Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Kalangan Anak Nelayan di Desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu

  • Aida Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Mahariah Mahariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan anak-anak nelayan di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, masih menghadapi berbagai tantangan. Kondisi sosial ekonomi yang kurang mendukung, minimnya akses terhadap pendidikan agama yang terstruktur, serta terbatasnya fasilitas pembelajaran menjadi beberapa faktor penghambat utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam  membaca Al-Qur’an di desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an dikalangan anak nelayan di  Dusun IV Desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu sangat rendah. Hal ini terlihat dari kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang masih rendah, siswa masih bingung membedakan huruf hijaiyah karena letak dan titik dalam bentuk yang sama, siswa juga sering tertukar antara huruf hijaiyah dan tertukar melafadzkan huruf hijaiyah. kemampuan makharijul huruf belum optimal,  hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan yang terjadi dalam pelafalan makharijul huruf. Kemahiran dalam membaca Al-Qur’an menggunakan tajwid juga sangat minim. Maka dari itu dapat dilihat bahwa masih banyak siswa belum memiliki pemahaman hukum tajwid dengan baik, seperti hukum tajwid ikhfa yang mendapat predikat kurang.

Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Anak Nelayan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-14
Bagaimana cara mengutip:
Syafitri, A., & Mahariah, M. (2024). Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak Nelayan di Desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 467-474. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1443
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Adl-Dlahhak, M. bin I. bin S. bin M. bin. (1998). Al Jami’ Al Kabir Sunan At-Tirmidzi.

Aini, R., & Mawadah, F. (2023). Pelatihan Makharijul Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pesantren Bustanul Mansuriyah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2774–7964.

Al-Utsaimin, M. bin shalih. (2016). Syarah Shahih Al-Bukhari.

Al-Utsaimin, S. M. bin shalih. (2016). Syarah Shahih Al-Bukhari.

Al Muiz, M. N., & Umatin, C. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 78–86. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.518

Asy Syaukani, I. (2013). Tafsir Fathul Qadir Tahqiq dan Takhrij.

Cahyanti, I. N., & Katoningsih, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1269–1278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3925

Della Indah Fitriani, & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227

Febriyanti, M., Hindun, H., & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36

Haidir, H., Mardianto, M., Azzah, S. I., Ramadhani, T. W., & Rahmadhani, R. A. (2023). Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 771–778. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4542

Hidayat, R., & Pd, S. I. (n.d.). Rahmat Hidayat, S.Pd.I.

Iskandar, A. M., K, S., Anriani, H. B., & Masdar, M. (2022). Penerapan Metode Iqra Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Journal of Training and Community Service Adpertisi, 3(1), 2–3.

Kemenag. (2019). Al Qur’an dan Terjemahan nya.

Khozin, N., & Muhammad, H. (2022). Metode Musyafahah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP-IT As-Salam Ambon. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 267–288. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.651

Mahfud Ali, A. G. S. (2022). peningkatan kemampuan membaca alquran dengan metode Iqro Di TPQ X Rengasdengklok Karawang.

Melka Situngkir, M., Gugule, H., & Hasrin, A. (2023). Pendidikan Anak dalam Keluarga Nelayan Tangkap di Desa Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa. Indonesian Journal of Social Sciene and Education, 3(1), 44–52.

Monalisa, Marsiah, Ajahari, & Muhammad Redha Anshari. (2022). Pendampingan dalam Belajar Al-Qur’an pada Anak-Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i1.1203

Muhammad, I. Bin, & At-Tirmidzi. (1998). Al Jami’ Al Kabir sunan At-Tirmidzi.

Munawaroh, A. (2024). Penerapan Hukum Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Pada Murid MDTA Nurul Huda Cibutun. 2, 35–40.

Nata, A. (2022). Fungsi-fungsi Al-Qur’an dalam pengembangan ilmu, kebudayaan dan peradaban. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 352. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7609

Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan Membaca Al-Quran dengan Tajwid. Serambi Tarbawi, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5072

Sayyid, Q. (2001). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an.

Sidik, P., & Setiawan, U. (2023). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Melalui Ilmu Tajwid Pada Anak Madrasah Diniyah Di Kampung Tegal Heas Desa Cihanjawar Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.472

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Zulkifli, A. mursal. (2020). metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.