Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi

  • Mailatul Jannah Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Achadi Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini untuk mengkaji kesiapan guru sekolah dasar dalam menerapkan asesmen diagnostik sebagai bagian dari pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang pemahaman guru terhadap konsep asesmen diagnostik, keterampilan guru dalam mengimplementasikannya, kendala, dan upaya menyelesaikan kendala dalam melaksanakan asesmen tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan wawancara. Penelitian menunjukkan bahwa guru memahami konsep, tujuan, dan waktu asesmen diagnostik dengan baik. Para guru menyadari betapa pentingnya penilaian diagnostik untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan merancang pendekatan pembelajaran yang tepat. Namun, guru masih menghadapi beberapa tantangan saat mulai menerapkan penilaian diagnostik, seperti kesulitan menyusun materi penilaian, menentukan kalimat yang mudah dipahami, dan masalah dengan pemetaan penilaian serta keterbatasan waktu. Untuk mengatasi masalah ini, guru melakukan berbagai upaya, seperti mencari informasi lebih lanjut. Penelitian lebih lanjut sebaiknya fokus pada pengembangan dan evaluasi program pelatihan yang khusus dirancang untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan menerapkan asesmen diagnostik, mengkaji penggunaan teknologi yang dapat membantu guru dalam menyusun, memetakan, dan mengelola asesmen diagnostik, atau melakukan studi komparatif dengan sekolah-sekolah di wilayah lain atau sekolah-sekolah dengan konteks yang berbeda untuk mendapatkan pemahaman lebih luas mengenai variasi dalam implementasi asesmen diagnostik dan faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan guru.

Kata Kunci: kesiapan guru, asesmen diagnostik, pembelajaran berdiferensiasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-14
Bagaimana cara mengutip:
Jannah, M., Maryani, I., & Santosa, A. B. (2024). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 451-459. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1467
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Apriani, I. L., Cahyani, I., & Nugroho, R. A. (2024). Model Flipped Classroom Bermuatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3292–3300. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4155

Arifin, H. N. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di MA Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2023/2024. Widya Balina, 8(2), 909–918. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.382

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202

Fahmi, M. I., Wahyu, D., Aisyah, S. A., Harto, K., & Suryana, E. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ogan Komering Ulu. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(02), 184–197. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7239

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701

Laulita, U., Marzoan, M., & Rahayu, F. (2022). Analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik pada kurikulum merdeka. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 1–17. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.348

Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.2022

Muktamar, A., Yani, M., Lipu, A., & Syawal, A. M. (2023). Tantangan Implementasi Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Cigarskruie: Journal of Educational and Islamic Research, 1(1), 55–65. https://doi.org/10.5281/92kmbj90

Putro, H. Y. S., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698–705. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697

Rochmaningsih, B., & Susilo, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Solusi Keberpihakan Guru Kepada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 5(5), 49–53. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/1044

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68.

Sugiarto, S., Aini, R. Q., & Suhendra, R. (2023). Pelatihan impelemtasi asesmen diagnostik mata pelajaran bahasa indonesia bagi guru sekolah dasar di kecamatan Taliwang. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/226

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301