Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar

  • Ridho Rahman Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat,  Indonesia
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berlandaskan pada observasi lapangan yang mengindikasi bahwa terlihat adanya permasalahan seperti hasil belajar yang menurun dan faktornya ialah kurang keterlibatan aktif di proses belajar, yang masih didominasi oleh pendekatan pembelajaran yang berfokus pada guru. Oleh karenaitu, tujuan pada penelitian ini ialah agar bisa menjelaskan peningkatan hasi belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dengan memakai model Kooperatif tipe Example Non Example di Kelas V SDN 11 Marunggi, Kota Pariaman. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (PTK) dengan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan berhbungan pada hasil pembelajaran yang diterapkan melalui model Kooperatif tipe Example Non Example. Metode pengumpulan data meliputi analisis obsevasi, tes, dan non-tes. Subjek penelitian terdiri dari gur kelas yang berperan sebagai pengamat, peneliti yang berperan sebagai praktisi, dan 21 siswa kelas V SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Hasil penelitian penggunaan  modul ajar di siklus I mencapai 85,42% (Baik), yang meningkat jadi 95,83% (Sangat Baik) di siklus II. pelaksanaan pembelajaran oleh guru di siklus I 83,33% (Baik) dan meningkat 95,83% (Sangat Baik) di siklus II. Pelaksanaan pembelajaran siswa di siklus I juga mencapai porsentase 83,33% (Baik), yang meningkat menjadi 95,83% (Sangat Baik) pada siklus II. hasil belajar siswa pada siklus I tercatat rata-rata 73,65% (Cukup), yang kemudian meningkat menjadi 83,92% (Baik) pada siklus II. Dengan itu, boleh disimpulkan bahwasanyasanya memakai model Kooperatif tipe Example NonExample efektif dalam peninkatan hasil belajar siswa di mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SDN 11 Marunggi, Kota Pariaman.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Kooperatif tipe Example Non Example

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-18
Bagaimana cara mengutip:
Rahman, R., & Reinita, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 113-119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1433
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 34 times
PDF downloaded: 17 times

Referensi

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Fatmawati. (2017). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Pada Tema Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di Kelas III SD Negeri 06 Pekan Selasa Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah UMSB, XI, 83–98. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1292/1131

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indrayani, P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., & Br, R. H. (2022). Penerapan dan Strategi Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Media Sains Indonesia

Lusia, A. dkk. (2022). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara. http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/55.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Novianti, Y. R. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIII-J Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 142–151.

Nurkhliza, , Nida, G, Purwati, E., Ferdian, A., & Wulandari, O. (2023). Analysis of Student Character Education in Citizenship Education (PKn) Learning at SDN Bumi Agung Lamandau (Vol. 18, Nomor 2). https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/5884

Pramesti, Pressilia Yusa, dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tentang Penghematan Energi di SDN I Banyuasin II. Educatif : Journal of Education Research 5(1), 21-28. https://pub.mykreatif.com/index.php/educa tif/article/view/141/126.42

Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman Atep, Purba, S., Purba, F. B., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata Janner, & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rumtutuly, F. (2024). Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Improving Learning Outcomes Of Elementary School Students Through Cooperative Learning. 5, 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/sora.5.1.35-42

Sa’dah, S. N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Cirebon. Syntax Transformastion, 1(1), 19–25.

Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Wirawan, F. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Bening Pustaka.