Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Mengembangkan Budaya Sekolah

  • Miftahul Jannah Pendidikan Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Yuyu Yuhana Pendidikan Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Tatu Hilaiyah Pendidikan Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam membangun budaya sekolah. Budaya sekolah yang kurang efektif dalam pelaksanaannya dapat mengurangi kinerja sekolah dan meminimalisasi dari proses manajemen strategis sekolah, sehingga visi dan misi sekolah tidak bisa tercapai. Keberhasilan lembaga pendidikan ditentukan tidak hanya didukung oleh lengkapnya sarana dan prasarana, guru berkualitas maupun input siswa yang baik, tetapi budaya sekolah berperan terhadap peningkatan keefektifan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai leader dalam mengembangkan budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai leader dapat dilihat dari budaya yang diciptakan di SDN Ciwandan. SDN Ciwandan memiliki budaya diantaranya menyambut siswa baru dengan 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Salaman, Semangat), apel pagi, SEMUTLIS (Sepuluh Menit untuk Lingkungan Sehat), cinta Al-Qur'an, SABSIH (Sabtu Bersih), dan Ekstrakurikuler. Membangun budaya sekolah bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah, semua warga sekolah berperan penting dalam membangun budaya sekolah yang baik.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Leader, Budaya Sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Jannah, M., Yuhana, Y., & Hilaiyah, T. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Mengembangkan Budaya Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 209-217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1397
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 34 times
PDF downloaded: 31 times

Referensi

Abdul Hamid, F. S. (2023). Konsep & Teori Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Christifora, R & Suharsimi, A. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 3 (2), 175.

Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Studi Pada SMK Rumpun Pariwisata di Kota Tangerang. Jurnal MANDIRI Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, 246.

Dewi W.R. (2016). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Buana Pendidikan.61.

Eka W. dkk. (2020). Pengaruh Upah Kerja, Penghargaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru Ekonomi di SMA Negeri Sekota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (2) 365.

Furkan, Nuril. (2013) Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Hendarman. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hernita, R. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervsiis Pendidikan, 265.

Hidayat & Nia, M. (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Journal Of Education Management. 3 (1), 49.

Ilham, K. dkk. (2024). Evaluasi Kinerja Guru, Model dan Metode Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Education, 6 (2) 11350.

Khikmah Anjarrini, I. I. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Sebagai Unggulan Sekolah di MI Muhammadiyah 1 Jombang. MANAJIM Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 453-454.

Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Menderes Kovanci, Y. I. (2020). The Study Of Relationship Between Teachers Perception Of School Culture, Organizational Commitment and Their Resistence To Change. Journal Of Educational Theory and Practice Research, 297.

Muhammad Fajri, M. R. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Islami, Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1.

Nasib, T.L.G. & Paningkat, S. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5 (1), 71.

Nasrudin. (2023). Manajemen Perubahan sekolah. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Novi Zulfianti, C. Z. (2021). Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Visipena, 100.

Pujianto, dkk. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal Of Education Research. 1 (2), 107.

Rohanim, H. d. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosyad, M. I. (2023). Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah (Studi Kasus Di SDN Kalijudan 1 239 Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 379.

Sri, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 204.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sutaryanti, B. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Manajemen. Kalimantan Selatan: Ruang Karya Bersama.

Suwandayani, E. P. (2020). Manajemen Sekolah Dayyhyhhsar Unggul. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Tarno, D. d. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Umrati, H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahjosumidjo. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Warsilah, W. W. (2015). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Di UPT SD Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 98.

Wenny D.L. & S, Muhamad. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 9 (2), 314.

Wilson, S. dkk. (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Apel Pagi. Jurnal Pendidikan dan Humaniora, 3 (2), 831.

Yayu Sri Rahayuningsih, S. I. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Budaya Sekolah Yang Positif di Era Resolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 7851.