Pengembangan Pop-up Book Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

  • Aida Susilawati Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yaitu minimnya pemanfaatan media dalam pembelajaran, sehingga terkesan monoton yang memberikan dampak kurang baik pada aktivitas belajar, mengakibatkan hasil belajar peserta didik rata-rata belum maksimal karena pemahaman konsep terhadap materi masih rendah, sehingga dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengetahui desain media, mengetahui kelayakan media, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep kelas IV dengan menggunakan media dengan metode R&D dan 6 tahapan dalam model ASSURE. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kelayakan media dari ahli media memberikan nilai sebesar 94,6%, ahli materi 92%, dan ahli pembelajaran 81,3% sehingga menghasilkan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 89,3% termasuk kategori sangat layak. Uji coba media dalam kelompok kecil menghasilkan nilai sebesar 84,2% dan kelompok besar 84,3%. Media pop-up book digital memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran, terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dilihat rata-rata nilai pre-test dan berdasarkan uji N-Gain terdapat peningkatan sebesar 0,60 termasuk mengalami peningkatan kategori sedang.

Kata Kunci: Pop-up Book Digital, Pemahaman Konsep, Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Susilawati, A., Sujana, A., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Pop-up Book Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 158-164. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1426
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 36 times
PDF downloaded: 28 times

Referensi

Fajriah, A. A., Sadiah, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 51–58.

Khasanah, I. M., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SIAR (Siklus Air) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kela 5 SD Islam Syahidin Semarang. Wawasan Pendidikan, 3(2), 556–567.

Kristianingrum, W., & Radia, E. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Panca Indra (Popandra) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Panca Indra Kelas 1 Di SD Negeri 2 Selodoko. Jurnal Pendidikan, 11(2), 121–132.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.

Mardiana, T., Hartati, A. S., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1), 13–14.

Maulana. (2016). Statistika Dalam Penelitian (R. Irawati & Fauzan (eds.)). UPI Sumedang Press.

Meilindya, M., Hera, T., & Riyoko, E. (2022). Hubungan Kemandirian Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Kelas Iv Sd Negeri 35 Palembang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1605.

Nurzain, N. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book “KOMOBA” Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Karya Seni Kolase Motif Batik Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.

Rianto, C. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konsep, Prosedur dan Contoh Penerapan. Penerbit Nem.

Rizal, M., Butsiarah, B., & Pahany, M. A. (2021). Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Stmik Akba. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 36–43.

Sari, A. R. (2024). Pengembangan Video Animasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Tata Surya.

Setyawan, D. A., Devriany, A., Huda, N., Rahmadiliyani, N., & Patriyan, R. E. H. (2021). Buku Ajar Statistika. Penerbit Adab.

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections, 5(2), 26–36.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis (T. Fiktorius (ed.)). KLIK MEDIA.

Widiana, G. T., Wardani, I. K., & Nadiyya, I. F. Z. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidiyah Tanwirul Afkar Puri Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26–45.