Analisis Keterampilan Menyimak pada Siswa Kelas 3 melalui Media Gambar di MI Sultan Agung

  • Zuhrotun Nisah Maslahkatul Ummah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan menyimak pada siswa SD yang rendah. Peneliti melakukan observasi kegiatan pembelajaran terhadap siswa kelas III SD untuk mengetahui keterampilan menyimak, dari observasi tersebut hasilnya masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan untuk memahami materi, kesulitan untuk berkonsentrasi dan mudah bosan pada saat kegiatan menyimak materi paragraf deduktif dan induktif bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menyimak siswa SD menggunakan media pembelajaran serta bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan pemahaman siswa kelas III pada saat kegiatan menyimak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  kuantitatif yang subjek penelitiannya yaitu siswa kelas III MI Sultan Agung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak materi paragraf deduktif dan induktif tanpa menggunakan media pembelajaran sebesar 55% sedangkan kemampuan siswa dalam menyimak materi paragraf deduktif dan induktif  menggunakan media pembelajaran sebesar 100% dengan kategori baik sekali. Sedangkan untuk kemampuan siswa mengidentifikasi paragraf induktif dalam bacaan sebesar 88% dengan kategori baik sekali.

Kata Kunci: keterampilan, menyimak, media gambar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Zuhrotun Nisah Maslahkatul Ummah, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Zuhrotun Nisah M.U adalah nama penulis artikel ini, penulis lahir pada tanggal 14 April 2003. Penulis menempuh pendidikan di TK Kartika Sari, Surabaya dilanjutkan di MI Sultan Agung, Surabaya kemudian pada menengah pertama di MTs Al-Fatich, Surabaya selanjutnya menengah atas di SMK PGRI Nurul Ihsan, Gresik dan saat ini menempuh pendidikan S1 prodi PGSD di Universitas Muhammadiyah Gresik angkatan 2021. Saat ini penulis bertempat tinggal di Jl. Romokalisari, Benowo-Surabaya. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp 085655070545 atau pada email zuhrotunnisahmu14@gmail.com.  Sekian dari penulis, terima kasih.

Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Ummah, Z. N. M., & Umam, N. K. (2024). Analisis Keterampilan Menyimak pada Siswa Kelas 3 melalui Media Gambar di MI Sultan Agung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 134-139. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1470
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 55 times
PDF downloaded: 24 times

Referensi

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Ariawan, V. A. N. (2016). Penerapan Metode Permainan What Is It Dengan Media Gambardalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Di Kelas 1 Sekolah …. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2014, 181–192. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8935/6496

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132

Marlianti, E., Marli, S., & Hadidhah, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Anak Menggunakan Media Audio Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 1-13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26827.

Nurrita, T. (2018). Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah. Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Parjilah, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Sederhana dengan Media Gambar Seri di Kelompok A3 TK Aba Mertosanan Banguntapan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 158–163. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29096

Primaningtyas, M. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ihtimam, 1(1). 48. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.156.

Sabillah, B. M. (2020). Peningkatan keterampilan menyimak cerita fiksi anak menggunakan media audio pada siswa kelas V SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 28–38.

Subakti, H. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2536–2541. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.4845

Syamsuri, A. S. (2013). Keterampilan Menyimak dan Ancangan Pembelajarannya. 1–5. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/64/.

Syarifah, E. V. A., Sdn, D. I., Setu, C., & Bekasi, K. (2016). Siswa Kelas IV dengan Media Audiovisual Edukatif Siswa Kelas IV Dengan Media Audiovisual Edukatif di SDN Cijengkol 01 Setu KAB Bekasi. https://repository.unj.ac.id. 4.

Umam, N. K. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sdn Sumberrejo I Bojonegoro. 02, 1–10.

Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 42–48. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4377

Wulandari, E., Faturrohman, H., Tri Widodo, S., Indah Wahyuni, N., & Ningsih, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Ii Sdit Insan Mulia Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1415–1424. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2086