & Riyana, C. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar berbasis Aplikasi Android tentang Cerita Anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 107-112. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1476
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 14 times
PDF downloaded: 6 times

Referensi

Arifiani, H. (2017). Aplikasi Smartphone sebagai Alat Penunjang dalam Kegiatan Bertani. Jurnal Visualita, 6(1). https://doi.org/https://doi: 10.33375/vslt.v6i1.1050

Dewi, R. A. K., & Fatkhiyani, K. (2021). Blended Learning: Can It Be a Solution to Improve Digital Literacy and HOTS for PGSD Students in a Pandemic Situation? International Journal of Elementary Education, 5(4). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39411

Dirgantari, N., Dirgantari, N., & Cahyani, I. (2023). Ethnopedagogica-Based Character Education Model to Build Excellent Character of Students in Elementary Schools. Lembaran Ilmu Kependidikan, 52(1).

Natalya Tirsa Mokorowu, Deitje A.Katuuk, Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314

Nur Syamsiah, P., & Hamami, T. (2022). Character Strengthening In The Development Of Islamic Religious Education Goals Of The 2013 Curriculum. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1763

Roumba, E., & Nicolaidou, I. (2022). Augmented Reality Books: Motivation, Attitudes, and Behaviors of Young Readers. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(16). https://doi.org/10.3991/ijim.v16i16.31741