Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Agama Islam Mata Pelajaran Fikih pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan

  • Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia
  • Sapri Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia

Abstrak

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media digital dalam pembelajaran agama, khususnya pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam mata pelajaran Fikih di MAN 3 Medan telah diterapkan secara efektif. Sekolah telah menyediakan fasilitas pendukung, seperti laboratorium komputer dan layanan internet yang memadai, yang sangat membantu siswa dan guru dalam mengakses dan memanfaatkan media digital untuk proses pembelajaran. Pemanfaatan media digital ini memungkinkan peningkatan interaksi dan keterlibatan siswa dalam memahami materi Fikih secara lebih mendalam. Selain itu, penggunaan media digital juga memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi secara lebih menarik dan interaktif. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar memperluas variabel dengan pendekatan yang lebih inovatif serta menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis digital di madrasah.

Kata Kunci: Ilmu Fikih, Kegiatan Belajar Mengajar, Media Digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Hasanah, N., & Sapri, S. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Agama Islam Mata Pelajaran Fikih pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 320-326. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1432
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 545 times
PDF downloaded: 359 times

Referensi

Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76-87.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-303).

Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 3 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Azhar, Arsyad (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Boiliu, F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 1(1), 25-38.

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Handayani, S. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 104-115.

Hanelahi, D., & Atmaja, K. (2020). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Distance Learning Di Homeschooling. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 112-129.

Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Tahta Media Grup.

Irawan, M. F., & Latifah, A. (2023). The Implementation of Kahoot! Application as a Hots-Based Evaluation Media for Elementary School Students. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 72-83.

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 2, pp. 90-94).

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552-560.

Mulasi, S., Rijal, S., Aiyub, A., Rahmati, R., & Kaharuddin, K. (2024). Internalisasi Konsep Burhani dalam Pembelajaran: Strategi peningkatan Nalar Kritis Siswa. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 6(1), 23-40.

Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27.

Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063-5075.

Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 87-99.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.

Sulianta, Feri (2020). Literasi Digital, Riset, Perkembangannya dan Perspektif Social Studies. Bandung: Feri Sulianta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Yuniastuti, S. H., Miftakhuddin, S. P., Khoiron, M., Fahkri, A., & Cetak, T. T. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial.