Penerapan Metode Aku Cepat Membaca (ACM) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa

  • Rossi Dwita Pertianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Asis Saefuddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Sani Insan Muhamadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat, di mana 62,5% siswa belum mencapai KKTP yang ditetapkan (≥70). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah penerapan metode ACM, serta proses pembelajaran dengan metode ACM di setiap siklus. Metode ACM mengintegrasikan permainan, imajinasi, dan kreativitas melalui alat peraga, bercerita, dan musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode ACM, ketuntasan klasikal kemampuan membaca siswa hanya 37,50% (kategori "Kurang"). Setelah penerapan metode ACM, terjadi peningkatan signifikan: rata-rata nilai siswa meningkat dari 51,56 menjadi 67,97 pada siklus I, dan 79,30 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 37,50% menjadi 56,25% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Aktivitas siswa dan guru juga meningkat di setiap siklus. Dengan capaian ini, pembelajaran dihentikan pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai (≥75%), mencerminkan dampak positif dari penerapan metode Aku Cepat Membaca (ACM). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode ACM efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: kemampuan membaca permulaan, metode ACM

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Pertianti, R. D., Saefuddin, A., & Muhamadi, S. I. (2024). Penerapan Metode Aku Cepat Membaca (ACM) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 194-202. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1448
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 52 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. KOMINFO. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5.

Indriana, D. A. (2023). Pengaruh Metode ACM (Aku Cepat Membaca) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Skripsi.

Melyana. (2020). Penggunaan Media Big Book dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas I MIS Lamgugob Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(34).

Rohmah, L. (2020). Efektivitas Buku Lancar Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di TK Al-Furqon Surabaya.

Salmiati, & Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2).

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sopiana, L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Bagi Siswa Kelas I MI NW Bagik Nyale Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Al-Ilm, 3(1), 51–61.

Sulthon, M., & Tsuroyah, N. (2022). Aku Cepat Membaca. Pena Ameen.

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. In Media.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.