Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini berlandaskan pada observasi lapangan yang mengindikasi bahwa terlihat adanya permasalahan seperti hasil belajar yang menurun dan faktornya ialah kurang keterlibatan aktif di proses belajar, yang masih didominasi oleh pendekatan pembelajaran yang berfokus pada guru. Oleh karenaitu, tujuan pada penelitian ini ialah agar bisa menjelaskan peningkatan hasi belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dengan memakai model Kooperatif tipe Example Non Example di Kelas V SDN 11 Marunggi, Kota Pariaman. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (PTK) dengan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan berhbungan pada hasil pembelajaran yang diterapkan melalui model Kooperatif tipe Example Non Example. Metode pengumpulan data meliputi analisis obsevasi, tes, dan non-tes. Subjek penelitian terdiri dari gur kelas yang berperan sebagai pengamat, peneliti yang berperan sebagai praktisi, dan 21 siswa kelas V SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Hasil penelitian penggunaan modul ajar di siklus I mencapai 85,42% (Baik), yang meningkat jadi 95,83% (Sangat Baik) di siklus II. pelaksanaan pembelajaran oleh guru di siklus I 83,33% (Baik) dan meningkat 95,83% (Sangat Baik) di siklus II. Pelaksanaan pembelajaran siswa di siklus I juga mencapai porsentase 83,33% (Baik), yang meningkat menjadi 95,83% (Sangat Baik) pada siklus II. hasil belajar siswa pada siklus I tercatat rata-rata 73,65% (Cukup), yang kemudian meningkat menjadi 83,92% (Baik) pada siklus II. Dengan itu, boleh disimpulkan bahwasanyasanya memakai model Kooperatif tipe Example NonExample efektif dalam peninkatan hasil belajar siswa di mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SDN 11 Marunggi, Kota Pariaman.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Ridho Rahman, Reinita Reinita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

