Meta Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika

  • Langgeng Nitya Mazidah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang,  Indonesia
  • Iwan Permana Suwarna Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan literasi sains perlu dikuasai oleh setiap individu di abad 21. Literasi sains merupakan keterampilan dalam menyikapi perkembangan dunia yang didasari oleh sains dan teknologi. Fisika adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan alam. Literasi sains dan fisika saling berkaitan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains di Indonesia pada mata pelajaran fisika dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis dengan metode penelitian studi literatur dengan acuan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains memiliki skor rata-rata 55,31 dengan kategori sedang. Nilai tertinggi dengan skor 82 sedangkan nilai terendah dengan skor 27,5. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains diantaranya pembelajaran daring, motivasi belajar, strategi pembelajaran, kualitas pendidik serta fasilitas yang kurang memadai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memperoleh sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Kata Kunci: Meta analisis, Kemampuan literasi sains, fisika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Mazidah, L. N., & Suwarna, I. P. (2024). Meta Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 381-388. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1444
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 262 times
PDF downloaded: 180 times

Referensi

Alhusni, H. Z., Habibbulloh, M., Lestari, N. A., Realita, A., Jatmiko, B., & Deta, U. A. (2024). Scientific literacy in physics learning: A bibliometric analysis from 1977 until 2023 and its impact on quality education. E3S Web of Conferences, 513, 1–11. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202451304012

Allo, A. L., Nurhayati, & Subaer. (2023). Analisis Keterampilan Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMAN 5 Tana Toraja. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 2, 194–202. https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.34416

Balulu, N., & Mandea, J. (2022). Analisis Kompetensi Literasi Sains Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri Unggulan 4 Pulau Morotai. EDUKASI Jurnal Pendidikan, 20(2), 231–244. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5806

Hanum, S. A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 144. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.111741

Harianto, R. (2023). Media Pembelajaran Digital Phisycs Module (DPM) Di SMA : Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13, 86–92. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.303

Haruna, M. F., Nurlia, N., & Levianti, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di Sman 3 Luwuk. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13330

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lestari, I., Gultom, O. B. K., & Zebua, F. S. (2022). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan, 1, 92–98. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1449/989

Lubis, M. M., Mahzum, E., & Halim, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment. Jurnal Pendidikan, Sains, dan HUmaniora, 9(8), 1479–1488. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v9i8.3412

Mauladhani, A. E., Safitri, I. A., Fakhira, A. A., Rohman, M. F., Mahardika, I. K., & Baktiarso, S. (2023). Profil Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 51–54. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.15

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Milanto, S., Suprapto, N., & Budiyanto, M. (2023). Effectiveness of Contextual Learning Using the Guided Inquiry Approach to Improve Students’ Scientific Literacy Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 444–448. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2785

Muhajir, S. N., Masara, A., & Ramdani, G. (2013). Literasi sains mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 24–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1259

Mukharomah, F., Wiyanto, W., & Darma Putra, N. M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa Sma Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.10391

Muliaman, A., Sakdiah, H., Ginting, F. W., Sabrin, N., & Zahara. (2022). Analisis Employability Skill Dan Literasi Sains Siswa Melalui Authentic Self-Assessment Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 24–32. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.34010

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Sains dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5, 153–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8874

Nurcahyo, D., & Dwijananti, P. (2023). Analisis Literasi Sains Siswa Sman 1 Kragan Pada Materi Radioaktivitas untuk Mengetahui Tingkat Berpikir Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 12(2), 69–74. https://journal.unnes.ac.id/sju/upej/article/view/72098

Nurhasanah, Jumadi, Herliandry, L. D., Zahra, M., & Suban, M. E. (2020). Perkembangan Penelitian Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Indonesia. Edusains, 12(1), 38–46. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14148

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework : Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving. OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en

Putra, A. K., & Rusilowati, A. (2021). Analisis Profil Literasi Sains Calon Guru Fisika pada Materi Optika Geometri. Unnes Physics Education Journal, 10(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/upej/article/view/46647/18811

Rahman, M. H., Latif, S., & Haerullah, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 218–230. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5494

Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta DIdik SMPN 1 Gresik. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 9(3), 363–369. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40178

Sabrina, F., Rachmadiarti, F., & Sunarti, T. (2021). Analysis of Scientific Literacy of Senior High School Students on Fluid Dynamics. Jurnal Penlitian Pendidikan Sains, 11(1), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p40-51

Sain, S. S., Rahman, M. H., & Achmad, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA Fisika Konsep Getaran Dan Gelombang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 52–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i2.5499

Sanjayanti, N. P. A. ., Sadia, i w, & Pujani, n m. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/549/341

Sartika, D., & Lutfin, N. A. (2024). Kemampuan Calon Guru Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.16683

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).

Wardi, Z. L., & Jauhariyah, M. N. R. (2023). Analisis Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMA pada Materi Inti Atom dan Radioaktivitas. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 74–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/53009

Wasis, T. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 417–427. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p417-427