Implementasi Kegiatan Market Day untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas V di SDN 1 Gunungkeling
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak kegiatan Market Day terhadap jiwa kewirausahaan siswa kelas V di SDN 1 Gunungkeling menggunakan metode one group pretest-posttest. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar di SDN 1 Gunungkeling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sebelum pelaksanaan Market Day, siswa diberikan angket jiwa kewirausaan untuk mengukur tingkat kewirausahaan mereka. Setelah kegiatan, siswa diberikan angket jiwa kewirausahaan yang sama untuk mengevaluasi perubahan. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27. Sebelum uji t, data di uji prasyarat yaitu uji normalitas. Setelah uji prasyarat, data dianalisis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dalam jiwa kewirausahaan siswa setelah mengikuti kegiatan Market Day. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan konsep dasar kewirausahaan, seperti perencanaan, produksi, pemasaran, dan penjualan, tetapi juga mengembangkan soft skills siswa, termasuk kerja sama tim, komunikasi, kreativitas, dan kemampuan pengambilan keputusan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nida Bismillah, Agatha Kristi Pramudika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.