Pengaruh E-Book Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

  • Minnatul Maula Universitas Majalengka, Majalengka, Jawa Barat,  Indonesia
  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka, Majalengka, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yuyu Yuliati Universitas Majalengka, Majalengka, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rabeka Putri Aini Universitas Majalengka, Majalengka, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Minimnya penggunaan bahan ajar yang bervariasi dan inovatif terutama dalam pembelajaran IPAS berdampak kurangnya pemahaman konsep siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu e-book interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perolehan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah digunakan e-book interaktif pada pembelajaran IPAS tentang Mengubah Bentuk Energi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian pre-eksperimental design. Subjek yang digunakan oleh 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan angket. Pada nilai pre-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 45,2 sedangkan pada nilai post-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 75,85. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menggunakan bantuan SPSS versi 27 dapat disimpulkan bahwa uji paired sample t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perolehan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-book interaktif yang mendapatkan kenaikan sebesar 30,65 setelah penggunaan e-book interaktif dalam pembelajaran IPAS Kelas IV di SDN Babakan Jawa III Majalengka.

Kata Kunci: E-Book Interaktif, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-09
Bagaimana cara mengutip:
Maula, M., Febriyanto, B., Yuliati, Y., & Aini, R. P. (2024). Pengaruh E-Book Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 539-545. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1455
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 246 times
PDF downloaded: 203 times

Referensi

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47-56. https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57

Aisyah, D. D., & Sucahyo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning dan Pendekatan Inkuiri pada Materi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 23–31. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p23-31

Amelia, D., Cahyani, I., Hakam, K. A., & Riyana, C. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar berbasis Aplikasi Android tentang Cerita Anak bermuatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. 10(1), 107–112. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.147

Andes, D., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 540–547. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.902

Asrowi, Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-Book on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.

Dewi, N. K. A. K. (2022). Discovery Learning in E-Book with Natural Science Lesson at Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.44733

Doğan, D., Murat, Ç., & Seferoğlu, S. S. (2016). “One Laptop Per Child” Projects and Fatih Project: A Comparative Examination. SDU International Journal of Educational Studies, 3(1) 1-26.

Efendi, M. A., Siswono, T. Y. E., & Mariana, N. (2022). Pengembangan EBook Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 339-351. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.486

Erina Susanti, N. K., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Ermiana, I., Witono, H. A. H., & Khair, B. N. (2019). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). 1(1), 297-303.

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839

Hariawan, R., & Sakti, H. G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ebook Pada Pelajaran TIK untuk Siswa Kelas VII Mts Hidayatussibyan Nw Sangkerang. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 9(2), 66–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4868

Irnawati, T (2022). Pengembangan E-Book Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Konsep Sistem Pernapasan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74-82.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840

Muzdalifah, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas 3 di SDN 5 Ampenan. Skripsi. Universitan Mataram.

Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi di Kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22–40. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., ... & Husen, W. R. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher.

Ormancı, Ü., & Çepni, S. (2020). Views on Interactive E-Book Use in Science Education of Teachers and Students Who Perform E-Book Applications. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 11(2), 247–279. https://doi.org/10.17569/tojqi.569211

Prihatiningtyas, S., Nofitasari, D., & Pertiwi, N. A. S. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Implementasi Media Interaktif E-book Selama Pembelajaran Daring di SMK Patriot Peterongan Jombang. Diffraction, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.3098

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 13(1), 16-25.

Rosyidah, I., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 49-59. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p49-59

Sari, D. J., Fadiawati, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas E-book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 237–250.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079-6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susanto, T. T. D., Dwiyanti, P. B., Marini, A., Sagita, J., Safitri, D., & Soraya, E. (2022). E-Book with Problem Based Learning to Improve Student Critical Thinking in Science Learning at Elementary School. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(20), 4–17. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i20.32951

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengaksesnya. In National Conference of Tantangan Biologi dan Pendidikan Bilogi Abad-21. Riau: Pendidikan Skrisbiologi FKIP Universitas Islam Riau.