Implementasi Kegiatan Market Day untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas V di SDN 1 Gunungkeling

  • Nida Bismillah STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan, Jawa Barat,  Indonesia
  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak kegiatan Market Day terhadap jiwa kewirausahaan siswa kelas V di SDN 1 Gunungkeling menggunakan metode one group pretest-posttest. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar di SDN 1 Gunungkeling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sebelum pelaksanaan Market Day, siswa diberikan angket jiwa kewirausaan untuk mengukur tingkat kewirausahaan mereka. Setelah kegiatan, siswa diberikan angket jiwa kewirausahaan yang sama untuk mengevaluasi perubahan. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27. Sebelum uji t, data di uji prasyarat yaitu uji normalitas. Setelah uji prasyarat, data dianalisis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dalam jiwa kewirausahaan siswa setelah mengikuti kegiatan Market Day. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan konsep dasar kewirausahaan, seperti perencanaan, produksi, pemasaran, dan penjualan, tetapi juga mengembangkan soft skills siswa, termasuk kerja sama tim, komunikasi, kreativitas, dan kemampuan pengambilan keputusan.

Kata Kunci: Market Day, Jiwa kewirausahaan, Kewirausahaan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-14
Bagaimana cara mengutip:
Bismillah, N., & Sari, A. K. P. (2024). Implementasi Kegiatan Market Day untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas V di SDN 1 Gunungkeling. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 100-106. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1462
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 21 times
PDF downloaded: 9 times

Referensi

Aini, H. A. N., & Kurniawati. (n.d.). Implementasi Jiwa Kewirausahaan melalui Program Market Day pada Siswa Sejak Dini di SDIT Khoitu Ummah Yohyakarta.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wihartii, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 01(1), 66–72.

Badan Pusat Statistik. (2023). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023. Badan Pusat Statistik, 11(84), 1–28.

Badawi. (2019). Pembentukan Karakter Kewirausahaan Dengan Keiatan Market Day Di Sekolah Dasar Soekarno Hatta.

Hanik, U., Purwoko, H., Ismawati, S., & Artikel, I. (2021). Orang Tua Dan Anak Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Di Taman Kanak - Kanak Pertiwi Kragan.

Jon Areli, A. (2018). Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Smk Negeri 1 Penukal Melalui Program Market Day. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 60–67. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1524

Putri, V. A. B. (2020). Implementasi program Market Day dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Skripsi, 1–110.

Qodariyah, M. A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Menumbuhkan Kemampuan Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Di Sdtq Al- Abidin Banyuanyar.

Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19.